Pinhome

Tips Properti

Apa Saja Manfaat Rumah? Pelajari Selengkapnya di Sini

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Rumah adalah kebutuhan bagi semua orang. Ini merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia, mulai dari sandang, pangan dan papan. Maka ungkapan rumahku surgaku ialah sebuah ungkapan yang sangat tepat. Apa saja sih manfaatnya rumah sebagai hunian bagi manusia? Yuk Pins mari kita simak artikel berikut!

Selain sebagai hunian, rumah juga memiliki banyak manfaat, rumah merupakan tempat berlindung dari bencana alam, hewan buas, hujan, panas matahari, dan lain sebagainya.  Rumah dapat dijadikan sebagai investasi masa depan yaitu bisa digunakan untuk hunian keturunan kelak.

Manfaat Rumah, Apa Saja?

Pinhome telah merangkum beberapa manfaat rumah selain yang sudah disebutkan diatas. Oleh karena itu, tidak heran orang berlomba-lomba membangun rumah idaman yang sesuai dengan keinginan dan mimpi mereka. Karena pada dasarnya, rumah bukan hanya sebagai hunian, tapi memiliki banyak manfaat lain, seperti:

1. Rumah Sebagai Tempat Berteduh
Jika di luar sedang hujan ataupun panas terik, semua orang akan membuat rumahnya menjadi tempat ternyaman untuk berteduh. Dalam menjadikan rumah sebagai tempat berteduh, Pins bisa juga harus tetap memperhatikan atap-atap rumah yang ada. Agar jangan sampai ketika hujan turun, rumah yang semula dijadikan sebagai tempat berteduh, Pins jadi kerepotan karena ada bagian atap rumah yang bocor.

Rumah berfungsi untuk tempat berlindung dari lingkungan luar (Danielle Dolson/Unsplash)

2. Beraktivitas di Rumah Bisa Membuat Lebih Hemat
Daripada harus pergi ke luar rumah, beraktivitas di dalam rumah akan jauh lebih menghemat keuangan Pins. Seperti tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi, menghemat biaya makan siang dengan masakan rumah, kemudian juga menghemat biaya untuk bersosialisasi di luar rumah seperti di kafe, dan sebagainya. Dengan beraktifitas di rumah justru bisa membuat Pins menghemat biaya pengeluaran dan bahkan menjadikan biaya yang tadinya dipakai beraktivitas di luar rumah untuk tabungan Pins.

Bersenang-senang dengan si kecil juga bisa dilakukan di dalam rumah (Paige Cody/Unsplash)

3. Rumah Sebagai Tempat Hidup
Dalam melakukan sebagian besar aktivitas kehidupannya, manusia menjadikan rumah sebagai tempat untuk hidup, seperti makan, tidur, mandi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu Pins harus mampu mengatur segala sudut rumah agar selalu nyaman.

Apalagi jika sudah lelah beraktivitas seharian di luar rumah seperti bekerja ataupun bersekolah, maka akan sangat menyenangkan ketika pulang ke rumah dengan keadaan rumah yang bersih dan nyaman. Maka istirahat di rumah akan menjadi hal yang Pins nanti-nantikan dibandingkan beristirahat dengan menghabiskan waktu di luar rumah.

4. Rumah Sebagai Identitas Pemiliknya
Selain sebagai tempat sebagai berlindung dan melakukan aktivitas, rumah juga merupakan salah satu identitas bagi sang pemiliknya. Identitas atau jati diri seseorang dapat terlihat bagaimana orang tersebut mengatur rumahnya, bagaimana model rumah yang orang tersebut bangun, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pelajari Bagaimana Cara Membangun Rumah Modern

Status sosial seseorang juga dapat terlihat dari rumah seperti apa yang ia miliki dan di mana lokasi rumah orang tersebut tinggal. Semua akan menggambarkan identitas pemilik rumah tersebut. Maka tidak jarang, banyak orang yang senang mengajak teman-temannya untuk mengunjungi rumahnya atau mengadakan acara di rumahnya untuk menunjukkan status sosial orang tersebut, Pins.

5. Rumah Sebagai Tempat Berkumpulnya Keluarga
Dalam melakukan aktivitas selama berhari-hari tidak jarang sebuah keluarga akan jarang bertemu ataupun berkumpul, di saat seperti itu biasanya akhir pekan akan dijadikan sebagai ajang untuk menghabiskan waktu bersama di rumah. Maka selain sebagai tempat untuk beristirahat, rumah juga merupakan tempat terbaik untuk berkumpulnya keluarga Pins setelah berhari-hari tidak menjalin komunikasi atau melakukan aktivitas bersama.

Rumah adalah tempat berkumpul dan berbagi bersama keluarga (fauxels/Pexels)

6. Mengurangi Polusi
Dengan Pins menghabiskan banyak waktu di rumah, hal tersebut dapat membuat udara di sekitar kita lebih sedikit tercemar oleh polusi. Karena ketika kita berpergian keluar rumah apalagi dengan menggunakan kendaraan maka hal tersebut dapat membuat udara lebih banyak terpapar polusi yang juga akan membuat kita menghirup udara yang tidak sehat tersebut. Oleh karena itu dengan berdiam diri di rumah, hal tersebut dapat mengurangi polusi udara di luar dan juga menjaga kesehatan kita.


Jadi itulah manfaat dari rumah yang kita miliki. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi Pins ya!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel