BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas
0
0

12 Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Rumah Tipe 36top-right-banner

Rumah type 36 salah satu rumah yang banyak diminati orang Indonesia. Harga rumah yang tidak terlalu tinggi namun Pins sudah bisa mendapatkan dua kamar menjadi alasan utama kenapa rumah ini populer. Namun beberapa orang masih mencari cara bagaimana membuat desain rumah type 36 agar terlihat luas tanpa harus memperbesar ruangan.

Bagi Pins yang binung bagaimana mebuat desain rumah type 36 agar terlihat luas. Pinhome telah membuat 12 ide desain rumah yang bisa Pins jadikan referensi.

Baca Juga:

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Cermin Besar

desain rumah type 36 agar terlihat luas
Source : Solusi Ruma

Menggunakan cermin besar pada rumah tidak hanya berfungsi untuk berdandan saja. Namun cermin besar akan memberikan ilusi optik yang membuat otak berpikir rumah terlihat lebih luas. Penggunaan cermin besar pada rumah juga sudah sering diadaptasi oleh developer perumahan minimalis.

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Furnitur Kecil

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Furnitur Kecil
Source : Harbor Cottage

Sederhananya jika Pins menggunakan furnitur berukuran kecil, Pins akan memberikan kesan luas pada ruangan. Selalu sisakan sedikit ruang antara furniture dengan dinding. Hal ini akan membuat otak memberikan kesan lapang pada ruangan.

Selain itu hindari penggunaan barang-barang besar yang memakan tempat seperti sofa, kursi dan sebagainya. Pastikan Pins menggunakan furnitur yang memang berguna saja pada ruangan.

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Furnitur Rendah

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Furnitur Rendah
Source : Matthe Williams Photographer

Penempatan furnitur dekat dengan tanah atau lantai akan menciptakan ilusi pada otak. Dengan furniture yang dibuat rendah ruang akan terlihat punya banyak ruang pada bagian atas. Cara ini seringkali digunakan pada rumah di abad ke 19.

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Furnitur Lentur

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Furnitur Lentur
Source : Matthew Williams Photographer

Sama seperti furniture lainnya, menggunakan furniture lentur akan menciptakan ilusi pada otak. Dengan furniture lentur, otak akan merasa ruangan menjadi lebih besar karena keterbukaan dan gerakan. Hal ini dikarenakan cahaya akan lebih banyak masuk dan melewati funritur sehingga otak menganggap furniture terlihat ramping.

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas Tanpa Tirai

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas Tanpa Tirai
Source : Matthew Williams Photographer

Adanya tirai membuat pandangan Pins akan terhalang dari pemandangan luar. Sama seperti cermin, jika Pins menghilangkan tirai pada jendela. Pins akan melihat rumah lebih luas karena efek pemandangan di luar rumah. 

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Warna Putih

rumah putih
Source : Pinterest

Menggunakan cat rumah berwarna putih akan merefleksikan cahaya. Warna putih akan membuat ruangan terasa lapang, ringan, tenang dan tentram. Pins bisa membuat seluruh ruangan seperti dinding dan langit-langit full putih. Hal ini akan membuat mata merasa rumah menjadi luas karena tidak ada batasan antara dinding dan langit-langit.

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Dinding Vertikal

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Dinding Vertikal
Source : remodelista

Membuat dinding dengan menekankan sisi vertikal akan memberikan ilusi pada otak. Dengan dinding yang memperlihatkan sisi vertikal, Pins akan menganggap ruangan menjadi jauh lebih terbuka. 

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Dinding Horizontal

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Dinding Horizontal
Source : Matthe Williams Photographer

Berbeda dengan dinding vertikal yang menciptakan perasaan keterbukaan. Dengan menekankan dinding pada sisi horizontal akan membuat otak menciptakan perasaan gerakan. Pins bisa menggunakan dinding yang menciptakan sisi horizontal dan menggunakan furnitur panjang. 

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Satu Jalur

satu jalur
Source : Matthe Williams Photographer

Pins bisa merencanakan rumah dengan satu jalur untuk pelewatan. Jika Pins membuat jalur yang tidak dalam satu trek, Pins akan menganggap rumah menjadi terasa lebih sesak. Dengan satu jalur, rumah akan terlihat lebih lapang.

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Kain Linen

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Kain Linen
Source : Studio Oink

Untuk membuat desain rumah type 36 agar terlihat luas bisa Pins gunakan kain linen pada tirai. Kain linen memiliki bahan yang ringan dan terlihat oleh mata. Hal ini membuat otak merasa ruangan menjadi lebih lapang.

Baca juga: 13 Rekomendasi Warna Keramik Lantai Ruang Tamu

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Tempat Penyimpanan

tempat penyimpanan
Source : Future

Menggunakan tempat penyimpanan akan menghemat banyak ruang. Karena Pins bisa menyingkirkan barang-barang yang tidak berguna di ruangan. Pins bisa gunakan tempat penyimpanan yang estetik agar bisa terlihat lebih rapih dan cantik.

Desain Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas dengan Ruangan Terbuka

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka
Source : dailymail

Membuat ruangan terbuka tentu akan menambah luas ruangan. Pins bisa menggabungkan dapur dan living room agar bisa menghemat ruang. Selain itu Pins juga menggabungkna dua ruangan lainnya.

Baca juga: 15 Model Cermin Dinding Ruang Tamu

Tips dan Inspirasi Desain Rumah Tipe 36

Untuk Pins yang masih bingung dengan model rumah tipe 36, berikut ini beberapa tips dan inspirasi yang bisa diaplikasikan dengan mudah:

balkon belakang rumah
Source : Canva

Perhatikan Sirkulasi Udara

Meskipun desain rumah diatas cukup kecil, tetap menggunakan standar rumah sehat untuk sirkulasi udaranya. Rumah kecil yang mendapatkan sirkulasi udara banyak akan jauh lebih sehat dibanding rumah besar namun minim sirkulasi udara. Buatlah ventilasi udara yang baik pada desain yang akan dirancang. Bagaimana pun aspek sirkulasi udara menjadi indikator kesehatan para penghuni di dalam rumah. Jadikan rumah kecil Anda sebagai rumah yang sehat.

Tips Desain Rumah Tipe 36 dengan Aspek Pencahayaan yang Tepat

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan pada desain rumah kecil adalah pencahayaannya. Buat lah desain jendela atau ruangan yang sedikit transparan namun tetap aman. Sehingga efek pencahayaan bisa masuk ke ruangan dalam rumah dengan mudah. Efek pencahayaan yang baik juga akan membantu kesehatan para penghuni rumah.

Memilih Furnitur yang Penting Saja

Desain rumah tipe 36 sebetulnya mengajak para penghuninya untuk bisa hidup hemat. Yaitu dengan cara tidak terlalu banyak meletakkan berbagai furniture rumah yang kurang penting. Pilih lah furniture rumah yang betul-betul dibutuhkan seperti meja dan kursi serta hiasan secukupnya atau rak kecil. Jangan terlalu banyak meletakkan furniture-furniture tidak penting di sudut-sudut ruangan ataupun dinding.

Gunakan Pembatas Ruangan

Untuk desain rumah yang kecil, Anda bisa menambahkan sedikit pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga. Pembatas yang tidak permanen akan lebih mudah dipindahkan bila mana Anda membutuhkan ruangan yang lebih luas untuk acara keluarga tertentu.

Itualah 12 ide desain rumah type 36 agar terlihat luas dan tips membuatnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 12 Rekomendasi Karpet Lantai Ruang Tamu yang Menarik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download