Cara Merekam Suara di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Cara Merekam Suara di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Merekam Suara di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri ∙ 7 January 2022 ∙ 4 menit membaca

Melakukan recording atau merekam suara langsung di laptop sangatlah mungkin. Kamu juga tidak perlu aplikasi-aplikasi tambahan, karena sekarang sudah ada fitur record bawaan Windows. Kalau penasaran, cek caranya di sini.

Cara Merekam Suara di Laptop

Fitur bawaan yang dimaksud adalah aplikasi Voice Recorder for PC. Aplikasi ini tersedia di Windows-Windows terbaru. Saeperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Berikut cara menggunakannya.

1. Membuka Sound Recorder

Pertama, kamu bisa buka aplikasi Sound Recorder lebih dulu. Caranya dengan membuka Start Menu, lalu ketikkan Sound Recorder. Jika sudah, kamu dapat klik aplikasi tersebut untuk membukanya. Nantinya akan muncul notifikasi User Account Control, kamu bisa klik Yes supaya dapat membukanya.

Catatan: Karena kamu akan merekam suara dengan microphone, pastikan komponen tersebut sedang tidak bermasalah di laptop. Kalau bermasalah bisa tanpa mic, tapi harus dengan headset.

2. Memulai Rekaman

Ketika sudah memasuki aplikasi perekam suara kamu sudah bisa merekam. Pada menu tersebut ada terdapat tombol merah besar dengan ikon mikrofon. Jika kamu ingin memulai rekam suara di laptop. Kamu hanya perlu klik tombol merah besar dengan ikon mikrofon tersebut.

Sebelum mulai merekam suara, pastikan ruangan kamu dalam kondisi yang hening. Supaya kamu dapat merekam suara dengan jernih di laptop tersebut.

3. Lakukan Rekaman

cara merekam suara di laptop

Jika kamu sudah menekan tombol mikrofon merah tersebut, akan muncul indikator durasi pada layar yang berarti proses perekaman sedang berjalan. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui saat sedang merekam suara di laptop, yaitu:

  • Jika kamu ingin menghentikan perekaman suara sementara, maka bisa klik ikon dua garis atau tombol Pause. Lalu klik ikon itu lagi untuk mengaktifkannya kembali.
  • Lalu kalau kamu sedang melakukan perekaman dan tiba-tiba dialihkan ke aplikasi lain. Maka secara otomatis Sound Recorder akan di-pause.

Baca juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

4. Menghentikan Rekaman

Kalau kamu sudah selesai merekam suara, maka dapat klik ikon Stop atau tombol berbentuk kotak di dalam lingkaran merah. Maka nantinya file dari rekaman yang sudah kamu buat akan ditampilkan ke recording list. Dapat dikatakan rekaman kamu akan langsung tersimpan secara otomatis.

5. Putar Rekaman untuk Mendengarkan

Kemudian kamu dapat memutar hasil rekamannya dengan klik salah satu recording list, lalu tekan ikon Play atau yang bentuknya segitiga. Setelah itu silahkan dengarkan hasil rekaman kamu lebih dulu. Misalkan ada yang kurang, mungkin bisa membuat ulang. Tapi, jika ada suara noise saja, maka tidak perlu buat ulang. Kamu hanya perlu mengeditnya dengan aplikasi seperti Audacity, supaya noise-nya hilang.

Selain Audacity, kamu juga dapat mengedit hasil rekaman dengan aplikasi lainnya. Misalnya dengan Cool Edit Pro, Adobe Audition atau memakai Audio Recorder PC agar jernih.

6. Memotong Hasil Rekaman

cara merekam suara di laptop

Nah, ketika sudah mendengarkan hasil rekaman tersebut ada beberapa bagian suara yang mungkin tidak kamu inginkan. Kamu bisa klik Trim untuk memotong suara rekaman tersebut, kemudian atur dengan menekan slider bulat di kanan atau di kiri. Kamu bisa slide untuk memilih bagian rekaman yang diinginkan.

Ketika sudah selesai mengaturnya, kamu klik OK dan bisa pilih Save a Copy atau Update Original. Penjelasan antara save a copy dan update original:

Save a CopyMemungkinkan hasil rekaman tersebut menjadi salinan baru yang tersimpan.
Update OriginalUntuk memperbaharui hasil rekaman asli sebelumnya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

7. Mengubah Nama File

Setelah semuanya selesai, kamu bisa melakukan pengubahan nama file rekaman. Kamu hanya perlu klik Rename. Lalu, kamu ubah nama file tersebut sesuai dengan keinginan. Jika sudah, kamu klik Rename untuk mengaturnya. Dengan begitu, kamu tidak sulit lagi untuk mencari file rekaman yang tersimpan.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Kesimpulan

Begitulah cara merekam suara di laptop tanpa menggunakan software. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi bawaan Windows saja. Caranya juga mudah untuk digunakan. Namun, perlu diingat bahwa pada setiap Windows mungkin tampilan aplikasinya sedikit berbeda. Tapi secara garis besar sama.

Untuk cara merekam suara di PC juga sama, hanya saja kamu harus mempunyai mic external yang sudah terpasang di perangkat tersebut. Jika kamu ingin yang lebih berkualitas, mungkin bisa cari tahu cara setting mic di PC yang sesuai. Selain itu bisa juga memakai aplikasi tambahan yang dapat meningkatkan kualitas rekaman.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel