20 Kisaran Biaya Servis Laptop Sesuai Dengan Jenis Kerusakannya

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ December 7, 2022 ∙ 8 menit membaca

Pins sering bingung ketika laptop eror dan berencana untuk memperbaikinya tetapi tidak tahu harga yang pasti? Setiap biaya servis laptop tentu memiliki harga yang berbeda-beda, bergantung pada aspek kerusakannya. Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu bagian mana pada laptop yang mengalami kerusakan dan biaya yang dibutuhkannya. Misalnya kerusakan pada motherboard, layar laptop, speaker, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan kerusakan pada software, biasanya hardware laptop yang rusak akan memiliki harga yang lebih mahal. Seperti halnya jika motherboard atau grafis pada laptop rusak, tentu biaya servis laptop akan sangat tinggi Pins. Yuk, simak kisaran harga untuk servis laptop berdasarkan kerusakannya berikut ini!

Baca juga:

Biaya Servis Laptop dan Jenis Kerusakannya

Setiap jenis kerusakan pada laptop memiliki biaya perbaikan yang berbeda-beda Pins! Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat daftar biaya servis laptop dan jenis kerusakannya di bawah ini.

Jenis KerusakanBiaya Perbaikan
Install Ulang50 ribu hingga 150 ribu Rupiah
Flash Bios100 ribu hingga 300 ribu Rupiah
Ganti LCD Laptop700 ribu hingga 1,5 juta Rupiah
Mengganti Speaker Laptop200 ribu hingga 500 ribu Rupiah
Ganti RAM250 ribu hingga 800 ribu Rupiah
Ganti Keyboard300 ribu hingga 500 ribu Rupiah
Memperbaiki Harddisk600 ribu hingga 800 ribu Rupiah
Mengganti Baterai Laptop150 ribu hingga 500 ribu Rupiah
DVD Susah Terbaca180 ribu hingga 250 ribu Rupiah
Biaya Ganti Chipset Laptop500 ribu hingga 700 ribu Rupiah
Mengganti Motherboard700 ribu sampai 3 juta Rupiah
Mengganti Engsel Layar100 ribu hingga 200 ribu Rupiah
Biaya Ganti Kabel Fleksibel Laptop200 ribu hingga 450 ribu Rupiah
Mengganti Kipas Laptop Bunyi100 ribu sampai 300 ribu Rupiah
Biaya Mengganti Thermal Paste LaptopBerkisar 150 ribu Rupiah
Biaya Mengganti IC Power di LaptopBerkisar 200 ribu Rupiah
Biaya Mengganti Touchpad200 ribu hingga 400 ribu Rupiah
Mengganti Casing Laptop200 Ribu hingga 800 ribu Rupiah
Mengganti USB Port100 ribu hingga 200 ribu Rupiah

Install Ulang

(Pemmzchannel)

Install ulang laptop hanyalah masalah kerusakan yang berhubungan dengan sistem operasi. Umumnya hal ini dilakukan ketika laptop kamu sudah terasa lambat karena terlalu banyak data atau karena terkena adware.

Biaya untuk jasa service laptop ini mulai dari 50 ribu hingga 150 ribu rupiah. Tergantung sistem operasi apa yang ingin digunakan. Untuk masalah sistem, terutama Windows 7, Pins bisa mencoba untuk mengatasinya melalui safe mode Windows 7

Flash Bios

Melakukan flash bios sebenarnya hampir mirip dengan install ulang laptop karena sama-sama berhubungan dengan sistem operasi. Perbedaannya adalah install ulang dilakukan dengan menyimpan sistem operasi di hard drive sedangkan flash bios di motherboard.

Harga flash bios di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung biasanya mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu. Harganya lebih mahal dari install ulang karena flash bios membutuhkan alat khusus.

Mengganti LCD Laptop

Biaya servis laptop yang berikutnya sudah pasti lebih mahal karena kamu harus mengganti bagian utama dari laptop yaitu layar atau LCD. Umumnya LCD laptop harus diganti ketika sudah mulai bergaris, pecah, atau buram dan mengganggu ketika sedang digunakan. Harga LCD laptop sendiri cukup beragam, tergantung dari merk dan ukuran layar laptop.

Namun estimasi biaya perbaikan mulai dari mengganti hingga memasang LCD baru adalah sekitar 700 ribu hingga 1,5 juta rupiah. Semakin lebar layar laptop yang Pins gunakan, tentu semakin besar pula biayanya.

Mengganti Speaker Laptop

(TipsPintar.com)

Kerusakan di bagian speaker laptop bisa disebabkan oleh 2 faktor yaitu pada sistem atau speaker-nya itu sendiri. Jika laptop tidak bisa mengeluarkan suara karena sistem yang corrupt, cara memperbaikinya cukup dengan memasang ulang driver di laptop dan harganya hanya sekitar 50 ribu. Tetapi jika harus mengganti speaker, kamu harus menyiapkan di atas 300 ribu rupiah untuk membeli speaker yang baru.

Baca juga: 7 Cara Membuat Hotspot di Laptop, Mudah!

Mengganti RAM

Jika laptop yang kamu gunakan mengeluarkan tulisan tiap kali dinyalakan, artinya RAM pada laptop tersebut bermasalah. Baik itu karena kendur, memasangnya tidak pas, maupun karena rusak dan harus diganti.

Harga RAM laptop dengan kapasitas 2GB biasanya mulai dari 250 ribu rupiah. Sedangkan yang berkapasitas 4GB harganya mulai dari 400 ribu. Biaya yang sama juga berlaku ketika kamu ingin menambah kapasitas RAM di laptop.

Mengganti Keyboard

Harga service keyboard laptop tentu sangat beragam Pins, tergantung dari merk laptop yang sedang digunakan. Misalnya harga service keyboard laptop Lenovo yang tidak bisa bisa digunakan untuk mengetik biayanya mulai dari 80 hingga 150 ribu. Sedangkan jika harus diganti, biaya yang perlu kamu siapkan mulai dari 300 ribu hingga 500 ribu rupiah belum termasuk jasa pemasangan.

Memperbaiki Harddisk

(Liputan6)

Biaya servis laptop pada bagian harddisk umumnya tidak lebih dari 200 ribu. Namun harddisk yang sudah di servis biasanya tidak bisa bertahan lama hingga harus diperbaiki kembali.

Oleh karena itu, Pins disarankan untuk mengganti saja harddisk lama dengan yang baru maupun yang dijual dalam kondisi second-hand. Harddisk ukuran 500 GB bekas harganya mulai dari 400 ribu rupiah. Sedangkan yang kondisi baru harganya mulai dari 600 hingga 800 ribu.

Mengganti Baterai Laptop

Harga baterai laptop berkisar antara 150 hingga 500 ribu rupiah. Tergantung dari jenis laptop dan merk yang Pins gunakan. Jika baterai yang digunakan saat ini sering kali mengalami drop disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

DVD Sulit Terbaca

Jika DVD Writer susah terbaca, kamu bisa mencari tempat servis laptop terdekat untuk memperbaikinya dengan mengganti optik baru pada spare part tersebut. Umumnya harga optik DVD di laptop adalah 180 ribu hingga 250 ribu rupiah.

Mengganti Chipset Laptop

Chipset atau processor pada laptop yang rusak harus diganti dengan spare part baru. Harga chipset pengganti ini mulai dari 500 ribu hingga 700 ribu rupiah dan belum termasuk biaya pemasangan. Biaya servis laptop pada bagian chipset ini juga berbeda-beda di setiap daerahnya.

Mengganti Motherboard

(Computer Troubleshooter)

Harga service motherboard laptop adalah yang paling mahal dibandingkan biaya servis laptop dari jenis kerusakan lainnya. Hal itu karena motherboard adalah bagian utama dalam laptop yang paling penting dan berisikan komponen-komponen kecil.

Jika motherboard rusak, biaya perbaikannya bisa mencapai 3 juta rupiah untuk kerusakan fatal. Pins biasanya akan disarankan membeli laptop baru yang harganya lebih murah dibandingkan biaya servis jika kemungkinan untuk bisa diperbaikinya kecil.

Mengganti Engsel Layar

Berbeda dengan biaya mengganti LCD laptop, harga perbaikan engsel layar jauh lebih murah. Estimasi biaya mengganti engsel layar laptop hanya 100 hingga 200 ribu rupiah saja jika tidak ada kabel-kabel yang harus ikut diganti juga.

Mengganti Kabel Fleksibel Laptop

Biaya servis laptop untuk mengganti kabel fleksibel berkisar dari 200 hingga 450 ribu rupiah. Namun jika kabel hanya kendur dan tidak perlu diganti, biaya perbaikannya tidak akan lebih dari 150 ribu.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang Dengan Mudah

Mengganti Kipas Laptop

(Tech News Today)

Kipas laptop rusak atau mengeluarkan bunyi bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena kipas kotor, ada debu atau kotoran yang tersangkut, juga karena salah satu kipas ada yang patah. Jika masalahnya disebabkan karena kipas patah, pastinya kamu harus mengganti kipas laptop dengan yang baru.

Harga kipas laptop sendiri mulai dari 100 hingga 250 ribu berikut dengan biaya pemasangan. Namun jika hanya kotor dan perlu dibersihkan saja, biaya servisnya hanya sekitar 50 hingga 175 ribu.

Baca juga: 

Mengganti Thermal Paste Laptop

Estimasi biaya mengganti thermal paste atau pasta pendingin laptop hanya 150 ribu saja. Proses pengerjaannya juga bisa ditunggu selama kurang lebih 1 jam saja Pins. Selain harganya murah, bagian ini juga tidak sulit untuk ditemukan di tempat spare part laptop.

Mengganti IC Power di Laptop

IC power laptop juga memiliki peranan yang cukup penting pada perangkat. Jika memang harus diganti, estimasi biaya yang harus Pins persiapkan adalah sekitar 200 ribu termasuk pemasangan IC baru. Harga tersebut juga mungkin berbeda di daerah lain.

Mengganti Touchpad Laptop

(BAKTI Kominfo)

Touchpad pada laptop merupakan salah satu komponen yang cukup penting Pins! Tanpa adanya touchpad, kamu tidak akan bisa menggerakan kursor tanpa menggunakan mouse. Untuk biaya servis nya berkisar antara 200-400 ribu Rupiah.

Mengganti Casing Laptop

Apakah casing laptop Pins mulai mengalami kerusakan? Jika casing sudah mulai mengelupas atau tergores yang cukup banyak, kamu disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Untuk estimasi biayanya berkisar di harga 200 ribu hingga 800 ribu Rupiah Pins, bergantung pada merk dan jenis laptop yang digunakan.

Mengganti Port USB

Port USB memiliki peranan yang cukup penting pada laptop, yaitu sebagai alat untuk menghubungkan hardware lain pada laptop. Untuk itu, jika mengalami kerusakan, Pins sebaiknya segera memperbaikinya. Biaya servis laptop untuk port USB sekitar 100-200 ribu Rupiah.

Mengembalikan Data yang Hilang

Untuk melakukan data recovery atau mengembalikan data yang hilang tarifnya akan berbeda-beda. Bergantung pada jenis laptop, lokasi, dan data tersebut. Umumnya, tarif untuk melakukan data recovery adalah sekitar 50 ribu hingga 200 ribu Rupiah.

Itulah beberapa biaya servis laptop bergantung pada kerusakan yang dialami oleh perangkat. Namun, Pins bisa melakukan survey terlebih dahulu ke tempat servis, karena biayanya biasanya akan berbeda-beda.

Baca juga:

Featured Image Source: Wefixit.id


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia