BlogLifestyleKesehatanApa Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh dan Kesehatan?
0
0

Apa Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh dan Kesehatan?

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Jan 12, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
apa manfaat lidah buayatop-right-banner

Pinhome – Apa manfaat lidah buaya sering jadi pertanyaan yang membuat Pins penasaran akan jawabannya. Bukan tanpa alasan, lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman serbaguna. Mungkin ada dari beberapa Pins yang menanam lidah buaya di pekarangan rumah.

Baca Juga: Manfaat kapur Barus dan Kamper

Lidah buaya

Tak hanya cantik dipandang, lidah buaya juga bisa memberikan dampak baik bagi kehidupan manusia, lho. Sebelum itu, cari tahu dulu yuk fakta-fakta terkait lidah buaya! Lidah buaya juga dikenal dengan nama Aloe vera atau Aloe barbadensis. Aloe vera memiliki morfologi yang unik.

Tanaman yang satu ini memiliki tangkai pendek dan tebal. Di dalam tangkainya, lidah buaya menyimpan semacam jaringan yang berlendir untuk menyimpan air. Selain itu, terdapat duri yang terletak pada pinggiran daunnya yang runcing. Nah, sudah sejak lama kalau lidah buaya digunakan sebagai obat tradisional dan masih bertahan hingga saat ini.

Formula lidah buaya memang tidak perlu diragukan lagi. Industri kosmetik, pangan, hingga obat-obatan pun masih banyak yang bergantung pada tanaman ini.  Yang paling sering digunakan untuk diandalkan khasiatnya tentu lendir atau gel lidah buaya, Pins.

Pasalnya, di dalam lendir tersebut terkandung segudang senyawa baik seperti vitamin, mineral, asam amino, hingga antioksidan. Maka tidak heran apabila lidah buaya juga seringkali dibudidayakan. Lantas, apa manfaat lidah buaya?

Baca Juga: Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

Apa manfaat lidah buaya?

Source : Freepik

Berikut Pinhome rangkum beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah dan manfaat lidah buaya untuk rambut, Pins:

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit karena luka dan cedera. Jadi, apabila Pins berjerawat dan ingin kulit mulus lagi, lidah buaya jelas bisa diandalkan. Aloe vera dapat mempercepat penyembuhan jaringan parut.

Manfaat lidah buaya selanjutnya yaitu dapat meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu, kulit wajah menjadi lebih cerah berseri dan terhindar dari kusam dan tampak lelah. Nah, antioksidan pada lidah buaya juga akan bekerja secara optimal, Pins.

Antioksidan yang terkandung di dalam aloe vera akan membantu mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain itu, kadar air pada lendir lidah buaya pun juga bisa melembabkan, menenangkan, hingga menghidrasi kulit wajah.

Dengan bermodal lidah buaya, tentu Pins mendapatkan hasil nyata dan sempurna wajah menjadi lebih kenyal, lembut, dan glowing. Seperti diketahui, klaim kulit sehat berseri sering dipamerkan oleh skincare yang dijual di pasaran. Tapi, kali ini Pins bisa menjajal lidah buaya sebagai bahan perawatan kulit alami yang murah meriah.

Baca Juga: Jadi Tren, Yuk Coba Pelihara Tanaman Hias Indoor Di Rumah!

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk kulit wajah yaitu dengan mencuci bersih batangnya, kupas, kemudian keluarkan lendir dan gel lidah buaya.

Setelah itu, Pins bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah dilembutkan untuk digunakan sebagai masker, tunggu kurang lebih selama 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat, dan keringkan dengan handuk bersih. Untuk hasil maksimal, usahakan rutin melakukan perawatan ini, ya!

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Tidak hanya untuk wajah, manfaat lidah buaya untuk rambut juga membuat penampilan Pins semakin paripurna. Siapa sangka, lidah buaya juga sering digunakan sebagai bahan pada sampo. Ya, lidah buaya dapat mencegah beberapa risiko kerusakan rambut.

Beberapa kerusakan rambut yang dapat diatasi dengan aloe vera yaitu rambut rontok, ketombe, kulit kepala gatal dan berminyak, hingga memperkuat helai dan pertumbuhan rambut.

Untuk Pins ketahui, lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berkontribusi untuk pergantian sel sehingga rambut sehat berkilau. Begitu juga dnegan vitamin B12 dan asam folat yang terkandung dalam aloe vera bisa membantu mencegah rambut rontok dan membuat rambut jadi lebih berkilau.

Supaya Pins dapat merasakan manfaat lidah buaya untuk rambut, ada baiknya mencoba beberapa trik untuk meningkatkan kesehatan mahkota rambut.

Pins dapat mengambil daging dan lendir lidah buaya, kemudian campur dengan minyak kelapa, setelah itu oleskan dan pijit secara menyeluruh di area kepala hingga kulit rambut. Diamkan sejenak selama kurang lebih satu jam, setelah itu bilas dan keramas seperti biasa, jika sudah keringkan.

Cara menanam lidah buaya

Sudah tahu betul apa manfaat lidah buaya, tentu ada ketertarikan Pins untuk mencoba menanam dan merawat tanaman yang satu ini. Tak perlu bingung harus memulai dari mana, ini dia langkah awal bagi Pins yang masih awam soal tanaman aloe vera:

  • Pertama yang Pins butuhkan tentu bibit lidah buaya, campuran tanah, dan pot untuk menanam aloe vera. Jika sudah, tanam bibit lidah buaya laiknya menanam tanaman hias pada umumnya.
  • Jika Pins ingin menanam lidah buaya di dalam ruangan, usahakan meletakkan lidah buaya di tempat yang terang dan cerah.
  • Selain itu, pastikan untuk tidak berlebihan ketika menyiramnya. Ada baiknya, menyiram lidah buaya sekali dua minggu ketika tanah benar-benar mongering.
  • Apabila Pins ingin menanam lidah buaya di luar ruangan, usahakan jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung. Cukup letakkan di area yang teduh supaya aloe vera bisa tumbuh segar dan subur.
  • Ketika masa panen, yang perlu Pins lakukan hanyalah memotong tangkai daun aloe vera hingga mendekati bagian bawah ujung batangnya, ya!

Nah,  itu dia apa saja manfaat lidah buaya yang bisa Pins dapatkan. Selain membantu merawat kesehatan rambut, lidah buaya juga dapat diandalkan untuk wajah. Jika ingin melihat tanaman yang satu ini tumbuh subur di pekarangan rumah, usahakan selalu merawatnya dengan panduan yang sudah dirangkum oleh Pinhome.  Selamat mencoba, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download