Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Diperbarui oleh Yurinda Dini ∙ January 5, 2023 ∙ 5 menit membaca

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bisa mencapai tujuan yang telah kamu buat sebelumnya. Termasuk pula dengan jual beli saham. Inilah mengapa, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membuat trading plan saham. 

Trading plan saham akan menjadi pedoman dan acuan untuk kamu lebih mudah dalam menentukan langkah, strategi, dan tindakan jual beli saham pada masa depan. Dengan demikian, kamu bisa menentukan keputusan yang sesuai dengan rencana dalam mencapai tujuan. 

Baca juga: Anda ingin investasi Saham? Simak kelebihan dan kekurangannya

Pengertian Trading Plan Saham

(Freepik)

Trading plan dalam saham atau trading plan forex merupakan aktivitas membuat rencana sebelum melakukan jual beli atau trading saham. Saat membuat trading plan saham, kamu bisa menentukan daftar aspek yang penting sebagai arah dalam transaksi saham nantinya. 

Meski sangat penting, sayangnya tidak sedikit investor yang tidak punya rencana trading, bahkan tidak tahu bagaimana cara membuat trading plan saham. Alhasil, jual beli saham terjadi karena ikut-ikutan semata. Mungkin, kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Fear of Missing Out atau FOMO.

Istilah ini sangat populer, tak terkecuali dalam hal trading atau investasi saham. Rasa takut akan ketinggalan membuat banyak generasi muda sekarang masuk dalam lingkaran ikut-ikutan supaya terbilang keren dan mengikuti perkembangan. Padahal, sebenarnya tidak begitu juga, Pins. 

Sebenarnya, rasa bingung dan tidak tahu harus melakukan apa dalam jual beli atau investasi saham inilah yang sebaiknya kamu hindari. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan belajar dasar ilmu investasi lebih banyak lagi, dan membuat rencana saham atau trading plan. 

Kamu perlu tahu bahwa mengikuti arus saat melakukan trading atau jual beli saham hanya akan membuat kamu mengalami kerugian. Bahkan, nilainya juga tidak kecil, Pins. Inilah yang terjadi ketika seorang investor tidak memiliki rencana trading dalam berinvestasi.

Cara Membuat Trading Plan Saham untuk Pemula

Beberapa investor beranggapan bahwa membuat trading plan saham itu sangat sulit, rumit, dan menghabiskan banyak waktu. Padahal, nyatanya tidak demikian. Ingin tahu bagaimana cara membuat trading plan saham yang mudah dan pastinya tidak ribet? Kamu bisa memasukkan beberapa hal penting berikut ini. 

Tentukan saham yang ingin kamu beli

(Freepik)

Contoh trading plan yang baik adalah memutuskan jenis saham yang ingin kamu beli lebih dulu. Lakukan pemantauan harga saham secara berkala, bacalah dengan cermat laporan finansial yang ada, dan pastikan kamu melakukan analisis. Kalau ingin aman, kamu bisa memilih saham lapis tunggal, blue chip, atau saham populer dalam indeks LQ45 yang memiliki performa terbaik dan fundamental yang kuat. 

Baca juga: Pilih Saham atau Obligasi, mana yang menguntungkan?

Tentukan harga beli saham

(Freepik)

Langkah berikutnya adalah menentukan harga beli sahamnya, alias berapa harga yang kamu patok untuk membeli saham yang sudah kamu pilih sebelumnya. Jadi, kamu tidak asal beli saham dengan perasaan, kamu punya rencana yang jelas dan matang saat membeli saham pilihan. 

Artinya, apabila harga saham tidak sesuai dengan rencana atau skenario yang sudah kamu buat sebelumnya, maka kamu tidak akan melakukan pembelian saham tersebut. Misalnya, saham A saat ini memiliki harga sebesar Rp5 ribu untuk setiap lembar. Namun, kamu sudah melakukan analisis serta mengamati grafik dan melihat potensi penurunan harga hingga ke Rp3 ribu.

Jadi, kamu menentukan harga beli sebesar Rp3 ribu. Apabila ternyata saham mengalami penurunan harga pada Rp4 ribu, kamu bisa menahan untuk tidak membelinya lebih dulu. Hal ini juga berlaku pada bentuk saham lainnya, sehingga kamu tidak terburu-buru dan sering melakukan trading. 

Tentukan harga jualnya

(Freepik)

Cara membuat trading plan saham selanjutnya, menentukan berapa harga jual saham. Sekali lagi, aspek ini tidak boleh kamu lakukan secara asal. Kamu harus punya target harga supaya bisa mendapat untung dan terhindar dari rugi. Coba simak contoh mudahnya berikut ini. 

Kamu membeli saham A dengan harga yang sesuai rencana, yaitu Rp3 ribu untuk setiap lembarnya. Lalu, kamu memasang harga jual pada harga Rp6 ribu karena melihat adanya potensi kenaikan harga setelah penurunan berdasarkan hasil analisis. 

Namun, pada waktu yang sama dengan pembelian yang kamu lakukan, saham A mengalami penguatan harga ke Rp5 ribu. Sebenarnya, kalau kamu menjual saham ini, kamu sudah bisa mendapat untung atau capital gain. Meski begitu, karena kamu sudah memiliki rencana untuk menjual saham pada kisaran harga Rp6 ribu, kamu tidak akan buru-buru melepasnya.

Baca juga: Apa Saja yang Termasuk Saham Layak Investasi Jangka Panjang?

Menghitung risiko dan profit

(Freepik)

Setelah menentukan harga pembelian dan penjualan saham, langkah berikutnya adalah menghitung berapa potensi profit yang kamu dapatkan. Contohnya, kamu memiliki target harga beli sebesar Rp3 ribu dan menjualnya pada angka Rp6 ribu. Artinya, kamu memiliki potensi untung sebanyak 200%

Tak hanya itu, strategi ini juga bisa membantu mengetahui potensi kerugian yang mungkin terjadi. Sebab, ada kalanya saham gagal naik dan justru mengalami penurunan. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri dan memiliki solusi apabila mengalami hal ini. 

Siapkan diri menghadapi cut loss

(Freepik)

Tidak selamanya keadaan berjalan seperti apa yang kamu rencanakan, Pins, termasuk dalam jual beli saham. Bukan tidak mungkin rencana trading yang sudah kamu buat tidak sesuai. Bisa saja saham yang kamu beli tidak mengalami kenaikan harga atau justru terus menurun. 

Kalah mengalami hal ini, kamu bisa mengambil strategi cut loss, yaitu menjual saham yang kamu punya dengan harga lebih kecil daripada harga beli atau jual rugi. Cut loss sendiri merupakan strategi yang dapat membantu kamu mengalami kerugian lebih besar lagi karena penurunan harga saham yang drastis.

Demikian tadi cara membuat trading plan yang dapat kamu terapkan, Pins. Jadi, kamu memiliki strategi sendiri dalam menjalankan investasi dan tidak hanya sekadar ikut-ikutan. Selamat mencoba!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Remboelan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia