BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia 3 Ukuran Tangga Putar Ideal dan Cara Menghitungnya
0
0

Ini Dia 3 Ukuran Tangga Putar Ideal dan Cara Menghitungnya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 10, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain tangga tak harus berbentuk L atau lurus namun bisa memakai model tangga putar. Ada banyak keunggulan dari model tangga ini diantaranya ukuran tangga putar yang minimalis mampu menghemat ruang dan daya tarik visualnya yang menarik.

Pins bisa merombak rumah bekas di Kec Bandung Kidul atau rumah dijual di Jagakarsa memakai model tangga ini agar lebih kekinian. Selain itu iklan jual rumah dengan memasang foto tangga ini pasti menarik pembeli. Dengan begitu hunianmu di Cimanggis Golf Estate dan lainnya bisa laku terjual.

Kelebihan dan Kekurangan Tangga Putar

Source : Pixabay

Sebelum mengetahui ukuran tangga putar yang ideal sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan terkait model tangga ini. Adapun keunggulan dari model tangga ini bisa disimak sebagai berikut:

1. Tahan Lama

Material yang digunakan untuk membuat tangga ini terbuat dari logam bukan kayu. Dari segi bobotnya lebih baik dan tahan lama bahkan bisa bertahan hingga seumur hidup. Berbeda dengan tangga tradisional yang biasanya rusak setelah satu dekade.

2. Akses Cahaya

Model tangga ini membuat cahaya bisa mengalir ke dalam ruangan. Aliran cahaya di sekitar rumah tidak akan terhalang. Tangga putar memungkinkan cahaya tersaring lewat besi tempa. Desain tangga rumah ini cocok untuk hunian dengan konsep terbuka serta mengesankan area kecil terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.

3. Tidak Terhempas Jatuh ke Dasar Tangga

Jika dikemudian hari Pins jatuh di tangga ini tidak akan tergelincir hingga ke dasar tangga. Lekukan pada tangganya mencegah seseorang terpeleset sampai ke dasarnya. Dengan begitu meminimalisir benturan lebih parah.

4. Visual Menarik

Tak bisa dipungkiri bahwa visual tangga putar sangat menarik. Bentuknya tidak monoton karena menyerupai kurva. Menurut penelitian yang dilakukan Psikolog Oshin Vartanian dari University of Toronto di Scarborough membuktikan bahwa responden selalu tertarik dengan bentuk linier dan melengkung begitu pula dalam komponen arsitektur.

Kekurangan dari model tangga ini adalah rawan tergelincir jika tidak hati-hati karena bentuk anak tangganya yang menyempit di bagian tinggi porosnya. Jika ingin memindahkan barang besar akan sulit karena ruang yang terbatas dan sedikit curam. Hal ini membuat jaminan keselamatannya berkurang khususnya bagi anak-anak.

Baca juga: 11 Ide Warna Cat Pagar Cerah yang Tidak Norak

Ukuran Tangga Putar Ideal

Source : Pxhere

Tangga sering dianalogikan sebagai cerminan status sosial dan kepercayaan. Dalam budaya China, Hong Sui maupun Feng Shui sering membicarakan perihal tangga secara detail. Ada beberapa ukuran tangga putar yang ideal diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tangga Putar Untuk Satu Orang

Untuk merancang tangga putar bukan perkara mudah karena perlu mengetahui tinggi trap. Bentuk anak tangganya jauh berbeda dengan tangga pada umumnya karena menyerupai bentuk kipas. Tangga putar untuk satu orang biasanya akan memiliki lebar anak tangga sekitar 750 mm saja. Hal ini karena penggunanya wajib antri saat naik atau turun tangga.

2. Sudut Anak Tangga

Sudutnya jauh berbeda dengan tangga berbentuk kotak atau persegi. Sebaiknya sudut anak tangga berada 18-22.5 derajat sehingga jumlah anak tangganya untuk sudut putar akan sempurna yakni 360 derajat. Jumlah anak tangga Fengshui atau umum akan berkisar 20 atau 16 buah. Selain itu posisi anak tangga pertama sebaiknya segaris dengan anak tangga terakhir.

3. Jumlah Anak Tangga Ideal

Setelah menentukan sudut dan posisi tangganya selanjutnya adalah tinggi tangga. Idealnya tinggi tangga akan berkisar 3.5-4.0 meter dengan 20 buah anak tangga. Batas ideal tinggi trap berada di kisaran 175-200 mm yang membuat anak tangga pertama akan segaris dengan anak tangga terakhir akan segaris.

Baca juga: 5 Tips Memasang Kuda-Kuda Baja Ringan dengan Benar

Cara Menghitung Tangga Putar

Source : Pxhere

Dalam membuat tangga putar tentu perhitungannya menjadi tumpuan utama agar tidak ambruk dan kuat menahan beban. Simak ulasan perhitungannya di bawah ini agar tangga putar ideal!

1. Tentukan Lokasi Tangga

Tentukan dulu dimana lokasi tangga akan dibuat. Biasanya tangga berada di area tengah terbuka atau sudut rumah yang tak terpakai.

2. Hitung Tonase Tangga Melingkar

Hitung tonase tangga melingkar yang ingin dibuat. Caranya mudah yakni hitung panjang atau luas materialnya kemudian kalikan berat satuan baja. Tetapkan ketinggian tangga kemudian hitung lebar yang cukup aman. Selain itu tidak lupa menghitung luas cat tangga dengan mempertimbangkan penampang bahan satu per satu.

3. Buat Pondasi dan Struktur

Selanjutnya gunakan beton atau material lain yang kuat sebagai dasar fondasi. Pastikan pondasi mampu menopang berat tangga sekaligus beban orang saat tangga tersebut digunakan. Struktur tangga bisa memakai baja lalu buat anak tangga kemudian dilanjutkan dengan model railing balkon atau sebagainya.

4. Pasang Baluster dan Pegangan Tangga

Jika anak tangga sudah terpasang sempurna ke struktur dengan baut atau kait lanjutkan memasang baluster serta pegangan tangan. Pegangan tangan diletakan antara anak tangga sesuai dengan desainnya.

Tangga putar mempunyai visual yang unik dan mampu menghemat ruang. Tanggalnya melingkar dengan sudut lengkung yang ikonik. Tangga ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Ide Desain Tangga Putar untuk Rumah

Bingung dengan desain tangga putar yang hendak dipasang di rumah kamu? coba cek dulu beberapa rekomendasi desain tangganya yang ada di bawah ini!

1. Tangga Putar dengan Railing Kaca

Source : Spiral UK

Keunikan dari tangga ini adalah bagian railing dibuat dengan bahan kaca agar terlihat lebih lapang. Sementara bagian anak tangganya dikombinasikan dengan bahan papan kayu sehingga kelihatan lebih cerah.

2. Tangga Putar Minimalis

Source : Loftcentre

Inspirasi desain tangga berikut ini khusus untuk hunian dengan lahan terbatas. Tangganya mungil sehingga bisa ditempatkan di tengah ruangan. Bagian anak tangga menggunakan kayu oak yang kuat dan dikombinasikan dengan warna putih untuk bagian railing.

3. Tangga Putar Tanpa Pilar

Source : idfdesign

Biasanya bagian tengah tangga terdapat pilar sebagai pondasi kekuatannya. Berbeda dengan tangga ini yang tetap kuat meskipun tanpa pilar. Hal ini membuat desain tangga nampak seperti melayang apalagi bagian railing memiliki bentuk unit yang menyerupai kawat.

4. Tangga Putar Mewah Modern

Source : Canva

Motif kayu sunset concord memang sangat manis dan elegan. Perpaduan warna putih dan kayu yang alami membuat desainnya tampak estetik dan cocok sekali untuk interior rumah mewah modern.

5. Tangga Putar Berdimensi

Source : aldworthjamesandbond

Visual tangga putar ini memang menarik karena seperti ilusi tumpukan papan kayu. Meskipun tidak memiliki pegangan namun mampu memaksimalkan ekstetika desainnya.

        Ukuran tangga putar harus dibuat ideal agar mampu menahan beban di atasnya. Ikuti tips di atas agar mudah untuk membuat tangga putar yang Pins impikan. Rekrut tukang yang ahli di bidangnya untuk membuat tangga putar ini.

        Baca juga: 12 Inspirasi Desain Kongliong Modern untuk Rumahmu

        Feature Image Source: Pxhere


        Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

        Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

        Copied to clipboard
        bottom-sidebar-banner
        left footer bannerright footer banner
        left footer bannerright footer banner

        Properti Rekomendasi

          Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
            Rp 181 Juta
            Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
              Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
              Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

              Properti Eksklusif: Green Paradise City

              Parung Panjang, Kab. Bogor
                Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
                Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

                Properti Eksklusif: The Agathis

                Pancoran Mas, Kota Depok
                sticky banner
                sticky banner

                © www.pinhome.id

                Pinhome App

                Coba Aplikasi Pinhome

                Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
                Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

                iOS PCA DownloadAndroid PCA Download