10 Laptop untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan Terbaik 2021

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi ∙ 6 December 2021 ∙ 11 menit membaca

Kebutuhan akan desain grafis saat ini sangatlah tinggi, apalagi bagi Anda yang memang bekerja di bidang mendesain seperti desain bangunan atau iklan. Tentunya untuk menunjang hal ini Anda butuh laptop mumpuni, dimana ada banyak laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan yang bisa dipilih.

Di harga ini laptop sudah menyediakan spesifikasi sangat mumpuni, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan saat Anda mendesain. Bahkan untuk menjalankan aplikasi desain grafis yang berat sekalipun.

Tips Memilih Laptop Terbaik untuk Kebutuhan Desain Grafis

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop, khususnya bagi Anda yang butuh laptop dengan kemampuan desain grafis yang baik. Maka Anda perlu tahu terlebih dahulu beberapa hal yang mesti Anda perhatikan, untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak tips yang ada di bawah ini:

1. Ketahui Spesifikasi yang Dibutuhkan

Ketahui Spesifikasi yang Dibutuhkan

Hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu ialah dengan memperhatikan spesifikasi minimal yang dapat Anda gunakan untuk melakukan desain grafis. Sebenarnya semua laptop sudah terbilang sangat mumpuni dan memiliki spesifikasi yang canggih.

Namun, hanya ada beberapa laptop yang menawarkan spesifikasi lebih, seperti chipset yang dapat menampilkan gambar detail, penggunaan yang responsif, dan dapat menjalankan aplikasi dengan baik. Hal seperti ini terlihat sepele, namun memiliki pengaruh besar saat Anda melakukan desain.

Tentunya di harga 5 jutaan Anda bisa lebih berharap banyak, karena sebagian besar laptop dengan harga tersebut sudah mulai menawarkan lebih banyak kelebihan. Di sini Anda hanya perlu memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan desain yakni melakukan desain grafis.

2. Perhatikan Spesifikasi Layar Laptop

Perhatikan Spesifikasi Layar Laptop

Bukan hanya spesifikasi mesin atau fitur-fiturnya saja yang harus Anda perhatikan, namun ketahui pula jenis-jenis layar yang bagus untuk desain grafis. Misalnya layar LCD atau LED, high frame tinggi, hingga penggunaan kartu grafis NVIDIA Geforce.

Semakin bagus spesifikasi layar laptop yang Anda pilih, maka semakin nyaman pula saat Anda melakukan desain. Dimana setiap detail editing desain akan lebih jelas serta terlihat nyata, sehingga akan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi saat Anda melakukan desain tersebut.

Jangan lupa juga untuk memilih laptop dengan kepadatan colour yang tinggi, hal ini juga penting agar Anda bisa dengan mudah membedakan warna yang sesuai keinginan klien. Apalagi di zaman sekarang jumlah warna sangatlah banyak dan biasa menjadi poin penting saat melakukan desain.

3. Pilih Laptop dengan Memori yang Lega

Pilih Laptop dengan Memori yang Lega

Kebutuhan desain grafis pastinya membutuhkan penyimpanan lega, dimana Anda membutuhkannya untuk menyimpan file mentahan ataupun hasil desain yang Anda lakukan. Mengingat file desain bisa memiliki ukuran yang terbilang sangat besar.

Ditambah lagi setiap aplikasi atau software desain grafis, biasanya juga mempunyai ukuran jumbo beserta file-file penting yang juga sangat banyak. Sehingga bila laptop Anda tidak memiliki memori yang besar, maka Anda akan kerepotan melakukan backup atau menyalin data yang tersimpan.

Saat melakukan desain, setidaknya Anda akan menginstall beberapa aplikasi editing secara bersamaan. Tentunya secara tidak langsung dapat pula menambah beban atau kapasitas yang akan ditampung oleh penyimpanan yang Ada di laptop Anda.

4. Pilih Laptop dengan Daya Tahan Baterai Baik

Pilih Laptop dengan Daya Tahan Baterai Baik

Membuat project desain grafis memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Di sini Anda juga harus mengimbanginya dengan memilih laptop dengan daya tahan baterai sangat awet, supaya Anda tidak sering melakukan charge.

Hal ini karena bila laptop sering dilakukan charge setiap harinya, maka juga akan mengurangi kemampuan baterai tersebut. Bahkan tidak memungkinkan ia akan memiliki usia pendek dan malah akan merusak laptop tersebut.

Apalagi dengan memilih laptop dengan baterai besar, Anda dapat menggunakannya dengan lebih nyaman. Dimana Anda bisa membawanya bepergian atau tidak perlu khawatir bila di sekitar Anda tidak ada colokan charge lagi.

Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan Terbaik

Di harga 5 jutaan sendiri terhadap banyak sekali pilihan laptop yang bisa Anda beli, dimana setiap tipe laptop memang mempunyai kelebihannya tersendiri. Nah, bagi Anda yang penasaran, maka Anda bisa menyimak rekomendasi laptop yang cocok untuk desain grafis berikut ini:

1. Asus X441UA-WX099D (Rp5.150.000)

Asus X441UA WX099D

Berbekal RAM 4GB dengan processor Intel core i3, membuat seri Asus yang satu ini patut untuk Anda lirik sebagai laptop dengan kemampuan desain grafis baik. Mengingat dengan spesifikasi tersebut Anda sudah dapat menjalankan berbagai aplikasi editing.

Laptop ini telah didesain dengan mengikuti permintaan atau saran konsumen, sehingga Anda akan mendapatkan laptop yang lebih compact. Namun, di dalamnya memiliki processor yang mumpuni dan dapat memenuhi semua harapan Anda.

Selain itu, laptop ini juga mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 500 GB. Tentunya dengan ukuran tersebut dapat Anda gunakan dengan lebih leluasa, baik untuk menginstall berbagai aplikasi tambahan, menyimpan desain, ataupun kebutuhan lainnya.

Di pasaran harga Asus ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, dimana Anda bisa mendapatkannya di harga kisaran Rp5.150.000. Harga tersebut termasuk murah ketimbang laptop terbaru 5 jutaan lainnya.

2. Acer Aspire 341S (Rp4.999.000)

Acer Aspire 341S

Acer menjadi brand atau merk berikutnya yang bisa Anda pilih, salah satunya ialah Acer Aspire seri 341S. Seri ini memiliki keunggulan yang lebih banyak, mulai dari processor yang tangguh, layar dengan NVIDIA Geforce, dan lain sebagainya.

Sebenarnya laptop ini dibuat khusus untuk kebutuhan gaming, bahkan Acer mengklaim laptop ini lebih baik 20% saat digunakan bermain game. Tentunya bila bermain game berat saja sudah sangat bisa di laptop ini, maka tidak akan masalah untuk Anda gunakan dalam menjalankan aplikasi desain.

Terlebih Acer Aspire 341S memiliki desain yang cukup lebar, sehingga sangat nyaman untuk Anda gunakan dalam jangka waktu lama. Bentuknya yang simpel dan modern pasti akan membuat Anda betah berlama-lama menggunakan laptop ini untuk kebutuhan desain grafis.

Bila Anda tertarik dengan laptop dari Acer ini, maka Anda bisa membawanya pulang dengan harga kisaran Rp4.999.000 saja. Harga yang terbilang murah untuk laptop yang menggunakan Core i3, NVIDIA Geforce, dan 20% optimasi software berat.

3. HP PAVILION 14 DK1025WM (Rp5.950.000)

HP PAVILION 14 DK1025WM

Selanjutnya ada laptop besutan HP yang cukup diminati masyarakat yaitu HP Pavilion 14, dimana laptop ini memiliki spesifikasi khusus di bidang multimedia. Salah satunya untuk Anda yang ingin menggunakan laptop tersebut sebagai alat Anda untuk melakukan desain grafis.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan telah disematkannya AMD Radeon R5, sedangkan di sisi processor telah membawa Intel Core i3. Paduan tersebut dapat menghasilkan performa serta tampilan sangat keren di layar laptop HP Pavilion 14 ini.

Kelebihan lainnya datang dari penggunaannya yang sangat enteng, bahkan saat digunakan dalam jangka waktu yang lama sekalipun laptop ini sangat minim terasa panas. Sehingga cocok untuk menjalankan software desain grafis yang berat dan belum tentu bisa dijalankan di laptop lainnya.

Sama seperti laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan lainnya, HP Pavilion 14 juga memiliki harga di kisaran 5 juta. Namun, lebih spesifiknya di Rp5.950.000 tergantung pilihan penyimpanan yang Anda pilih, dimana Anda bisa memilih penyimpanan 500GB atau 1TB.

4. Asus VivoBook Max X441BA (Rp4.950.000)

ASUS VIVOBOOK MAX X441BA

Laptop dari Asus selalu menawarkan pengalaman tersendiri dalam penggunaannya, demikian pula dengan laptop seri terbarunya Asus VivoBook Max. Laptop ini sendiri sangat unggul dalam segi performa dan multimedia yang dibawanya.

Tak heran bagi Anda yang sedang membutuhkan laptop untuk kebutuhan desain grafis, maka laptop ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Apalagi ia didukung dengan adanya penyimpanan hingga 1 TB HDD.

Selain itu, Asus VivoBook Max membawa spesifikasi tinggi, seperti RAM 4 GB, NVIDIA Geforce, processor i3, dan masih banyak lainnya.

Namun sayangnya, laptop ini hanya memiliki layar berukuran 14 inci, dimana ukuran tersebut tidak terlalu besar bila Anda gunakan di bidang desain grafis.

Namun, bagi Anda yang memang sudah suka dengan laptop compact, maka Asus ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Apalagi dengan semua spesifikasi yang dibawanya, Asus VivoBook Max hanya dibanderol dengan harga Rp4.950.000 saja.

5. HP 14-bw001AX (Rp5.449.000)

HP 14 bw001AX

Satu lagi produk dari HP yang bisa Anda pilih di harga 5 jutaan, produk ini memiliki seri HP 14 – bw001AX. Dengan seri ini, HP berharap dapat menyasar pasar yang lebih kearah digitalisasi. Seperti banyaknya anak muda yang bekerja sebagai content creator.

Di sini bagi Anda seorang yang bergelut di bidang desain grafis, membuat laptop ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Beda dengan laptop lain di kelasnya yang hanya memiliki RAM 4GB, laptop ini bisa Anda upgrade dengan RAM 8GB.

Tentunya dengan RAM besar tersebut akan sangat mumpuni untuk kebutuhan digital saat ini, dimana ia juga dibekali processor canggih dari AMD A9 Quad Core dengan dibekali AMD Radeon R5 di segi grafisnya.

Meskipun dibekali dengan processor dan RAM yang lebih baik daripada laptop lain di kelasnya, HP 14 ini tetap memiliki harga yang sangat bersaing. Harganya sendiri dipasarkan antara Rp5.449.000 hingga Rp5.800.000 tergantung pilihan RAM yang Anda pilih.

6. Lenovo IdeaPad 320 CORE i3 (Rp5.800.000)

Lenovo IdeaPad 320 CORE i3

Seperti tak mau kalah di pasaran laptop kelas mid end, Lenovo juga meluncurkan laptop yang bagus juga untuk Anda gunakan dalam mendesain. Laptop tersebut datang dari seri Lenovo IdeaPad dengan tipe 320 yang menjadi salah satu laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan terbaik saat ini.

Tipe terbaru ini merupakan pengembangan dari tipe Lenovo IdeaPad, dimana ia lebih langsing, modern, dan juga nyaman untuk digunakan. Namun, ia juga tetap memperhatikan kebutuhan teknologi yang semakin maju dan ketahanan laptop di segala kondisi.

Hal inilah yang membuatnya cocok untuk Anda gunakan dalam melakukan desain, apalagi untuk Anda yang sering melakukan desain di luar ruangan. Karena baterai Lenovo Ideapad 320 sangat mumpuni dan dibekali dengan processor terbaru yang irit dalam penggunaannya.

Untuk mendapatkan laptop yang satu ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp5.800.000 saja. Dengan harga tersebut, bahkan Anda sudah mendapatkan laptop dengan penyimpanan hingga 1TB HDD.

7. Lenovo IdeaPad Flex 3 11IGL05 (Rp5.899.000)

LENOVO IdeaPad Flex 3 11IGL05

Masih dari Lenovo, kini brand ini juga ingin bersaing untuk merebut hati para pemuda dengan seri terbarunya Lenovo Ideapad Flex 3 Intel. Seperti namanya laptop ini memiliki basis IdeaPad yang memiliki ciri khas di layar flip yang dimilikinya.

Selain itu, laptop Lenovo IdeaPad ini mengusung processor dari Intel dengan dipadukan UHD Graphics 600 di bagian grafisnya. Tentunya dengan grafis seperti ini, dijamin Anda akan dimanjakan dengan tampilan yang begitu jernih dan juga detail.

Bukan hanya itu saja yang membuat laptop ini cocok untuk digunakan di bidang desain grafis, namun ia juga memiliki baterai yang sangat awet. Bahkan penggunaan intens dari laptop ini bisa menembus 8 jam. Terbilang sangat awet dan cocok untuk kebutuhan desain grafis yang butuh waktu lama.

Semua itu dibanderol dengan harga yang masih bersaing dengan laptop di kelasnya, dimana laptop ini termasuk salah satu laptop terbaik dengan harga 5 jutaan. Seperti yang Anda ketahui dengan harga tersebut Anda tidak akan mendapatkan spesifikasi ini di laptop lainnya.

8. Acer Aspire E1-451G (Rp5.150.000)

Acer Aspire E1 451G

Bagi Anda yang mencari laptop kecil namun memiliki performa tinggi, maka Acer Aspire E1 bisa menjadi pilihan yang sangat bagus. Meskipun laptop ini memiliki ukuran yang hanya sebesar 14 inchi dengan panel layar yang sangat tipis, namun ia sangatlah tangguh.

Dengan ukuran yang kecil ini, ternyata ia telah dilengkapi dengan grafis AMD A8 yang terkenal sangat responsif terhadap warna atau gambar 3D. Hal inilah yang membuatnya cocok untuk bergelut di bidang desain grafis.

Desain yang dibawa juga terbilang lebih modern, sehingga tidak memalukan saat Anda bawa bepergian di luar ruangan. Desain yang simpel namun terlihat elegan tentunya cocok untuk digunakan semua kalangan, seperti anak muda, orang dewasa, atau seorang sosialita sekalipun.

9. Dell Vostro 3468 (Rp5.550.000)

Dell Vostro 3468

Tentunya masih yang belum tahu dengan merk laptop Dell, dimana sebenarnya brand ini sangatlah bagus dalam membuat laptop. Salah satunya seri Dell Vostro 3468 yang diklaim mampu memberikan performa baik untuk segala aktivitas Anda.

Mulai dari penggunaan kantoran, untuk desain grafis, bermain game, atau sekedar penggunaan keseharian saja. Uniknya di dalam laptop ini memiliki dual slot RAM, dimana salah satunya memiliki RAM 4 GB dan satunya lagi bisa Anda tambahkan RAM hingga 16GB.

Dengan kustomisasi terbaru ini, membuat Dell Vostro cukup terkenal di kalangan pecinta laptop yang mengutamakan spesifikasi. Namun untuk Anda yang hanya membutuhkannya untuk desain grafis, maka ia sudah sangat mumpuni untuk melakukan berbagai tugas desain grafis tersebut.

10. Dell Inspiron 15 3583 (Rp5.500.000)

Dell Inspiron 15 3583

Bukan hanya Vostro saja, namun ada seri Dell Inspiron 15 3583 yang dipasarkan di harga 5 jutaan. Laptop ini lebih spesifik pada penggunaan yang lebih kuat dan tahan lama, sehingga dapat digunakan secara mobile dengan keleluasaan sangat tinggi.

Bahkan Anda bisa membawa laptop ini bepergian seharian penuh tanpa melakukan charge sama sekali, sehingga lebih cocok untuk penggunaan outdoor. Anda juga bisa memilihnya bila Anda sering menggunakan laptop di jalan atau saat di luar kota sekalipun.

Daftar Harga Laptop untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan

Merk/Produk Harga  Toko

Asus X441UA-WX099D

Rp5.150.000

Shopee

Acer Aspire 341S

Rp4.999.000

Shopee

HP Pavilion 14 DK1025WM

Rp5.950.000

Tokopedia

ASUS Vivobook MAX X441BA

Rp4.950.000

Tokopedia

HP 14-bw001AX

Rp5.449.000

Tokopedia

Lenovo IdeaPad 320 CORE i3

Rp5.800.000

Tokopedia

Lenovo IdeaPad Flex 3 11IGL05

Rp5.899.000

Tokopedia

Acer Aspire E1-451G

Rp5.150.000

Tokopedia

Dell Vostro 3468

Rp5.550.000

Tokopedia

Dell Inspiron 15 3583

Rp5.500.000 Tokopedia

Dari sekian banyak rekomendasi laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan di atas, pastinya kini Anda sudah tahu akan membeli laptop yang mana. Mengingat setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda dan Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan penggunaan Anda tersebut.

Baca juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ini Dia Cara Mudah Bikin Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Setiap tahunnya, penggunaan smartphone, terutama Android, terus mengalami peningkatan. Bagaimana ti

Teknik Sipil
Teknik Sipil Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Membeli rumah saat ini terbilang cukup sulit karena harganya yang sudah melambung tinggi. Apalagi,

Properti
Properti Kisaran Harga Tipe Rumah Minimalis, Terbaru 2022!

Ingin membeli rumah minimalis? Rumah minimalis ini kini menjadi incaran kaum millenials ketiak menc

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia