BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Membuat Lampu Tidur dengan Mudah
0
0

5 Cara Membuat Lampu Tidur dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 6, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sebagian orang dapat tertidur lelap apabila mematikan lampu utama dan menggunakan lampu kecil atau lampu tidur sebagai gantinya. Menurut mereka, lampu yang bersinar dengan penerangan minim sangat membantu untuk dapat tidur nyenyak. Kamu bisa loh membuat lampu tidur di rumah dengan mudah dan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan pula. Simak artikel ini!

Kamu dapat menggunakan lampu tidur hasil karyamu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung Penggunaan lampu tidur hasil karya sendiri tentu akan menjadi sesuatu yang membanggakan, terlebih lagi jika setiap kamar di Program KPR Bank menggunakan lampu tidur buatan Kamu. Sungguh kreatif!

5 Cara Membuat Lampu Tidur dengan Mudah

Tidur menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Pada saat kita tertidur, organ tubuh tidak ikut tertidur juga. Dalam kata lain tubuh tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Tubuh Kamu akan berusaha untuk menyeimbangkan seluruh aktivitas organ agar menjadi lebih teratur dari biasanya. Hal ini bertujuan agar tidur dapat menjadi aktivitas yang memulihkan tubuh, buktinya Kamu dapat merasakan kesegaran saat bangun tidur yang cukup.

Saat Kamu kekurangan tidur, hal ini akan menurunkan secara perlahan fungsi-fungsi tubuh Kamu hingga kembali normal ketika Kamu memenuhi kembali kebutuhan tidur yang kurang tersebut atau dapat disebut juga sebagai hutang tidur.

Pengurangan intensitas cahaya atau tidur dalam gelap gulita menjadi cara yang efektif untuk membuat Kamu dapat tertidur nyenyak. Menurut penelitian, kebalikan dari tidur terang benderang ini dapat memproduksi hormon melatonin yang baik untuk kekebalan tubuh dan mengundang kantuk. Lampu tidur dapat membantu kita untuk menciptakan suasana kamar menjadi lebih tenang dan damai, sehingga kita menjadi siap untuk terlelap lebih awal. 

Selain itu, penggunaan lampu tidur dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Proses pengeluaran racun-racun di dalam tubuh kita dilakukan oleh organ hati pada saat kita tertidur. Dengan adanya lampu tidur dapat membuat diri kita menjadi lebih nyenyak, sehingga tidak mengganggu proses satu ini.

Berikut ini beberapa cara membuat lampu tidur dengan mudah:

1. Lampu Tidur dari Kaleng Bekas

cara membuat lampu tidur
Source : iStock

Lampu tidur pertama yang dapat dengan mudah Kamu buat adalah lampu tidur yang menggunakan bahan kaleng yang sudah tidak digunakan lagi. Usahakan menggunakan kaleng bekas yang berukuran besar agar masih terdapat ruang di antara kaleng dan lampu di dalamnya. Cara Kamu mengindahkan setiap sisi pada kaleng, dapat membuat lampu tidurmu menjadi lampu hias yang terkesan mewah.

Barang-barang yang Kamu butuhkan, yaitu kaleng susu bekas berukuran sedang, lampu LED, bor atau obeng, dan warna cat pilihanmu untuk mewarnai dasar kaleng.

Berikut ini cara membuat lampu tidur dari kaleng bekas:

a. Siapkan kaleng susu bekas berukuran sedang yang sudah dibersihkan. Tidak perlu menggunakan tutupnya.

b. Lubangi kaleng susu tersebut secara berkesinambungan dengan jarak yang sama rata hingga membentuk pola lubang yang rapi.

c. Desain kaleng dengan pola berlubang sudah siap, sekarang giliran mewarnai dasar kaleng tersebut agar terlihat bagus dan menarik. Gunakan warna telah Kamu pilih sebelumnya, ratakan pada bagian luarnya saja dan tunggu hingga kering.

d. Jika cat warna sudah mengering, maka langkah selanjutnya Kamu dapat memasukan lampu LED ke dalam kaleng tersebut. Kamu juga dapat menempelkan untaian panjang lampu LED mengelilingi bagian dalam kaleng

Lampu tidur yang terbuat dari kaleng sudah siap menemani tidur malammu!

Baca juga: Kumpulan Desain Lampu Tidur Unik dengan Berbagai Desain yang Elegan

2. Lampu Tidur dari Kardus Persegi Panjang

cara membuat lampu tidur
Source : iStock

Lampu tidur selanjutnya yang dapat menjadi referensi kreatif bagi Kamu untuk menciptakan lampu tidur secara mandiri adalah lampu tidur yang berasal dari kardus berbentuk persegi panjang. Mencari kardus sangat mudah untuk didapatkan, lampu tidur dari bahan yang satu ini sangat terjangkau.

Kamu akan membutuhkan barang-barang seperti tentunya kardus berbentuk persegi panjang, untaian lampu LED, kabel, tempat/dudukan lampu, colokan listrik, lem tembak, spidol berwarna, penggaris, pulpen, lakban, gunting, cutter, dan kertas hvs.

Berikut ini cara membuat lampu tidur dari kardus persegi panjang:

a. Hal utama yang harus Kamu lakukan adalah membentuk kardus menjadi sebuah persegi panjang atau balok dengan melakukan pemotongan pada bagian tutupnya. Kamu bisa menggunakan gunting atau cutter saat memotong bagian tersebut.

b. Setelah itu agar setiap sisi bisa menjadi tempat keluarnya cahaya, dari 6 sisi bangun tersebut dibuat potongan yang menyerupai kotak dengan ukuran potong masing-masing 1 atau 2 cm.

c. Warnai setiap sisi bangun tersebut dengan warna pilihan Kamu. Lalu, tambal potongan sisi kardus dengan kertas hvs agar kilauan cahaya dapat muncul dengan cantik. Khusus bagian atas ditutup belakangan, ini agar mudah memasukan lampunya.

d. Kardus sebagai tempat lampu sudah selesai, sekarang mari lanjutkan dengan alas dan penahan kardusnya agar tidak mudah lepas dengan alas. Alas dibuat berasal dari bagian bawah kardus yang tidak terpakai. Di alas ini akan ditempel tempat/dudukan lampu menggunakan lem tembak. Kardus dan alasnya akan ditempel menggunakan lakban agar kuat.

e. Buatlah celah di alas kardus sebagai tempat masuk kabel LED. Letakkan dudukan lampu di bagian tengah, agar cahaya yang dihasilkan ketika menyala menjalar seimbang. 

f. Langkah terakhir masukan lampu tersebut melalui sisi atas kardus, tempatkan di dudukan lampu yang sudah disiapkan. Tutup bagian atas kardus hingga rapat. 

Sekarang lampu tidurmu sudah siap untuk digunakan. Selain lampu tidur, Kamu juga harus memperhatikan desain kamar tidur yang simpel agar nyaman!

3. Lampu Tidur dari Botol Kaca

cara membuat lampu tidur
Source : iStock

Botol kaca dapat dimanfaatkan sebagai tempat lampu tidur yang lucu dan unik. Kamu dapat membuat lampu tidur dari botol kaca tanpa harus merombak besar-besaran wadahnya, karena botol kaca sudah siap untuk digunakan sebagai tempat lampu. Hanya beberapa penyesuaian saja untuk meletakkan kabel dan dudukan lampunya. 

Lalu, lampu tidur lucu dari botol kaca dapat langsung Kamu gunakan. Kamu dapat memilih botol kaca dengan bentuk unik, misalnya botol yang panjang seperti botol anggur atau botol kaca yang unik lainnya.

Barang-barang yang harus Kamu siapkan yang pertama tentunya botol kaca, lampu LED, kap tutup lampu atau dapat dibuat dengan kardus, dan yang terakhir adalah bor.

Berikut ini cara membuatnya:

a. Bersih dan keringkan botol kaca yang telah Kamu dapatkan. Lalu, gunakan bor untuk melubangi bagian bawah botol kaca sebagai tempat masuknya kabel lampu. Saat pengeboran berlangsung, Kamu dapat melakukannya sambil merendam botol tersebut di air. Hal ini dapat memudahkan pelubangan botol menjadi lebih cepat dan mendapat hasil yang baik.

b. Jika sudah selesai, bersihkan dan keringkan kembali botol tersebut. Cobalah untuk memasukan kabel ke dalam lubang tersebut.

c. Jika Kamu menggunakan kap lampu yang sudah jadi, maka sudah terdapat dudukan lampunya, Kamu tinggal meletakkan lampu di kap tutup lampu tersebut. Lalu, cobalah menyalakan lampu tersebut, indah bukan! Ketahui juga bagaimana cara membuat kamar tidur menjadi nyaman maksimal!

4. Lampu Tidur dari Bola Plastik

cara membuat lampu tidur
Source : iStock

Cara membuat lampu tidur selanjutnya dengan memanfaatkan bola berbahan plastik seperti bola ping pong. Bola ping pong ini akan disusun menjadi untaian panjang lampu yang saling menyambung. 

Kamu membutuhkan barang-barang seperti bola berbahan plastik (bisa bola ping pong), lampu LED, obeng mini, palu dan paku. Sebelum ke tahap pembuatan, ternyata model plafon kamar juga berpengaruh loh menciptakan kenyamanan di kamar kita.

Cara membuatnya sebagai berikut ini:

a. Pertama-tama yang harus Kamu lakukan adalah membuat sedikit celah di bagian bola ping pong untuk dapat memasukkan lampu LED di dalamnya. Celah ini dapat Kamu buat dengan obeng mini atau alat lainnya yang memiliki ujung tajam. Hati-hati ya Pins, usahakan jangan merusak permukaan bola tersebut. Pastikan jumlah bola ping pong sesuai dengan lampu LED-nya.

b. Jika sudah selesai membuat celah, coba lah memasukkan lampu LED ke dalam bola tersebut. Jika ukuran celahnya pas, maka lampu LED akan pas juga tidak kebesaran.

c. Lampu tersebut sudah siap, sekarang giliran membuat penyangga untuk menggantung lampu bola ping pong tersebut di dinding. Gunakan palu dan paku untuk membuat penyangganya. Bentuk penyangganya secara garis lurus agar lampu tidur Kamu terlihat simetris.

d. Jika sudah selesai, Kamu dapat menggantungkan lampu bola ping pong di penyangga yang telah disiapkan. Nyalakan lampu dan lihat betapa bagus hasilnya!

Baca juga: 10 Desain Lampu Tumblr, Buat Kamar Tidur Semakin Menarik!

5. Lampu Tidur dari Balon Lampion

cara membuat lampu tidur
Source : iStock

Cara membuat lampu tidur mudah yang terakhir, yaitu memanfaatkan balon yang dijadikan sebagai lampion untuk menempatkan lampunya, unik bukan! Balon lampion ini akan dilapisi benang untuk menguatkan strukturnya. Lampu tidur ini juga mengasah kreatifitas Kamu, karena pada finalisasinya Kamu akan menggambar sebuah karakter agar tampilannya menarik.

Kamu membutuhkan barang-barang sebagai berikut ini: sebuah balon, benang jahit yang warnanya sesuai keinginanmu, lampu dengan watt kecil, tempat/dudukan lampu, kuas, gunting, gelas plastik, lem kayu, spidol (opsional), kain (opsional).

Berikut ini tahapan membuatnya:

a. Tiup balon hingga ukurannya sedang. Jangan kebesaran ya Pins, nanti lampu Kamu jadi kurang menarik dan balon jadi mudah pecah saat proses pembuatan berlangsung.

b. Siapkan wadah gelas plastik sebagai tempat lem kayu dan air bercampur. Tambahkan air secukupnya saja, jangan sampai membuat lem kayu menjadi cair. Hal itu akan mengurangi daya rekatnya.

c. Jika lem sudah tercampur rata, Kamu dapat mengolesi balon yang sudah ditiup sebelumnya menggunakan kuas. Setelah sudah merata, Kamu dapat menggunakan benang untuk menutupi seluruh bagian balon. Hal ini bertujuan untuk mengatur intensitas cahaya lampu tidur Kamu, semakin tebal maka cahayanya semakin meredup.

d. Kamu dapat melapisi kembali dengan lem kayu agar benang menjadi struktur balon yang kuat. Kemudian, Kamu dapat mengeringkan balon tersebut dengan cara di gantung. Biarkan berada di dalam suhu ruangan. Hindari paparan sinar matahari dan diletakkan di lantai, karena akan menyebabkan balon pecah atau menyusut.

e. Lem yang sudah kering dapat dilanjutkan dengan tahap melubangi bagian bawah balon sesuai dengan ukuran tempat/dudukan lampu. Kamu dapat menggambar sesuatu hal dengan spidol untuk mempercantik lampu tidurmu atau juga Kamu dapat menggunakan kain sebagai penghias balon tersebut. Kain dapat digunting-gunting hingga menyerupai bagian wajah.

f. Setelah berlubang dan selesai menghias, Kamu dapat mengeluarkan balonnya dan kemudian memasukkan tempat/dudukan lampu. Pasangkan lampu dan coba nyalakan, lampu tidur dari balon yang menyerupai lampion sudah jadi!

Itulah beberapa cara membuat lampu tidur yang mudah dan meningkatkan kreatifitas Kamu. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Kamu yang membutuhkan lampu tidur murah!

Baca juga16 Inspirasi Desain Kamar Tidur dengan Lampu LED Terbaru 2022

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download