BlogKesehatanKenali Fakta Menarik Bunga Asoka Beserta dengan 8 Manfaatnya
0
0

Kenali Fakta Menarik Bunga Asoka Beserta dengan 8 Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
bunga asokatop-right-banner

Nama latin bunga asoka adalah Ixora javanica. Bunga yang satu ini merupakan bunga yang umum di Indonesia sebagai tanaman hias. Banyak orang memanfaatkan Asoka untuk menghiasi halaman rumah mereka. Selain keindahannya, bunga ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Jadi, bunga yang satu ini sangat cocok untuk Pins tanam di rumah di Bandung atau tempat lainnya. Rumah seperti di Griya Cinere pun akan tampil lebih cantik bila bunga itu Pins tanam. Nah bagi yang pelum memiliki hunian, PinValue bisa membantu Pins menemukan hunian idaman yang indah.

Mengenal Bunga Asoka

bunga asoka
Source: Pixabay

Tanaman yang satu ini memiliki beberapa nama lain seperti ganda puspa, anganapriya, asogam, asok, kankelli, dan kenkalimara. Akar tanaman bunga Asoka tumbuh secara tunggang dan berwarna coklat.

Batang tanaman ini tumbuh tegak dengan struktur kayu bulat. Sistem percabangan tanaman Asoka bersifat simbodial. Diameter pangkal batang tanaman ini dapat mencapai 40 cm.

Dulu, pohon Asoka sangat umum ada di rumah-rumah orang di Indonesia. Tanaman ini sering disebut sebagai bunga asoka. Anak-anak juga sering bermain dengan bunga ini.

Anak-anak pun biasanya sangat menyukai nektar manis yang terdapat pada bunga ini. Mereka akan memetik kelopak bunga, kemudian memerasnya hingga cairan bening keluar. Mereka akan menikmati rasa manis seperti madu dari cairan bunga soka ini.

Cairan manis tersebut bukanlah air biasa, tetapi campuran nektar dari bunga yang menghasilkan rasa manis seperti madu. Kadang-kadang, anak-anak harus “bersaing” dengan serangga seperti lebah untuk mendapatkan nektar yang manis ini lho Pins. 

Jadi, terkadang bahkan mereka akan tersengat oleh lebah. Namun, itulah mengapa Asoka begitu erat kaitannya dengan kehidupan anak-anak Indonesia. Bukan hanya itu, bagian bagian bunga asoka juga sering digabungkan menjadi gelang atau bahkan mahkota. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh anak perempuan di desa.

Bagian-bagian Bunga Asoka

bunga asoka
Source: Kompas

Bagian bagian bunga asoka punya karakteristik yang khas. Pangkal batang tanaman ini dapat mencapai diameter 40 cm. Batang bunga ini pun biasanya memiliki warna gelap dan terkadang terdapat bercak di batang, cabang, dan ranting. 

Daun tanaman ini tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun. Bentuk daun bunga asoka adalah lonjong dan ukirannya dapat mencapai panjang 25 cm dan lebar 10 cm. Daun asoka memiliki pola menyirip dengan anak daun yang tumbuh berpasangan. 

Tangkai daunnya memiliki panjang sekitar 1 sampai 2 cm. Biasanya daun asoka berwarna hijau dengan nuansa coklat di bagian yang dekat dengan batang. Terdapat juga bunga asoka ungu yang indah dan cocok untuk Pins rawat.

Baca juga: Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Rumah

Manfaat Bunga Asoka

Source: IDN Times

Tanaman asoka terkenal karena keindahan dan warna bunga cerahnya, sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias. Namun, pohon asoka juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Pins peroleh dari tanaman ini:

1. Mengobati Luka dan Memar

Bunga asoka dapat digunakan sebagai obat herbal yang efektif untuk mengobati luka atau memar yang Pins alami.

Agar bisa menjadi obat, Pins cukup merebus asoka, bunga mawar, dan umbi daun dewa hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan tersebut dan tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis.

Pins bisa meminum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari untuk hasil yang optimal. Dengan mengonsumsi ramuan ini, luka dan memar akan sembuh lebih cepat. Pins dapat menghentikan penggunaannya ketika luka sudah sembuh dengan baik.

2. Penangkal Kram pada Kaki

Ramuan yang terbuat dari bunga asoka dan daun sembung yang direbus dapat efektif dalam menyembuhkan kram pada otot kaki. Namun, Pins disarankan hanya mengonsumsinya saat kaki mengalami kram. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara teratur.

3. Sebagai Antioksidan

Bunga asoka mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan alami. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi air rebusan bunga ini secara teratur dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker kandung kemih dan jenis lainnya.

Cara penggunaannya adalah dengan merebus bunga dalam 2 gelas air. Rebus hingga tinggal 1 gelas, kemudian minum dalam keadaan hangat.

4. Menangani Hipertensi

Air rebusan bunga asoka juga bisa Pins gunakan untuk menangani tekanan darah tinggi atau hipertensi. Caranya adalah dengan merebus satu genggam asoka dengan 2 gelas atau 400 cc air. Cukup minum setengah gelas dalam setiap konsumsi.

5. Obat untuk Disentri

Kandungan tanin dalam asoka diyakini memiliki manfaat dalam pengobatan disentri. Untuk memperoleh manfaatnya, bunga ini dapat Pins tumbuk halus, lalu direbus dengan 2 gelas air.

Sisakan hingga air tersisa 1 gelas, kemudian saring dan biarkan dingin sejenak. Konsumsilah dua kali sehari agar disentri bisa sembuh secara optimal.

Baca juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

6. Mencerahkan Kulit

Dalam hal kecantikan, bunga asoka memiliki khasiat yang sangat dihargai oleh wanita. Ramuan asoka dipercaya dapat secara alami memperbaiki warna kulit. Melalui sifat antioksidannya, ramuan air rebusan asoka mampu mengeluarkan racun yang terperangkap dalam tubuh.

Proses pembuangan racun ini secara tidak langsung dapat memberikan efek pencerahan pada kulit. Manfaatnya akan terlihat apabila Pins mengonsumsinya secara teratur.

7. Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Bagi wanita yang mengalami menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur, ramuan asoka dapat Pins gunakan untuk membantu menyembuhkannya. Caranya pun sederhana. Pins tinggal merebus bunga ini , bunga mawar, dan daging tanaman lidah buaya dalam 4 gelas air. Sisakan hingga tinggal 2 gelas, saring, dan minum dalam keadaan dingin.

Dengan mengonsumsi ramuan ini secara teratur, sebanyak 1 kali sehari, dapat membantu menjadwalkan kembali menstruasi. Selain itu, ramuan tradisional ini juga memiliki efek menenangkan dan membantu mengurangi stres.

8. Mengatasi Wasir atau Ambeien

Ambeien bisa semakin parah jika tidak segera diobati. Untuk meracik ramuan herbal yang dapat mengatasi ambeien atau wasir, Pins dapat menggunakan dua genggam bunga asoka yang ditumbuk halus. 

Kemudian, tambahkan setengah gelas air. Gunakan air ekstrak asoka sebagai ramuan alami Pins yang bisa kamu minum pada pagi dan malam hari.

Baca juga: Cara Budidaya Tanaman Padi Secara Baik dan Benar

Demikian informasi bagian bagian bunga asoka dan manfaatnya bagi Pins. Semoga bermanfaat, ya!

Feature Image: PIxabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download