Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Berkunjung ke Pameran Properti, Simak Dulu Tips Berikut Ini

Berkunjung ke Pameran Properti, Simak Dulu Tips Berikut Ini

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 2 December 2021 ∙ 4 menit membaca

Berkunjung ke pameran properti bisa jadi kegiatan paling exciting dalam proses membeli rumah. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kunjunganmu gak cuma jadi ajang ngumpulin brosur!

Pinhome – Oke ya Pins, sudah memutuskan untuk membeli rumah. Mungkin ini rumah pertama, atau bisa jadi Pins ingin menambah aset. Dana sudah disiapkan, rumah sudah terbayang, tinggal datang ke pameran. Eits, sabar dulu! Di pameran properti nanti akan datang ratusan, bahkan ribuan orang. Pesertanya pun datang dari berbagai tempat, menawarkan banyak deals, dan promo menarik. Pernah dengar “terlalu banyak pilihan malah bikin jadi bingung”? Nah, itulah yang bakal terjadi kalau Pins berkunjung ke pameran properti tanpa persiapan.

Biar gak kebingungan di sana, simak dulu tips mengunjungi pameran properti dari Pinhome!

1. Tentukan dulu lokasi yang diinginkan

(Stiebp)

Hal pertama yang harus Pins siapkan adalah gambaran tentang lokasi rumah yang diinginkan. Tak masalah jika ada beberapa pilihan. Misalnya, Pins ingin rumah minimalis di sekitar Tangerang atau Depok atau Bogor. Maka, fokuskan pencarian di sekitar tiga lokasi tersebut. Jadi, Pins tidak membuang waktu mengunjungi booth satu persatu untuk mencari properti yang diinginkan.

Baca Juga: Panduan Mengajukan KPR KPA di Aplikasi Pinhome

2. Tentukan tipe rumah dan anggarannya

Menentukan tipe rumah akan sangat membantu Pins untuk fokus mencari hunian idaman. Mau apartemen atau rumah? Kalau apartamen mau yang tipe berapa? Atau mungkin unit apartmen menghadap ke mana? Jika mencari rumah, tipe berapa? Bagaimana jika rumah tersebut masih inden? Atau Pins ingin rumah baru yang sudah jadi? Setelah semua sudah ditentukan, baru kita berbicara tentang anggarannya. Penting bagi kita untuk mencari tahu harga pasar terkini untuk properti tersebut, supaya kita tidak shock dengan harga yang ditawarkan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Rumah dengan KPR

3. Tentukan metode pembayaran yang paling sesuai dengan kemampuan

(Pixabay)

Berbicara tentang transaksi properti tentu tidak akan lepas dari investasi yang harus Pins keluarkan. Makanya, menentukan metode pembayaran yang paling ideal sangat krusial. Apakah kita nyaman dengan KPR? Berapa tahun cicilan yang Pins anggarkan? Berapa besar uang muka yang mampu kita keluarkan? Oh ya, jangan lupa selalu pasang mata! Di pameran properti bakal banyak developer yang mengadakan promo-promo menarik.

Baca Juga: Tips Mengecat Ulang Dinding Rumah untuk Pemula

4. Pelajari lebih jauh tentang developer atau pengembang

Membeli rumah adalah investasi jangka panjang dengan jumlah yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu mengecek reputasi pengembang, ya! Pastikan bahwa kita dapat mempercayai reputasi pengembangtersebut. Pengembang besar tentu sudah memiliki banyak proyek yang tersebar di mana-mana dan investasi yang Pins keluarkan akan lebih aman. Namun, jika Pins ingin membeli rumah yang sudah jadi, tak masalah untuk memilih pengembang yang menawarkan propertinya dengan harga menarik.

Baca Juga: Harga Jasa Bangun Rumah Murah

5. Siapkan dokumen-dokumen untuk persyaratan KPR

(Maucash)

Pameran properti tak hanya dikunjungi oleh developer saja, Pins! Banyak bank juga mengikuti event ini untuk memasarkan program KPR yang mereka miliki. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Pins datang ke pameran properti membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan KPR. Selain mempercepat proses pengajuan, biasanya bank juga mengadakan promo-promo khusus di acara tersebut.

Itu tadi tips-tips yang bakal bermanfaat jika Pins ingin berkunjung ke pameran properti. Kalau belum sempat mampir ke sana, tenang, masih ada Pinhome! Pinhome memudahkan seluruh proses transaksi properti, mulai dari memilih lokasi dan tipe rumah, konsultasi dengan agen terpercaya, hingga pendampingan dari awal hingga penandatanganan akad selesai. Semuanya diatur dari satu aplikasi saja!

Baca Juga: Detail Pondasi Cakar Ayam untuk Rumah 2 Lantai


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel