Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya dan Diperbarui oleh Febrina Putri
Apr 13, 2023
13 menit membaca
Daftar Isi
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang kini banyak dipelajari oleh banyak manusia. Hal ini terkait dengan seiringnya perkembangan zaman yang menjadikan teknologi menjadi hal yang terpenting terutama untuk menunjang kemajuan.
Bagi Pins yang ingin memahami dan ingin mempelajari bahasa pemrograman, hal pertama yang harus Pins pahami adalah algoritma pemrograman. Tujuan ini untuk mengenal tahapan dasar apa itu algoritma pemrograman, dan bagaimana cara penggunaanya. Yuk simak pembahasan di bawah ini.
Di dalam dunia matematika dan komputer, algoritma merupakan sebuah urutan dalam menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman disebutnya dengan urutan yang dapat menyelesaikan masalah pada suatu pemrograman komputer. Dalam dunia pemrograman, hal yang sangat penting untuk dipahami yakni logika kita dalam mengatasi masalah.
Bagaimana? Cara untuk menyelesaiakn suatu masalah pada pemrograman yang akan dibuat.
Sebagai contohnya, banyak sekali permasalahan matematika yang mudah terselesaikan jika dituangkan dalam sebuah tulisan, namun akan cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Karena dalam hal ini, sebuah peran algoritma dan logika pemrograman adalah hal yang sangat penting dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
Untuk algoritma dalam matematika seperti di bawah ini contohnya:
Algoritma untuk menghitung nilai y dari sebuah persamaan y = 3x + 8
Algoritmanya adalah:
Meskipun algoritmanya dapat dibilang jantungnya ilmu komputer, namun kalian jangan beranggapan bahwa algoritma akan selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari, juga terdapat banyak proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Contohnya saja cara memasak mie, cara membuat kue, dan masih banyak lagi.
Jika Pins buat algoritma memasak mie, maka akan seperti pada di bawah ini:
Secara garis besar penyajian algoritma dapat dibagi menjadi dua bentuk yakni tulisan dan gambar.
Pseudocode merupakan sebuah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang pada dasarnya mirip dengan Pascal, atau C, sehingga tepat bisa digunakan dalam menggambarkan suatu algoritma yang akan dihubungkan pada programmer.
Flowcart merupakan bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) pada suatu program atau yang merupakan prosedur pada suatu sistem secara logika. Flowcart umunya digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Baca Juga: Biaya Servis Laptop
Definisi dari algoritma adalah suatu urutan atau alur yang dipakai dalam perhitungan atau pemecahan masalah secara sistematis. Dan dalam aktivitas pemrograman algoritma seringkali dianggap sebagai logika dalam penentuan program yang akan dibuat.
Maksudnya adalah cara berpikir bagaimana untuk memecahkan masalah tersebut, jika harus menggunakan rumus matematika maka dalam program juga harus menggunakan unsur perhitungan. Namun jika hanya menggunakan logika saja, maka dalam program juga harus mengandung unsur logika sederhana.
Penentuan algoritma dalam suatu pemrograman merupakan hal yang paling dasar, oleh sebab itu kita juga harus dapat memhami dan mengetahui tahap awalan dalam pembuatan program. Penyelesaian algoritma dapat dilakukan dengan cara dua bentuk yakni dalam tulisan dan gambar, namun semua itu tergantung dari metode tekniknya atau tahap yang digunakan oleh seorang programmer.
Berikut adalah fungsi dan keuntungan yang didapat, jika kita menggunakan algoritma dalam pemrograman:
Baca Juga: Cara Balik Layar Komputer atau Laptop
Algoritma merupakan sebuah alur atau urutan secara sistematis tujuanya untuk menyelesaikan suatu masalah dan salah satu metode penyampaiannya melalui flowchart.
Dalam hal ini mungkin cukuplah jelas dalam menjadi perbedaan yang paling mencolok terhadap algoritma dan flowchart.
Sedangkan flowchart merupakan sebuah penggambaran atau diagram yang mempunyai satu aliran atau lebih, namun dalam hal itu hanya berlaku secara sekuensial atau saling bisa berkesinambungan.
Selain itu juga umumnya terdapat simbol–simbol tertentu yang menjadi sebuah perwujudan dari setiap masing – masing alur, yang saling berhubungan dengan anak panah.
Mungkin dalam hal ini beda halnya dengan sebuah algoritma pada suatu flowchart yang memiliki fungsi sebagai desain program yang kita telah buat.
Sehingga dalam dua hal ini tidak akan dapat terpisahkan. Desain dari flowchart inilah yang berasal dari pola pikir kita pada sebelumnya (algoritma).
Baca Juga: Aplikasi Screenshot PC Terbaik
Kata algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi, yakni ilmuwan yang berasal Persia yang menuliskan buku berjudul “Al Jabr W’Al-Muqabala” (Rules of Restoration and Reduction) yang publiskan di tahun 825 M.
Dalam sebuah algoritma, alur pemikiran untuk menyelesaikan suatu permasalahan ucapkan secara tertulis.
Hal pertama yang sangat ditekankan yakni sebuah alur pemikiran, sehingga algoritma pada seseorang dapat berbeda dari algoritma orang lain.
Sedangkan penekanan yang kedua yakni tertulis, yang maksudnya pada alur tersebut bisa berupa kalimat, gambar, atau table-tabel tertentu.
Selain itu algoritma juga memiliki beberapa ciri penting, tujuanya agar dapat digunakan untuk menyelesaikan seuatu permasalahan, diantaranya seperti:
Baca Juga: Aplikasi Perpustakaan Android
Tingkatan bahasa pemrograman dapat golongkan menjadi 3 jenis, diantaranya:
|
Dari berbagai bahasa pemrograman, cara memberikan instruksinya berbeda-beda. Meskipun begitu, semuanya bertujuan untuk menghasilkan outpot yang sama.
Program yang biasa ditulis dalam bahasa pemrograman umunya akan dikonversikan ke dalam bahasa mesin penerjemah.
Berikut adalah metode menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin programming:
|
Selain itu dalam penulisan algoritma juga harus terdiri dari 3 bagian diantaranya sebagai berikut:
|
Baca Juga: Aplikasi Pemotong Lagu
Berikut adalah algoritma pemrograman dasar yang wajib kalian kuasai terlebih dahulu. Berikut contoh-contohnya:
Contoh: Algoritma Kelulusan_mhs
Persoalan: Diberikan data berupa nama dan nilai mahasiswa. Jika nilai pada mahasiswa lebih besar atau sama dengan 60.
Maka, mahasiswa tersebut akan dinyatakan lulus. Namun, jika nilainya lebih kecil dari 60, maka mahasiswa tersebut akan dinyatakan tidak lulus.
Algoritmanya akan seperti berikut:
|
Contoh: Algoritma Kelulusan_mhs
Persoalan: Diberikan data berupa nama dan nilai mahasiswa. Jika nilai pada mahasiswa lebih besar atau sama dengan 60.
Maka, mahasiswa tersebut akan dinyatakan lulus. Namun, jika nilainya lebih kecil dari 60. Maka, mahasiswa tersebut akan dinyatakan tidak lulus.
Deklarasi dari tipe datanya. Maka, akan seperti berikut:
|
Algoritmanya akan seperti berikut:
|
Berikut merupakan beberapa contoh dari algoritma flowchart. Fungsi flowchart dalam pemrograman yakni untuk memudahkan programmer ketika merancang pada sebuah program komputer. berikut contoh-contohnya:
Bilangan genap merupakan bilangan bulat yang tidak memiliki sisa jika dibagi dua. Sedangkan untuk bilangan ganjil merupakan bilangan bulat yang tidak akan habis, meskipun dibagi dua (masih ada sisa pembagian).
Tahun kabisat merupakan tahun yang memiliki tambahan 1 hari, bertujuan ini agar kalender bisa menyesuaikan dengan keadaan astronomi.
Ketika tahun kabisat, bulan Februari memiliki 29 hari. Dan tahun tersebut yang bisa untuk dibagi dengan 4, yakni tahun kabisat.
Contoh flowchart ini adalah flowchart dari algoritma kegunaanya untuk menentukan biaya yang harus dibayar oleh pembeli sesudah mendapat diskon 10%.
Syarat untuk bisa mendapatkan diskon yakni jumlah dari total pembelian sebesar Rp.1.500.000,-.
Algoritma flowchart di bawah ini merupakan contoh flowchart untuk menghitung luas dan lingkaran dengan rumus L = πr2:
Algoritma:
Program dimulai
Tentukan nilai phi dan r Hitung L = phi x r2 Cetak Hasil L Program Selesai |
Berikut adalah contoh flowchart program untuk menghitung sebuah luas segitiga, yang diketahui bahwa nilai ALAS = 10 dan nilai TINGGI = 8.
Pada flowchart ini, tujuanya untuk mendapatkan nilai awal dari ALAS dan TINGGI menggunakan kotak proses, karena nilai dari ALAS dan TINGGI telah ditentukan sebelumnya.
Baca Juga: Aplikasi Membuat Video Animasi
Berikut kita akan menggunakan pseudo code yang mendekati bahasa C++, atau dapat kita sebut dengan Pseudo Code C++ Lake.
yang notasinya adalah sebagai berikut :
|
Keterangan:
|
Baca Juga: Aplikasi Desain Grafis
Setelah kita dapat memahami, dan pengertian algoritmanya, berikut adalah jenis jenisnya dan cara membuat algoritma sederhana dengan menggunakan kedua jenis algoritma diatas
Selanjutnya kita akan mengaplikasikan Algoritma tadi kedalam sebuah program dengan menggunakan bahasa C++
Kalai ini saya akan memilih bahasa C++ hal ini karena kemudahannya dalam mengaplikasikan pada algoritmanya dan juga cocok untuk kalian yang sedang belajar bahasa pemrograman dalam tingkat dasar.
Dalam penerapan ini kalian hanya cukup memahami bagaimana algoritma tadi di aplikasikan ke dalam bahasa pemrograman C++
#include iostream
using namescape std; int main() { int a, b, hasil; cin >> a; // masukan nilai a cin >> b; // masukan nilai b hasil = a + b // proses pertambahan antara a dan b cout << hasil; //cetak nilai dari hasil return 0; |
Jika kita mengaplikasikan pada algoritma sebelum membuat suatu program. Tentunya hal teersebut akan dapat memudahkan kita untuk menerapkannya pada program yang akan kita buat.
Sehingga program yang akan kita buat akan jadi lebih terstruktur, efisien dan bisa menghemat memory .
Baca Juga: Aplikasi Cek Hardisk
Algoritma Pemrograman merupakan sebuah kumpulan-kumpulan pernyataan yang dibuat dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah secara sistematis.
Sehingga pada sebuah algoritma tersebut di implementasikan melalui bahasa pemograman.
Kali ini saya akan Membahas Pemrograman C, dapat juga menggunakan Software Borland c++.
Baca Juga: Apa Itu O2O Online to Offline
Struktur program,Variabel, dan Tipe Data
<preprocessor directive>
void main(){ <statement>; <statement>; … } /*program C/C++ pertama saya */ >Komentar #include <stdio.h> #include <conio.h> >Preprocessor
main() { >Pembuka Blok //menampilkan tulisan printf (“Programku”); >Statement printf (“\\\\\\\\nDan harus bilang WAW”); getch(); } >Penutup Blok |
Preprocessor
# include
|
Contoh penulisan:
# include “stdio.h”
# include “File1.h” atau # include <stdio.h> # include <File1.h> |
# define
Contoh penulisan:
# define RI “Republik Indonesia”
# define PBG “Purbalingga” # define pi 3.14 |
Tipe Data
Integer
Bilangan bulat
Float
Character
> Karakter
◦ Karakter dengan tanda ‘ (petik tunggal) untuk karakter tunggal. Contohnya: ‘A’, ‘a’, ‘4’ ◦ Karakter dengan tanda “ (petik ganda) untuk rangkaian karakter (string). Contohnya: “Semarang 2013” |
Variabel
> Suatu pengenal pada identifier yang digunakan untuk mewakili pada suatu nilai-nalai tertentu di dalam proses program.
> Nilainya dapat berubah-ubah > Variabel kebalikan dari KONSTANTA. |
Aturan Penulisan Variabe:
> Variabel diawali dengan huruf (A..Z, a..z) atau karakter garis bawah (_).
> Dapat berupa huruf, angka (0..9), karakter garis bawah, atau tanda dolar ($). > Panjang variabel boleh lebih dari 32 karakter (namun hanya 32 karakter pertama yang dianggap). > Tidak ada spasi > Case sensitive, huruf besar dan kecil dibedakan > Variabel tidak boleh menggunakan nama yang tergolong sebagai kata kunci atau (key word) yang sudah ada di C++ |
Misal: and, struct, xor, dll
Keyword merupakan sebuah identifier yang biasa ditulis dalam huruf kecil yang sudah didefinisikan oleh bahasa C. Menurut standar ANSI, terdapat 32 keyword dalam bahasa C.
Deklarasi Variabel:
> Bentuk:
<tipe data> <nama> nilai dalam tanda [ ] bersifat optional. contoh: int angka1; float nomor2; char burung3; |
CONTOH PROGRAM:
#include <stdio.h>
#include <conio.h> main() { int a = 7; char b = ‘D\\\\\\\’; printf (“%c”,b); printf (“\\\\\\\\nMerupakan abjad yang ke- %d”,a); getch(); } |
Demikian pengenalan kita terhadap program C.
Baca Juga: Jenis Pasir dan Manfaatnya Untuk Kehidupan
Algoritma Luas_Keliling_Lingkaran (ini merupakan judul algoritma)
{ Menghitung luas dan keliling untuk ukuran jari-jari yang tertentu. Algoritma menerima masukkan jari-jari lingkaran, menghitung luas dan kelilingnya, serta mencetak luas lingkaran ke piranti outpot pengeluaran }
(ini spesifikasi algoritma)
Nah, itu dia pembahasan mengenai algoritma pemrograman dasar yang lengkap beserta contohnya, semoga pembahasan kali ini dapat memberikan pencerahan untuk anda. Terima Kasih!
Baca Juga: Tips Berkunjung ke Pameran Properti
—————————————
Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Sharia Islamic Soreang di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.