BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Dekorasi Hiasan Dinding Kelas yang Inspiratif
0
0

15 Dekorasi Hiasan Dinding Kelas yang Inspiratif

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 9, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghias kelastop-right-banner

Ruang kelas yang kaku dan membosankan menghilangkan kreativitas di dalamnya. Dikutip dalam buku yang berjudul ‘Strategi Belajar Mengajar’ ditulis oleh Djamarah (2006), cara menghias kelas merupakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

Sama halnya dengan aplikasi Pinhome yang membantumu menemukan Rumah Ekslusif. Kamu bisa mendapatkan informasi terkini seputar rumah di sekitar RS Salak, rumah di Cinere hingga perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Melalui kegiatan dekorasi hiasan dinding kelas ini juga membantu mengatur barang maupun fasilitas pembelajaran. Inilah mengapa pentingnya mengetahui cara menghias kelas dengan kreatif. Langsung saja yuk simak 15 idenya dalam artikel terlampir!

Dekorasi Hiasan Dinding Kelas

Nah, ide cara menghias kelas di bawah ini bisa menjadi salah satu kegiatan menarik bagi para murid. Selain memperindah ruangan juga meningkatkan kreativitas para murid.

1. Menempelkan Poster Kata-Kata Positif

cara menghias kelas
Source : Ubuy

Cara menghias kelas dengan mudah adalah dengan menempelkan poster kata-kata positif pada dinding ruang kelas. Selain menambah motivasi tersendiri, murid pun akan selalu teringat pesan yang memang ingin disampaikan oleh para guru.

Selain poster kata-kata positif, kamu bisa menggunakan bahan pelajaran dengan visual yang menarik agar murid dapat cepat mengerti. Salah satunya seperti poster peta dunia, bacaan surat-surat dan masih banyak lagi.

2. Menempel Karya Siswa

cara menghias kelas
Source : Oscarplace Furniture Ideas

Karya siswa yang ditempel di dinding menjadi cara menghias kelas dengan mudah yang biasanya digunakan oleh para guru. Dengan begitu, murid pun akan senang melihat hasil karyanya dipajang dalam kelas.

Tidak perlu memilih mana yang terbaik, usahakan semua karya murid dalam kelas dapat terpajang. Dinding kelas akan terlihat ramai dan orang tua pun dengan mudah dapat melihat karya menarik dari buah hatinya.

Baca juga: 7 Keuntungan Punya Rumah Dekat Sekolah

3. Penggunaan Dinding Mural

cara menghias kelas
Source : Beaumont Enterprise

Cara menghias kelas yang bagus untuk jenjang yang lebih tinggi bisa menggunakan ide mural dinding simple. Dinding bisa dibuat semenarik mungkin dengan warna-warna yang ceria. Bila ingin membuat kegiatan yang menyenangkan.

Murid dan guru bisa sama-sama menghias dinding dan mewarnainya. Selain belajar tolong menolong, kegiatan ini juga dapat mempererat tali persaudaraan.

Baca juga: Lukisan Mural Dinding Penuh Makna Untuk Cafe Dan Kamar Pribadi

4. Hiasan Gantung

cara menghias kelas
Source : Teknopedia

Hiasan gantung menjadi salah satu dekorasi termudah yang sering berada dalam sebuah kelas. Materialnya mudah ditemukan dan dapat membuat pemandangan kelas berbeda dalam seketika.

Cara menghias kelas yang bagus dengan dekorasi gantung, bisa menggunakan kertas warna, karton, manik-manik hingga hasil karya kelas. Caranya dengan menggunakan tali sebagai pengait yang disambungkan pada kertas. Jika khawatir tembok atau plafon membekas, Pins bisa menggunakan selotip khusus.

5. Penggunaan Perabot yang Menarik

cara menghias kelas
Source : Westfield

Penggunaan furnitur unik dalam kelas ternyata dapat membuat suasana kian ceria. Murid akan lebih semangat datang ke kelas.

Seperti penggunaan material kursi dari jenis bean bag maupun gym ball atau papan tulis dengan material kaca tembus pandang. Perabot menarik yang berada pada ruang kelas tentu akan membuat penasaran pula para murid untuk mencobanya. Hal terpenting adalah selalu utamakan kenyamanan dan keselamatan ya!

6. Dekorasi Sederhana Pada Pintu Masuk Kelas

cara menghias kelas
Source : Bored Teachers

Sebagian besar dari Pins mungkin berpikir bahwa dekorasi hanya terletak di dalam ruang kelas. Namun, ternyata menghias pintu kelas juga menjadi salah satu cara menarik untuk membuat murid ingin masuk ke dalam.

Murid yang terkadang masih takut atau enggan untuk bergabung bersama teman-temannya, bisa tertarik dengan dekorasi pintu kelas yang tidak biasa. Contohnya seperti tema hewan, kartun maupun abstrak.

7. Hiasan Lampion dan Rantai yang Kreatif

Source : Hike n Dip

Bila Pins melihat karya di atas, pasti Pins tahu bahwa dahulu sering membuatnya dalam hiasan kelas. Model rantai gantung dengan lampion memang menjadi cara terbaik dan mudah dalam membuat kelas menawan.

Pertama potong kertas membentuk persegi panjang, bentuklah bulat, dan satukan dengan lainnya agar menyerupai rantai. Untuk lampion caranya beraneka ragam, namun yang termudah adalah dengan menggunakan kertas origami membentuk bulat hingga 8 buah, dan disatukan membentuk sebuah gumpalan. Selamat mencoba!

8. Isi Dengan Jadwal Kelas Kreatif

Source : Brainly

Jadwal kelas memang sangat penting berada dalam kelas. Dengan begitu para murid dapat melihat apa saja yang harus dipelajari setiap minggunya dan membantu mereka mengingat bila ada hal yang terlupakan.

Jadwal kelas bisa dihias menarik berwarna-warni agar murid semakin semangat menanti hari demi hari. Tambahkan beberapa manik-manik cantik ataupun pita rumbai agar jadwal selalu menarik perhatian.

Baca juga: 6 Referensi Desain Sekolah Ramah Lingkungan yang Bisa Ditiru

9. Tema Ruang Ramah 

Source : Creative Teaching

Mengadaptasi satu tema ruang kelas ternyata juga bisa membut kelas yang sepi menjadi ramai. Inilah mengapa beberapa sekolah telah menentukannya dari awal tahun agar setiap tahun tema berganti dan membuat ruang kelas tidak membosankan. Tema ruang ramah lingkungan salah satunya.

Tema satu ini bisa Pins pakai dalam kondisi apapun dan memiliki makna tersembunyi yang baik pula. Murid akan diajarkan untuk selalu menyayangi lingkungan dengan dekorasi kelas sebagai penguat tujuan. Tempat sampah yang sudah diberi label untuk disortir, gambar tumbuh-tumbuhan hingga warna serba hijau pada detail yang membuat nyaman.

10. Menggunakan Kertas Lipat

Source : We Are Teachers

Cara menghias kelas yang bagus ternyata tidak perlu biaya yang besar. Pins bisa menggunakan ide menarik dengan teknik kertas lipat seperti di atas. Kertas lipat burung bisa dibuat bersama dalam kelas dan digantung pada bagian plafon kelas.

Kamu akan ditemani burung-burung menari saat pelajaran yang berada di atas kepalamu. Dijamin suasana kelas kian ramai dan menyenangkan.

11. Hiasan Pada Jendela Penambah Semangat

Source : K4 Craft

Cara menghias kelas dengan kreatif memang tidak ada habisnya, khusunya bagi kalian yang terlahir memiliki jiwa kreativitas yang tinggi. Menghias jendela kelas salah satunya, hal ini bisa menjadi ide yang menarik.

Jendela kelas yang biasanya terlihat kosong bisa Pins tambahkan stiker kaca maupun karya hiasan gantung menarik dari kertas warna-warni. Jendela yang semula kosong kini akan terlihat cantik dan sedap dipandang.

12. Hiasan Pom Pom

Source : Medium

Terakhir adalah membuat dekorasi menarik dengan bentuk pom pom yang menggemaskan. Bentuknya yang menarik membuat dekorasi satu ini sering berada pada ruang kelas.

Cara membuatnya pun terbilang mudah dan pastinya disukai oleh anak-anak. Pins bisa menaruhnya sebagai hiasan gantung maupun sebagai penghias papan white board.

13. Dekorasi Bahan Felt

Source : Etsy

Bagian pintu kelas dapat dihiasi dengan bahan felt yang ringan dan mudah bergerak. Bentuk felt dapat berupa bunga, burung maupun ornamen lainnya.

14. Hiasan Pita Bermotif

Source : Pinterest

Gorden jendela dengan pita bermotif menambah semarak dan keceriaan dalam kelas. Kamu bisa menggunakan beberapa warna atau satu warna saja.

15. Bingkai Foto Siswa

Source : Pinterest

Ruang kelas semakin istimewa dengan foto siswa yang ditempelken di dinding. Dalam foto juga bisa ditambahkan cita-cita mereka ketika dewasa.

Itulah beberapa ide menarik cara menghias kelas dengan kreatif dan tentunya mudah. Semoga dapat menambah keceriaan dalam ruang kelasmu dan membuat Pins semangat dalam menjalani rangkaian pelajaran. Jangan lupa untuk merekomendasikan artikel ini ke gurumu juga ya!

Baca juga: Membuat Ruang Kreasi Khusus Bagi Anak


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download