Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 12 Cara Menghias Kelas dengan Kreatif dan Tentunya Menarik

12 Cara Menghias Kelas dengan Kreatif dan Tentunya Menarik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Pandemi yang menuntut kita semua berada di rumah, membuat anak sekolah, terbatas ruang geraknya. Namun, kini pertemuan tatap muka (PTM) sudah mulai dijalani oleh beberapa sekolah sebagai upaya membuat keadaan lebih baik. Inilah mengapa peran guru dan lembaga dalam menciptakan suasana kelas baru yang menyenangkan menjadi penting. Hal tersebut karena para murid sesungguhnya sudah sangat merindukan berada di dalam kelas bersama teman-teman. Nah, ide cara menghias kelas di bawah ini bisa menjadi salah satu kegiatan menarik!

Pinhome – Ruang kelas yang kaku dan membosankan menghilangkan kreativitas di dalamnya. Dikutip dalam buku yang berjudul ‘Strategi Belajar Mengajar’ ditulis oleh Djamarah (2006), tata ruang kelas merupakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Hal tersebut melalui kegiatan pengaturan siswa, barang maupun fasilitas pembelajaran. Inilah mengapa pentingnya mengetahui cara menghias kelas dengan kreatif. Langsung saja yuk simak 12 idenya dalam artikel terlampir!

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Classroom untuk Pemula

Menempelkan Poster Kata-Kata Positif

cara menghias kelas
(Ubuy)

Cara menghias kelas dengan mudah adalah dengan menempelkan poster kata-kata positif pada dinding ruang kelas. Selain menambah motivasi tersendiri, murid pun akan selalu teringat pesan yang memang ingin disampaikan oleh para guru. Selain poster kata-kata positif, kamu bisa menggunakan bahan pelajaran dengan visual yang menarik agar murid dapat cepat mengerti. Salah satunya seperti poster peta dunia, bacaan surat-surat dan masih banyak lagi.

Cara Menghias Kelas dengan Mudah Menggunakan Karya Siswa

cara menghias kelas
(Oscarplace Furniture Ideas)

Karya siswa yang ditempel di dinding menjadi cara menghias kelas dengan mudah yang biasanya digunakan oleh para guru. Dengan begitu, murid pun akan senang melihat hasil karyanya dipajang dalam kelas. Tidak perlu memilih mana yang terbaik, usahakan semua karya murid dalam kelas dapat terpajang. Dinding kelas akan terlihat ramai dan orang tua pun dengan mudah dapat melihat karya menarik dari buah hatinya.

Penggunaan Dinding Mural

cara menghias kelas
(Beaumont Enterprise)

Cara menghias kelas yang bagus untuk jenjang yang lebih tinggi bisa menggunakan ide dinding mural. Dinding bisa dibuat semenarik mungkin dengan warna-warna yang ceria. Bila ingin membuat kegiatan yang menyenangkan. Murid dan guru bisa sama-sama menghias dinding dan mewarnainya. Selain belajar tolong menolong, kegiatan ini juga dapat mempererat tali persaudaraan.

Baca Juga: Lukisan Mural Dinding Penuh Makna Untuk Cafe Dan Kamar Pribadi

Cara Menghias Kelas yang Bagus dengan Menggunakan Hiasan Gantung

cara menghias kelas
(Teknopedia)

Hiasan gantung menjadi salah satu dekorasi termudah yang sering berada dalam sebuah kelas. Materialnya mudah ditemukan dan dapat membuat pemandangan kelas berbeda dalam seketika. Cara menghias kelas yang bagus dengan dekorasi gantung, bisa menggunakan kertas warna, karton, manik-manik hingga hasil karya kelas. Caranya dengan menggunakan tali sebagai pengait yang disambungkan pada kertas. Jika khawatir tembok atau plafon membekas, Pins bisa menggunakan selotip khusus.

Penggunaan Perabot yang Menarik

cara menghias kelas
(Westfield)

Penggunaan furnitur unik dalam kelas ternyata dapat membuat suasana kian ceria. Murid akan lebih semangat datang ke kelas. Seperti penggunaan material kursi dari jenis bean bag maupun gym ball atau papan tulis dengan material kaca tembus pandang. Perabot menarik yang berada pada ruang kelas tentu akan membuat penasaran pula para murid untuk mencobanya. Hal terpenting adalah selalu utamakan kenyamanan dan keselamatan ya!

Dekorasi Sederhana Pada Pintu Masuk Kelas

cara menghias kelas
(Bored Teachers)

Sebagian besar dari Pins mungkin berpikir bahwa dekorasi hanya terletak di dalam ruang kelas. Namun, ternyata menghias pintu kelas juga menjadi salah satu cara menarik untuk membuat murid ingin masuk ke dalam. Murid yang terkadang masih takut atau enggan untuk bergabung bersama teman-temannya, bisa tertarik dengan dekorasi pintu kelas yang tidak biasa. Contohnya seperti tema hewan, kartun maupun abstrak.

Hiasan Lampion dan Rantai yang Kreatif

(Hike n Dip)

Bila Pins melihat karya di atas, pasti Pins tahu bahwa dahulu sering membuatnya dalam hiasan kelas. Model rantai gantung dengan lampion memang menjadi cara terbaik dan mudah dalam membuat kelas menawan. Pertama potong kertas membentuk persegi panjang, bentuklah bulat, dan satukan dengan lainnya agar menyerupai rantai. Untuk lampion caranya beraneka ragam, namun yang termudah adalah dengan menggunakan kertas origami membentuk bulat hingga 8 buah, dan disatukan membentuk sebuah gumpalan. Selamat mencoba!

Cara Menghias Kelas dengan Jadwal Kelas Kreatif

(Brainly)

Jadwal kelas memang sangat penting berada dalam kelas. Dengan begitu para murid dapat melihat apa saja yang harus dipelajari setiap minggunya dan membantu mereka mengingat bila ada hal yang terlupakan. Jadwal kelas bisa dihias menarik berwarna-warni agar murid semakin semangat menanti hari demi hari. Tambahkan beberapa manik-manik cantik ataupun pita rumbai agar jadwal selalu menarik perhatian.

Tema Ruang Ramah 

(Creative Teaching)

Mengadaptasi satu tema ruang kelas ternyata juga bisa membut kelas yang sepi menjadi ramai. Inilah mengapa beberapa sekolah telah menentukannya dari awal tahun agar setiap tahun tema berganti dan membuat ruang kelas tidak membosankan. Tema ruang ramah lingkungan salah satunya. Tema satu ini bisa Pins pakai dalam kondisi apapun dan memiliki makna tersembunyi yang baik pula. Murid akan diajarkan untuk selalu menyayangi lingkungan dengan dekorasi kelas sebagai penguat tujuan. Tempat sampah yang sudah diberi label untuk disortir, gambar tumbuh-tumbuhan hingga warna serba hijau pada detail yang membuat nyaman.

Cara Menghias Kelas dengan Mudah Menggunakan Kertas Lipat

(We Are Teachers)

Cara menghias kelas yang bagus ternyata tidak perlu biaya yang besar. Pins bisa menggunakan ide menarik dengan teknik kertas lipat seperti di atas. Kertas lipat burung bisa dibuat bersama dalam kelas dan digantung pada bagian plafon kelas. Kamu akan ditemani burung-burung menari saat pelajaran yang berada di atas kepalamu. Dijamin suasana kelas kian ramai dan menyenangkan.

Hiasan Pada Jendela Penambah Semangat

(K4 Craft)

Cara menghias kelas dengan kreatif memang tidak ada habisnya, khusunya bagi kalian yang terlahir memiliki jiwa kreativitas yang tinggi. Menghias jendela kelas salah satunya, hal ini bisa menjadi ide yang menarik. Jendela kelas yang biasanya terlihat kosong bisa Pins tambahkan stiker kaca maupun karya hiasan gantung menarik dari kertas warna-warni. Jendela yang semula kosong kini akan terlihat cantik dan sedap dipandang.

Membuat Kelas Menarik dengan Hiasan Pom Pom

(Medium)

Terakhir adalah membuat dekorasi menarik dengan bentuk pom pom yang menggemaskan. Bentuknya yang menarik membuat dekorasi satu ini sering berada pada ruang kelas. Cara membuatnya pun terbilang mudah dan pastinya disukai oleh anak-anak. Pins bisa menaruhnya sebagai hiasan gantung maupun sebagai penghias papan white board.

Itulah beberapa ide menarik cara menghias kelas dengan kreatif dan tentunya mudah. Semoga dapat menambah keceriaan dalam ruang kelasmu dan membuat Pins semangat dalam menjalani rangkaian pelajaran. Jangan lupa untuk merekomendasikan artikel ini ke gurumu juga ya!

Baca Juga: Membuat Ruang Kreasi Khusus Bagi Anak


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel