3 Cara Menanam Bunga Mawar Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 26 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Ingin tahu bagaimana cara menanam bunga mawar? Bagi sebagian besar orang, bunga mawar, terutama mawar merah, memanglah merupakan simbol cinta. Dalam berbagai perayaan, bunga yang memiliki aroma harum ini dibagikan ke banyak orang untuk mengungkapkan perasaan sayang.

Seperti pada hari ulang tahun, misalnya. Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang terkasih. Bunga mawar adalah simbol cinta yang begitu agung dan tentu ini akan menyanjung orang yang kamu cintai.

Baca juga: Tips Membuat Taman Hidroponik di Rumah

Sekilas Bunga Mawar

cara menanam bunga mawar
(pixabay.com)

Mawar merupakan jenis tanaman semak yang berasal dari genus Rosa L. Meski bukan termasuk tanaman toga yang dapat bermanfaat bagi kesehatan penanamnya, mawar dicintai karena pesonanya. Selain itu, cara menanam bunga mawar sangat mudah.

Lantas, bagaimana caranya supaya kamu bisa mendapatkan bunga mawar potong terbaik? Tentu itu diawali dengan kiat budidaya bunga mawar agar cepat berbunga yang bisa dibaca di sini. Yuk, ikuti dengan cermat!

Baca juga: Buket Bunga

Cara Menanam Bunga Mawar yang Tepat

tanaman bunga mawar
(bibitbunga.com)

Pada strawberry, langkah pertama dalam proses penanamannya adalah dengan menyemai biji. Namun, proses pada bunga mawar tidak demikian. Pertama, campurkan tanah dengan pupuk untuk bunga serta pasir. Perbandingannya sendiri adalah 1:1:¼. Pot yang dipilih pun sebaiknya pot tanah liat yang memang kondusif untuk benih bunga mawar dan bisa memberikan sirkulasi udara terbaik.

Letakkan pot di tempat yang mendapat penyinaran matahari langsung. Sirami dua kali sehari, atau hanya sirami satu kali di musim hujan. Jangan lupa untuk meletakkan batuan di dasar pot guna menyerap kelebihan air.

Baca juga: Ini Dia 4 Cara Menanam Strawberry di Rumah (Praktis dan Bermanfaat)

Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar

cara merawat bunga mawar
(www.memeflorist.com)

Simpan di Tempat yang Lembap

Menyimpan bunga mawar di tempat-tempat berair adalah hal yang benar, tempat yang mengandung air akan memperlambat proses layu pada bunga mawar. Namun, tahukah kamu? Bunga mawar yang terlalu lama disimpan di dalam air akan membuatnya terbiasa di tempat dingin alih-alih di tempat yang bersuhu tinggi.

Karena terbiasa itulah, bunga mawar akan drop alias layu seketika bila suatu waktu dipindahkan ke tempat yang lebih hangat. Oleh karena itu, sebaiknya simpan bunga mawar di tempat lembap cenderung normal. Simpan di tempat dengan suhu kira-kira 34° – 36° C seperti di kamar mandi, misalnya. Ingat, jangan simpan di dalam kulkas.

Potong Miring Bagian Ujung Bunga dengan Pisau

Hubungan menyimpan bunga agar tetap segar dengan ujung bunga yang harus dipotong miring terletak pada tugas batang tanaman yang mengangkut air. Air yang diangkut menuju dedaunan dan bunga membuat tumbuhan berumur panjang karena selalu mendapat nutrisi.

Nah, dengan ujung batang yang dipotong miring, otomatis luas permukaan floem dan xilem akan lebih lebar. Karena itulah, air yang diangkut oleh batang bunga mawar jadi berlimpah. Hal ini berguna untuk mempertahankan si bunga agar tetap cantik.

Meski demikian, air yang diangkut oleh batang bunga mawar tentu berbeda dengan air dingin berlebih yang menggenang. Air yang diangkut oleh batang bunga mawar adalah air yang cukup dan tentunya sesuai kebutuhan. Tidak seperti bunga matahari yang ‘menginginkan’ air, bunga mawar yang diberi air yang terlalu banyak justru akan rusak.

Baca juga: 3 Metode Tepat Cara Menanam Bunga Matahari (di Halaman Rumah)

Perawatan Harian Bunga Mawar

  • Periksa Bunga Mawar Setiap Hari

Cek keadaan bunga secara rutin. Buang bagian-bagian yang mengering atau membusuk, misalnya di bagian daun atau kelopak supaya tidak merambat ke bagian lainnya. Gunakan alat yang steril, misalnya gunting yang bersih alih-alih tangan. Alat yang kotor dapat mempercepat pembusukan pohon bunga kesayanganmu.

  • Siram dengan Pengawet Bunga Alami

Daripada menyiksa bunga menggunakan air terus-menerus, lebih baik menyiramnya menggunakan pengawet bunga alami, contohnya air gula, cuka, atau jeruk lemon. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Cukup campurkan pengawet bunga tersebut ke dalam air secukupnya. Toko-toko bunga juga banyak menyediakan pengawet bunga praktis.

  • Potong Batang secara Rutin

Baik bagian batang bunga mawar maupun beberapa bunga lainnya lambat laun akan mengering. Untuk menyiasati hal tersebut, potong bagian yang kering sebelum membusuk lalu menjalar ke bagian lainnya.

Baca juga: 8 Keramik Dinding Teras Motif Bunga

Langkah Setalah Menanam Buanga Mawar

Setelah tahapan perawatan harian selesai, berikutnya adalah memberi perlakuan tambahan, yaitu dengan meletakkan bunga mawar dalam vas yang berwatrna cerah, seperti kuning, putih, atau bahkan tanpa warna alias bening. Mengapa demikian?

Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat penyerapan sinar matahari adalah warna. Semakin gelap warna yang ada, sinar matahari akan lebih banyak terserap. Kemudian, akan muncul keringat di dinding-dinding vas bunga yang berwarna gelap.

Suhu yang tinggi dengan butiran-butiran air yang berada di dekat bunga mawar akan mengakibatkan bunga cepat membusuk bahkan hanya dengan hitungan jam. Oleh karena itu, jangan gunakan vas bunga yang berwarna gelap apalagi hitam.

Nah, itulah beberapa cara menanam bunga mawar dan menjaga kesegarannya. Pins juga dapat mengaplikasikan langkah-langkah di atas pada variasi mawar yang baru, yaitu mawar pelangi. Benih bunga varietas tersebut tersedia di toko-toko bunga dan marketplace.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Lifestyle
Lifestyle 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Series laptop keluaran baru sudah banyak yang mengusung fitur yang canggih. Salah satunya adalah ba

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Keramik abu-abu sering dianggap terlalu biasa, suram dan pucat. Padahal warna keramik tersebut bisa

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ini Dia Standar Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Tidak hanya ukuran jendela kamar mandi, tapi ternyata banyak aspek yang wajib diperhatikan untuk pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia