BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor
0
0

8 Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor

Dipublikasikan oleh Abdurrahman Marangga dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocortop-right-banner

Keramik kamar mandi yang bocor memang sangat merugikan. Apalagi jika keramik bocor tersebut berada di lantai atas, ini akan membuat air kamar mandi merembes ke bawah. Sehingga berpotensi merusak bangunan dan instalasi listrik yang ada. Jika kamu mengalami hal ini, jangan khawatir! Ada 8 cara mengatasi keramik kamar mandi bocor yang bisa kamu lakukan.

Kebocoran keramik kamar mandi umumnya bisa disebabkan karena faktor kesalahan saat membuat kamar mandi atas, salahnya yaitu tidak melapisi keramik dengan waterprofing atau anti bocor terlebih dahulu. Selain itu, keramik kamar mandi bocor juga bisa disebabkan oleh kerusakan waterproofing atau anti bocor seiring berjalannya waktu. Lalu, bagaimana cara mengatasi keramik kamar mandi bocor?

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Kamar Mandi

8 Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor

Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor
Source : Unsplash

Berikut ini adalah 8 cara mengatasi keramik kamar mandi bocor yang bisa kamu ikuti di rumah:

Bongkar Keramik Lantai Atas

Seperti yang sudah kami bahas di atas, umumnya penyebab kamar mandi bocor disebabkan karena kesalahan pada saat pemasangan keramik kamar mandi. Karenanya, kamu perlu membongkar ulang keramik kamar mandi yang bocor tersebut.

Bongkar keramik lantai di kamar mandi atas, apapun jenis keramiknya, apakah itu murah atau mahal, bongkar saja. Jika ada rencana untuk memasangnya kembali maka pembongkaran perlu dilakukan dengan hati-hati.

Bongkar Keramik Lantai Bawah

Setelah membongkar keramik lantai atas, kamu juga perlu membongkar keramik lantai bawah. Bongkar keramik dinding paling bawah, hanya satu lapis keramik saja dari bawah yang dibongkar. Nantinya, ini akan dipasangkan lapisan anti bocor untuk mencegah terjadinya kebocoran keramik.

Baca juga: 8 Motif Lis Keramik Dinding Kamar Mandi

Bersihkan Lantai

Bersihkan lantai dan beton hingga keduanya dalam kondisi yang benar-benar bersih. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa permukaan beton benar-benar bersih sehingga nantinya lapisan anti bocor bisa merekat dengan sempurna.

Ciping dan Suntik

Jika kebocoran keramik disertai beton retak, kamu perlu menambahkan ciping dan suntik dengan grouting. Ini dimaksudkan untuk memperbaiki struktur beton yang retak, jika tidak terjadi keretakan maka bisa dilanjut ke langkah selanjutnya, yaitu memasang lapisan waterproofing.

Pasang Lapisan Waterprofing

Source : Shutterstock

Selanjutnya, kamu bisa memasang lapisan waterprofing. Di sini kamu bisa menggunakan waterproofing berbentuk cair atau membrane, ini berfungsi sebagai pelapis anti bocor agar air tidak merembes kebawah. Pemasangan pada lantai dan 20cm pada dinding bagian bawah.

Baca juga: Cara Mengatasi Dinding Rembes Air Saat Musim Hujan

Screed Lantai

Source : Shutterstock

Cara mengatasi keramik kamar mandi bocor selanjutnya adalah dengan memasang screed lantai. Screed lantai, ini berfungsi untuk melindungi lapisan waterprofing agar tidak rusak, screed juga berfungsi untuk meratakan lantai sebagai tempat dudukan keramik.

Pasang Keramik Lantai

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya kamu bisa mulai memasang keramik lantai dan dinding kembali. Di sini kamu bisa menggunakan keramik lama jika masih bagus, atau menggantinya dengan keramik baru dengan suasana baru.

Perbaikan Instalasi Listrik

Source : Shutterstock

Perbaikan instalasi listrik, dalam contoh kasus di atas kebocoran seringkali menyebabkan kerusakan pada instalasi listrik. Oleh karenanya, perlu dilakukan perbaikan agar tidak terjadi konsleting.

Nah itu dia, cara mengatasi keramik kamar mandi bocor yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat ya Pins!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download