BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali Konsep Arsitektur Cina yang Sangat Unik!
0
0

Kenali Konsep Arsitektur Cina yang Sangat Unik!

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Okt 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
arsitektur cinatop-right-banner

Arsitektur Cina telah lama dikenal sebagai salah satu yang paling unik di dunia. Dengan sejarah yang kaya dan warisan budaya yang mendalam arsitektur tradisional Cina mencerminkan filosofi, nilai-nilai, dan kepercayaan masyarakatnya. 

Nah, adapun rumah dengan konsep arsitektur modern minimalis yang bisa Pins temukan di Rumah Ekslusif seperti Paradise Serpong City 2 atau rumah di Bogor lainnya yang tersedia.

Pins juga bisa menelusuri rumah second di Kab Bogor Tengah yang memiliki desain modern minimalis. Untuk mencari tahu harga rumah Pins bisa mengaksesnya melalui layanan PinValue dengan informasi terpercaya.

Konsep dasar arsitektur Cina sangatlah unik dengan melibatkan harmoni dengan alam, simetri yang elegan, dan penggunaan simbolisme yang dalam. 

Lantas bagaimana Cina bisa memiliki konsep arsitektur yang unik? Yuk, simak ulasan lengkap tentang konsep arsitektur tradisional cina di bawah ini!

Baca juga: Catat! 3 Perbedaan Arsitek dan Desain Interior yang Wajib Kamu Ketahui

Ciri Khas Arsitektur Cina

Source : Pexels

Arsitektur Cina memiliki ciri khas yang unik dan kaya akan warisan budaya mereka. Beberapa ciri khas arsitektur Cina yaitu bangunan tradisional Cina seringkali memiliki atap ber multi-tier dengan tumpukan atap seperti pagoda yang khas. 

Arsitektur Cina sering memanfaatkan tiang dan balok kayu sebagai struktur utama yang memberikan kesan elegan dan alami ditambah detail hiasan seperti pahatan kayu, lukisan, keramik dinding, dan ubin sering digunakan untuk menghiasi dinding dan atap bangunan Cina.

Dalam banyak bangunan Cina terdapat taman kecil yang menghadap ke dalam. Ini mencerminkan pentingnya harmoni antara alam dan arsitektur. 

Bangunan Cina sering memiliki pintu gerbang khas dengan atap melengkung yang merupakan simbol keberuntungan dan kehormatan.

Adapun simetri adalah prinsip penting dalam desain banguna Cina dengan bangunan yang sering kali disusun secara simetris dalam hal tata letak dan detail dekoratif. 

Penggunaan warna merah dan emas, warna-warna ini sering digunakan dalam dekorasi untuk menghadirkan unsur keberuntungan dan kekayaan.

Ciri khas bangunan tradisional Cina ini mencerminkan pengaruh budaya, agama, dan sejarah panjang Cina dan mereka masih dapat ditemui dalam bangunan-bangunan tradisional maupun modern di Tiongkok dan wilayah-wilayah sekitarnya.

Baca juga: 8 Contoh Arsitektur Modern dan Juga Cirinya

Konsep & Filosofi Arsitektur Cina

Source : iStock

Konsep dan filosofi arsitektur Cina mencerminkan pandangan dunia dan nilai-nilai budaya yang mendalam. Beberapa konsep dan filosofi utama dalam arsitektur Cina yaitu harmoni dengan alam yang artinya menciptakan harmoni antara bangunan dan alam sekitarnya. 

Bangunan-bangunan tradisional sering memiliki taman dalam yang menghadap ke dalam sehingga alam diintegrasikan dalam desain interior. Bangunan-bangunan sering kali disusun secara simetris dalam hal tata letak, jumlah tiang dan balok, serta detail dekoratif.

Bangunan Cina didesain dengan berfokus pada fungsionalitasnya. Setiap elemen bangunan memiliki tujuan tertentu dan ruang-ruang dalamnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan praktis.

Arsitektur tradisional Cina sering kali penuh dengan simbolisme dan makna. Misalnya, penggunaan warna merah dan emas melambangkan keberuntungan dan kekayaan. Bentuk-bentuk arsitektural seperti pagoda atau atap berlapis-lapis juga memiliki makna dan simbolisme tertentu.

Penggunaan material alami seperti kayu adalah salah satu bahan utama dalam bangunan tradisional Cina tradisional. Bahan-bahan alami seperti batu, tanah liat, dan bambu juga sering digunakan. Ini mencerminkan hubungan erat dengan alam dan ekologi.

Kesederhanaan adalah prinsip penting dalam arsitektur tradisional Cina. Meskipun terdapat dekorasi yang indah desainnya cenderung mengutamakan kesederhanaan daripada kemewahan yang berlebihan.

Selain itu, konsep Feng Shui memainkan peran penting dalam desain Cina. Bangunan harus diatur dengan memperhatikan aliran energi positif (chi) dan menghindari halangan atau energi negatif.

Cina mencerminkan warisan budaya yang kaya. Bangunan-bangunan bersejarah sering dipelihara dengan cermat untuk menjaga nilai-nilai tradisional dan sejarah.

Konsep dan filosofi ini tidak hanya mempengaruhi desain bangunan tetapi juga penggunaan warna, pola, dan dekorasi di dalamnya. Mereka mencerminkan kekayaan budaya dan pandangan dunia yang mendalam dalam arsitektur tradisional Cina.

Baca juga: 11 Rekomendasi Jasa Arsitektur Malang Terbaik

Struktur Arsitektur Cina

Source : Pngtree

Struktur arsitektur Cina memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari arsitektur lainnya. Salah satu ciri khas yang paling mencolok adalah atap-atap bertumpukan.

Bangunan tradisional Cina sering memiliki beberapa lapisan atap yang melengkung ke atas. Atap terluar yang paling tinggi memiliki tumpukan paling rendah, menciptakan siluet yang khas.

Struktur utama dalam Cina tradisional sering menggunakan tiang dan balok kayu yang kuat. Tiang-tiang ini mendukung bobot bangunan dan memberikan kekuatan serta fleksibilitas.

Dinding bangunan yang dapat terbuat dari bahan batu atau bambu. Batu digunakan dalam bangunan yang lebih besar dan penting, sementara bambu digunakan pada bangunan yang lebih sederhana atau untuk dinding sementara.

Serat jendela-jendela pada bangunan Cina tradisional memiliki bingkai kayu yang indah dan sering dihiasi dengan jaringan kayu berpola untuk keindahan dan sirkulasi udara.

Kusen pintu dan pintu-pintu kayu sering memiliki detail hiasan yang rumit. Pintu-pintu ini sering dihiasi dengan ukiran atau ukiran relief.

Lantai dalam bangunan Cina bisa terbuat dari batu, kayu, atau keramik. Lantai batu marmer sering digunakan untuk bangunan yang lebih mewah, sementara lantai kayu adalah pilihan yang umum untuk rumah tradisional.

Struktur bangunan Cina ini mencerminkan penggunaan bahan-bahan alami seperti kayu, batu, dan bambu, serta perhatian terhadap detail dan simbolisme dalam desain.

Kesederhanaan dan harmoni dengan alam juga menjadi prinsip-prinsip penting dalam struktur bangunan Cina tradisional.

Itu tadi ulasan yang perlu Pins ketahui mengenai konsep arsitektur tradisional cina yang sangat unik. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Bangunan Rumah 20 Juta, Ini Cara dan Inspirasi Desainnya

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download