9 Cara Cek Harga Emas Hari Ini dan Serba-serbi Investasi Emas

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan ∙ December 22, 2022 ∙ 11 menit membaca

Jika kamu membeli emas untuk berinvestasi, maka penting untuk memantau perkembangan harga emas setiap harinya. Kamu bisa melakukan cara cek harga emas hari ini melalui website maupun aplikasi. Langkah-langkahnya juga cukup mudah.

Seperti yang kita ketahui, emas memang kerap menjadi alat investasi yang paling populer dari tahun ke tahun. Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari investasi emas, alangkah baiknya Pins membeli emas tersebut pada saat harganya turun.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara cek harga emas hari ini agar Pins bisa mengetahui kapan harga emas turun. Di Indonesia sendiri, ada berbagai cara cek harga emas hari ini yang bisa Pins lakukan.

Supaya Pins lebih paham tentang cara cek harga emas, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Baca juga: Intip Grafik Harga Emas Hari Ini Agar Investasi Tetap Untung

Cara Cek Harga Emas Hari Ini

(Detik)

Sama seperti jenis investasi lainnya, emas memiliki harga yang terus berubah setiap hari. Meskipun begitu, harga instrumen investasi ini cenderung lebih stabil karena perubahan harganya tidak terlalu ekstrim.

Kenaikan dan penurunan nilai emas biasanya hanya berada pada angka ribuan rupiah saja. Tak heran jika instrumen investasi yang satu ini kerap digemari oleh berbagai kalangan. Jika Pins ingin mengetahui cara cek emas yang praktis dan mudah, berikut ini daftar situs dan aplikasi yang bisa Pins gunakan.

Cek Harga Emas Melalui Aplikasi Antam

Cara cek harga emas hari ini yang pertama adalah melalui aplikasi Antam. Seperti yang kita ketahui, Antam merupakan salah satu produsen emas paling populer di Indonesia. Tak hanya bisa membeli emas, kamu juga bisa cek harga emas di aplikasi Antam.

Setelah mendownload aplikasi, kamu bisa lakukan registrasi akun dengan mengisi data diri yang diminta. Selanjutnya, kamu bisa langsung melihat infografis harga emas setiap harinya pada halaman utama aplikasi Antam.

Cek Harga Emas Melalui Aplikasi Pegadaian

Aplikasi Pegadaian kerap populer belakangan ini berkat layanan tabungan emasnya. Cara mengecek harga emas di sini pun cukup mudah, sama seperti pada aplikasi Antam. Selain bisa memantau harga, di sini kamu juga bisa melakukan jual beli emas.

Nantinya, emas digital yang sudah terkumpul di sini bisa kamu cetak dalam buku tabungan emas. Itu juga bisa kamu cetak menjadi emas batangan. Menariknya lagi, Pegadaian juga menyediakan layanan cicil emas dengan berat dan tenor yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Cek Harga Emas Melalui Situs IndoGold

Selanjutnya ada juga situs website IndoGold untuk cek harga emas. Website yang dikelola oleh Indo Gold ini merupakan anak perusahaan dari PT Antam, sehingga tak perlu diragukan lagi tentang kredibilitasnya.

Mengetahui bahwa ini merupakan satu grup dengan PT Antam, tentu cara cek harga emas hari ini di IndoGold.com juga sama seperti pada aplikasi Antam. Di sini kamu juga bisa melakukan jual-beli emas, hingga layanan cicilan.

Cek Harga Emas Melalui Aplikasi Laku Emas

Laku Emas merupakan salah satu aplikasi jual beli emas digital yang cukup populer saat ini. Adapun cara cek harga emas di aplikasi Laku Emas, Pins hanya perlu masuk dengan mengisi data diri yang diminta.

Cek Harga Emas Melalui Aplikasi e-Mas

Selain berbagai aplikasi di atas, Pins juga bisa mencoba cek harga emas di aplikasi e-Mas. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk bertransaksi jual beli emas dan memantau perubahan harga emas setiap harinya.

Cek Harga Emas Melalui Aplikasi Peluang

Aplikasi Peluang juga bisa menjadi alternatif mudah untuk cek harga emas secara berkala. Cara menggunakannya juga hampir sama dengan berbagai aplikasi di atas. Kamu hanya perlu download aplikasi, lakukan registrasi akun, dan pada halaman utama kamu sudah bisa melihat infografis harga emas.

Cek Harga Emas Melalui Aplikasi Tokopedia

Meski Tokopedia dikenal sebagai aplikasi e-commerce, namun kini mereka menyediakan layanan investasi emas yang bermitra dengan Peluang. Cara cek harga emas hari ini di pegadaian juga cukup mudah.

Pins hanya perlu membuka aplikasi Tokopedia, kemudian pada halaman utama pilih menu “Lihat Semua”. Scroll ke bawah hingga menemukan menu “investasi asuransi dan pinjaman”, dan pilih opsi “emas”.

Selanjutnya klik “Mulai Nabung Emas”, daftarkan nomor telefon dan lakukan verifikasi OTP, selesai. Setelah itu kamu bisa mengecek harga emas secara berkala.

Cek Harga Emas Melalui Aplikasi Ajaib

Cek harga emas melalui aplikasi Ajain sedikit berbeda dengan aplikasi di atas. Pasalnya, Ajaib merupakan platform investasi yang menyuguhkan berbagai produk. Mulai dari reksadana, saham, hingga emas.

Di sini, kamu tidak bisa mengecek harga emas per gram-nya, melainkan hanya bisa mengecek harga saham emas dengan kode tertentu. Seperti mengecek harga saham Antam (ANTM) dan sebagainya.

Cek Harga Emas Melalui Aplikasi Bareksa

Sama halnya dengan aplikasi Ajaib, cara cek harga emas hari ini di Bareksa juga sedikit berbeda. Ini juga merupakan platform yang memuat berbagai produk investasi. Di sini Pins bisa melakukan investasi berbagai produk reksadana, emas, hingga umroh.

Untuk mengecek harga emas, kamu bisa registrasi akun di Bareksa. Nantinya, pada halaman utama akan ada menu “Emas”, klik menu tersebut. Selanjutnya, kamu bisa memilih untuk mengecek harga emas di menu Pegadaian maupun Teasury.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini, Prediksi, Dan Untung Rugi Investasinya

Cara Investasi Logam Mulia

cara cek harga emas hari ini
(Bukalapak)

Pins mungkin beranggapan bahwa investasi emas hanya bisa dilakukan dengan membeli logam tersebut dan menyimpannya. Kenyataannya, dengan sistem yang ada saat ini, investasi emas bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Hasil dari penanaman modal tersebut juga kemudian bisa dikelola supaya mendapatkan keuntungan lebih. Ada beberapa teknik investasi emas yang bisa Pins terapkan guna memperbesar nilai investasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

Beli Emas Saat Harga Turun

Cara yang pertama dalam investasi emas ini sudah dilakukan sejak dulu. Investor berusaha membaca pergerakan harga, lalu membelinya ketika nilainya rendah. Setelah disimpan dalam waktu yang cukup, emas akan dijual saat nilainya meninggi. Teknik ini memang memakan waktu lama, namun sudah terbukti memberikan banyak keuntungan.

Buka Tabungan Emas

Pins juga bisa mencoba untuk menjadikan emas sebagai tabungan. Bisa dibilang, cara ini digunakan untuk menimbun emas. Pins bisa membeli emas sebanyak 1 gram per bulannya, lalu ketika jumlahnya sudah banyak bisa langsung dijual. Cara ini akan memperbanyak kekayaan karena emas tidak terpengaruh inflasi.

Gunakan Emas untuk Modal Usaha

Investor juga bisa menggunakan emas yang dimilikinya untuk modal usaha. Kamu bisa menggadaikan emas milikmu dan kemudian hasilnya digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis. Hanya saja, kamu harus mengerti bahwa nilai dari emas yang kamu miliki akan sangat bergantung pada kesuksesan usaha yang telah dibangun.

Emas Sebagai Alat Trading

Teknik investasi emas yang terakhir yaitu menggunakan instrumen investasi ini untuk trading. Emas yang kamu miliki akan digunakan sebagai modal usaha atau deposit trading seperti saham. Meskipun bisa mendapatkan keuntungan yang besar, Pins perlu mengetahui kalau teknik ini juga berisiko tinggi.

Baca juga:

Cara Beli Emas di Pegadaian

(Tribun Jateng)

Setelah membaca cara investasi logam mulia di atas, mungkin Pins berpikir untuk membuka tabungan emas. Pasalnya, ada beberapa cara yang disediakan oleh Pegadaian bagi siapa pun yang ingin mulai investasi emas.

Bagi Pins yang ingin membeli emas, berikut ini adalah beberapa cara beli emas di Pegadaian yang bisa Pins pilih:

Buat Tabungan Emas

Sistem tabungan emas ditujukan bagi calon investor yang ingin membeli emas namun dengan nominal yang lebih kecil dan fleksibel. Jumlah titipannya sendiri mulai dari Rp5.000 atau 0,01 gram. Selain itu, harganya juga mengikuti nilai emas pada periode penitipan.

Berikut ini langkah-langkah untuk bisa menabung emas di Pegadaian:

  • Menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti fotokopi identitas (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku.
  • Datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat.
  • Memberitahukan maksud kedatangan yaitu untuk membuka rekening Tabungan Emas.
  • Mengisi formulir rekening tabungan secara lengkap.
  • Melakukan pembayaran administrasi sebesar Rp10.000 dan penitipan yaitu Rp2.500 per bulan. Pins juga langsung bisa membayar biaya titip untuk setahun yaitu Rp30.000.
  • Melakukan pembelian emas sesuai yang diinginkan mengikuti arahan dari petugas.

Cicil Emas Pegadaian

Pilihan membeli logam mulia di Pegadaian yang berikutnya yaitu dengan menggunakan sistem cicilan. Sesuai dengan namanya, pembelian emas dengan cara ini pembayarannya dilakukan dengan cara angsuran. Ada 3 program berbeda untuk sistem ini yaitu Mulia Personal, Mulia Kolektif, dan Mulia Arisan.

Program Mulia Personal merupakan cara pembelian emas cicilan yang dilakukan oleh satu orang. Calon pembeli bisa membeli emas batangan yang pembayarannya diangsur dengan cara datang langsung ke kantor Pegadaian.

Sistem ke dua, Mulia Kolektif dilakukan oleh sekelompok orang dengan minimal anggota 6 orang. Pembayaran emas batangan dilakukan dengan cara angsuran dan dibebankan kepada setiap anggota kelompok tersebut.

Cara pembelian yang ketiga yaitu dengan sistem Mulia Arisan. Sistem pembelian dengan program ini hampir sama dengan Mulia Kolektif yaitu untuk kelompok dengan anggota paling sedikit 6 orang. Perbedaannya, Mulia Arisan diperuntukkan khusus untuk kelompok arisan.

Beli Emas Secara Tunai

Khusus untuk Pins yang tidak ingin repot, bisa memilih cara pembelian yang satu ini. Pins bisa melakukan pembelian emas secara tunai (bukan tabungan atau cicilan) secara langsung di Pegadaian atau Galeri 24.

Bagi Pins yang ingin membeli logam mulia di Pegadaian dengan cara ini, kamu cukup menyiapkan identitas dan uang pembayaran. Setelah itu, Pins bisa memilih ukuran emas yang diinginkan mulai dari 1 gram sampai 1 kilogram. Apabila pembelian berhasil, maka Pins akan langsung mendapatkan emas, sertifikat, dan kwitansi.

Fluktuasi Harga Jual Beli Emas Hari Ini di Pegadaian

cara cek harga emas hari ini
(Pegadaian)

Melihat data yang disajikan oleh Pegadaian melalui laman resminya, harga jual beli emas di tahun 2021 cenderung fluktuatif atau mengalami kenaikan dan penurunan. Pada awal tahun, harga jual emas per gram yaitu Rp911.000, lalu mengalami tren penurunan hingga bulan Maret.

Selanjutnya terjadi kenaikan tajam pada 6 Maret 2021 yang harganya mencapai Rp957.000. Setelah kenaikan ekstrim tersebut, harga jual emas di Pegadaian langsung anjlok di hari berikutnya yaitu mencapai Rp860.000. Kemudian, di hari-hari berikutnya cenderung mengalami kenaikan.

Harga jual emas per hari ini, 25 Mei 2021, di Pegadaian menyentuh angka Rp904.000. Kecenderungan tren harga beli di Pegadaian juga mengalami hal yang sama. Di awal tahun, harganya cukup tinggi, lalu turun sampai bulan Maret. Angka tersebut kemudian mulai naik dan pada hari ini harga belinya yaitu Rp876.000.

Baca juga:

Perkiraan Harga Emas 5 Tahun ke Depan

(Logam Mulia)

Seperti yang bisa kita lihat berdasarkan infografik di atas, harga emas memang cenderung mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa harga investasi ini terus mengalami kenaikan dan penurunan yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Melihat tren selama 5 tahun terakhir (2016 – 2021), harga emas cenderung stabil dan naik secara berkala. Namun, terjadi lonjakan yang signifikan di akhir tahun 2019. Harga tersebut terus naik sepanjang tahun 2020 dan mulai menurun di tahun 2021.

Kenaikan drastis pada harga emas di tahun-tahun tersebut kemungkinan besar terjadi karena adanya pengaruh pandemi Covid-19. Banyak orang yang melakukan investasi besar-besaran sehingga harga emas pun naik.

Melihat kecenderungan tersebut, apabila terjadi sebuah anomali global di sela waktu 5 tahun ke depan, akan muncul kemungkinan harga emas akan mengalami kenaikan yang signifikan. Namun, harganya akan mulai stabil setelah orang-orang mulai terbiasa dengan perubahan tersebut.

Baca juga:

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

cara cek harga emas hari ini
(Pontas)

Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang populer. Hal ini terjadi bukan karena sebuah kebetulan saja. Ada beberapa keuntungan yang mendorong banyak investor memilih emas sebagai investasi seperti harga yang tinggi dilihat dari data hari ini. Benefit lainnya yaitu seperti:

  • Investasi jangka panjang
  • Mudah dicairkan
  • Tidak terikat pajak
  • Sebagai bentuk perlindungan kekayaan

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih investasi emas. Kerugian yang harus diantisipasi, yaitu:

  • Risiko kehilangan seperti karena perampokan
  • Harganya selalu naik dan turun
  • Harga emas cenderung stagnan ketika perekonomian stabil

Harga emas selalu mengalami fluktuasi atau penurunan dan kenaikan setiap harinya. Walaupun begitu, terdapat tren kenaikan harga di setiap tahunnya sehingga menjadikan emas sebuah bentuk investasi yang populer. Yuk, mulai investasi emas!

Baca juga:

Hindari Kesalahan Investasi Emas Ini Agar Tidak Rugi

cara cek harga emas hari ini
(Bareksa)

Saat mengeluarkan uang untuk investasi, Pins pasti menginginkan modal tersebut untuk bertambah. Tidak ada orang yang ingin merugi setelah menggelontorkan sejumlah uang untuk membeli instrumen investasi. Hal ini juga berlaku untuk investasi emas.

Ada beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan oleh seseorang ketika melakukan investasi emas sehingga mengalami kerugian. Contoh kesalahan yang umum terjadi yaitu:

  • Asal beli tanpa memeriksa tingkat kemurnian atau kadar emasnya. Kesalahan ini sering terjadi ketika seseorang membeli emas olahan. Sebaiknya, kamu benar-benar mengetahui kadar emas dari perhiasan yang dibeli, jangan mudah tertipu!
  • Tidak mempersiapkan tempat penyimpanan. Emas memiliki bentuk fisik sehingga memerlukan sebuah tempat tersendiri untuk penyimpanannya. Kalau Pins tidak memiliki tempat khusus untuk emas, bisa memilih investasi emas digital.
  • Tidak membandingkan dan memantau harga emas. Pins perlu mengecek grafik emas hari ini untuk terus mengetahui perkembangan harganya. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa tau waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas.

Demikianlah pembahasan tentang cara cek harga emas hari ini dan cara memulai investasi emas. Investasi emas cocok dilakukan untuk kamu yang ingin melakukan investasi jangka panjang. Jangan lupa untuk selalu memantau harga emas serta hindari kesalahan-kesalahan di atas supaya kamu tidak rugi.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Taman Hekana Bogor dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Syahya Rembulan

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia