BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiContoh Berita Acara Serah Terima Kunci Rumah
0
0

Contoh Berita Acara Serah Terima Kunci Rumah

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 30, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
Contoh Berita Acara Serah Terima Kunci Rumahtop-right-banner

Dalam proses jual beli rumah, tentunya ada banyak surat dan dokumen penting yang harus disetujui kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. Salah satunya adalah contoh berita acara serah terima jual beli rumah. Dalam artikel ini menampilkan pengertian, fungsi dan contoh berita acara serah terima jual beli rumah.

Memahami contoh berita acara serah terima jual beli rumah akan memberikan jaminan keamanan tambahan bagi pembeli. Lewat aplikasi Pinhome, kamu bisa menggunakan Program KPR Bank untuk mewujudkan rumah impianmu dengan segera.

Tersedia berbagai informasi properti mulai rumah second di Kab Bekasi Selatan, rumah di Jagakarsa hingga hunian sekelas Britania Green Resort. Melalui Pinhome kamu akan dengan mudah menemukan hunian dekat sarana publik seperti Stasiun Kotabaru.

Apa Itu Berita Acara Serah Terima Kunci Rumah?

Contoh Berita Acara Serah Terima Kunci Rumah
Source : Shutterstock

Saat melakukan penjualan rumah kita perlu bukti tertulis bahwa telah melakukan penyerahan objek tanah dan bangunan beserta surat-surat kepemilikan yang kita jual. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan dikemudian hari.

Seperti halnya jika pembeli menuntut kita bahwa belum menyerahkan rumah yang belum kita jual, disatu sisi kita tidak punya bukti bahwa telah menyerahkan rumah tersebut. Kondisi ini tentu akan berbeda ceritanya jika kita mengarsipkan transaksi rumah.

Berita acara serah terima kunci rumah adalah pernyataan tentang hasil pekerjaan yang didokumentasikan dalam surat tertulis yang disetujui oleh kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. Surat ini umumnya disebut juga sebagai berita acara serah terima jual beli rumah.

Baca juga: 6 Contoh Surat Take Over Rumah yang Benar

Komponen dan Fungsi Acara Serah Terima Kunci Rumah

Source : Freepik

Di dalam surat ini terdapat beberapa komponen penting tentang spesifikasi rumah. Di antaranya yaitu kelengkapan pembangunan dan masa garansi setelah dilakukan penyerahan pada konsumen.

Dengan adanya surat ini, Pins bisa menuntut pihak penjual atau developer jika pembangunan rumah tidak sesuai dengan kesepakatan yang tertera di dalamnya. Pemeriksaan bisa dimulai dari kunci pintu, plafon, dinding, jendela, kamar mandi, dan lantai rumah.

Selain itu, pemeriksaan keran air, sistem kelistrikan, dapur, dan atap agar terhindar dari kebocoran saat dihuni. Jika sudah sesuai dengan kesepakatan maka berita acara serah terima kunci antara penjual dan pembeli bisa dilaksanakan.

Baca juga: Penting! Cek Hal Ini Sebelum Serah Terima Rumah, Yuk!

Contoh Berita Acara Serah Terima Kunci Rumah

Jika Pins bingung bagaimana cara membuat berita acara serah terima kunci rumah, berikut ini adalah contoh berita acara serah terima jual beli rumah yang bisa kamu ikuti:

BERITA ACARA SERAH TERIMA TANAH DAN BANGUNAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

  1. Nama : RumahBangun.com
    Alamat : Gang 1 No.99 Surga Firdaus
  2. Nama :
    Alamat :
    Bertindak untuk dan atas nama diri sendiri, untuk selanjutnya disebut pihak II
    Dengan ini saya pihak I menyerahkan sepenuhnya Tanah dan Bangunan Kepada pihak II dengan kesepakatan jual beli seharga Rp.150.000.000,- (Seratus lima puluh juta rupiah), Biaya Notaris dan pajak-pajak jual beli ditanggung pihak II, adapun wujudnya sebagai berikut:  

    a. Tanah,

    • Luas sebesar : 60 m2
    • Beralamat : Perumahan Darussalam Gang 1 No.99 Surga Firdaus

    b. Bangunan,

    • Bangunan yang berupa sebuah rumah,
    • Beralamat : Perumahan Darussalam Gang 1 No.99 Surga Firdaus

    c. Surat-surat atas tanah dan bangunan tersebut,

    • Sertifikat kepemilikan
    • Surat Izin mendirikan bangunan
    • Akta Jula Beli
    • Surat-surat arsip perjanjian jual beli antara Pihak I dengan Bank BTN serta PT.Jalan Surga

Dan untuk selanjutnya hak dan kepemilikan atas tanah dan bangunan tersebut beralih sepenuhnya dari pihak I kepada pihak II
Apabila dikemudian hari ada pihak-pihak lain yang mempermasalahkan tanah dan bangunan tersebut kami pihak I mohon agar yang berwajib tidak menanggapi.
Demikian surat berita acara ini kami buat dengan sesungguhnya dan kami masing masing pihak I dan pihak II dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan tidak ada tekanan dan atau paksaan dari pihak manapun
Setelah dibacakan dihadapan para pihak dan dimengerti isinya, maka sebagai bukti kebenaran pernyataan para pihak maka berita acara ini ditandatangani oleh pihak I, pihak II, dan saksi
Surga Firdaus, Juni 2055
PIHAK II

PIHAK I

SAKSI-SAKSI:

Source : Academia.edu

Surat di atas hanya sebagai contoh, kata-kata dan perletakanya bisa kita modifikasi menyesuaikan dengan kebutuhan. Perlu diingat, surat ini harus ditambahkan materai dan tanda tangan atau cap jempol agar sah secara hukum.

Sekian pembahasan tentang contoh berita acara serah terima jual beli rumah dan komponen-komponen yang harus ada di dalamnya. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:

Feature Image Source: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Green Bamboo Terrace dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download