Pinhome

Uncategorized

Cara mengatur letak ruangan pada denah rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kebutuhan ruangan banyak tapi ukuran tanah yang tersedia terbatas, ini bisa membuat bingung dalam mengatur perletakan ruangan pada denah rumah.. namun hal itu bukankanlah suatu masalah yang tidak ada jalan keluarnya, perlu pengaturan khusus agar setiap ruangan bisa berada pada posisi yang pas. disini kita akan membahas tentang cara mengatur letak ruangan pada denah rumah sehingga diharapkan bisa mendapatkan bentuk rumah yang paling nyaman untuk dihuni keluarga, o.k langsung saja kita mulai.

Mengatur letak ruangan pada denah rumah

  1. Yang pertama kita lakukan adalah membuat daftar ruangan yang dibutuhkan, kita tulis saja dulu semua yang terpikir lalu dipilah-pilah lagi mana yang harus ada dan mana yang tidak begitu penting keberadaanya.
  2. Selanjutnya kita ukur tanah yang akan dibangun rumah, ukuran tanah tersebut kemudian dituangkan kedalam bentuk gambar sketsa yang akan kita gunakan untuk corat-coret dan coba-coba otak-atik letak ruangan.
  3. Memikirkan berapa anggaran yang disediakan untuk membangun rumah, dari situ dapat kita tentukan apakah hendak membangun rumah bertingkat atau cukup satu lantai saja, kita juga dapat memperkirakan seberapa luas bangunan yang dapat dibangun dengan budget tersebut.
  4. Setelah itu kita lanjutkan ke tahap perencanaan, yaitu membuat gambar denah rumah. disini kita bisa mencoba-coba perletakan ruangan sambil membayangkan kira-kira nyaman tidak apabalia dibuat seperti ini, dan apakah masih bisa dimaksimalkan lagi letak dan ukuran ruanganya?
  5. Ada beberapa pedoman yang bisa digunakan dalam membuat desain denah rumah agar bisa menghasilkan yang terbaik.

Pedoman dalam membuat denah rumah diantaranya yaitu

  1. Ada area ruang publik, ada area ruang privat, dan ada area ruang keluarga yang perlu ditata dengan baik.
  2. Posisi pintu ruang tidur tidak langsung menghadap ruang tamu.
  3. Ruang keluarga berdekatan dengan ruang makan dan ruang dapur.
  4. Semua ruangan terdapat jendela untuk sirkulasi udara bersih.

Jadi selamat berkreatifitas dalam menuangkan daya imajinasi sehingga bisa dihasilkan denah rumah terbaik, silahkan melihat-lihat gambar denah rumah tinggal yang banyak tersebar di internet untuk memudahkan proses berpikir, dan selamat berjuang untuk memberikan desain rumah yang terbaik untuk keluarga 🙂

Tags :

Bagikan Artikel