BlogLifestyleGadgetCara Memilih Laptop yang Baik Untuk Mahasiswa
0
0

Cara Memilih Laptop yang Baik Untuk Mahasiswa

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara memilih laptop untuk mahasiswatop-right-banner

Salah satu penunjang aktifitas belajar dan mengerjakan berbagai tugas bagi mahasiswa adalah laptop. Di zaman digital sekarang ini, laptop sudah menjadi alat essential yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan salah satunya mahasiswa. Namun banyaknya jenis laptop terkadang membuat kita bingung dan sulit untuk memilihya.

Selain perlu ketelitian, memilih laptop yang pas untuk mahasiswa juga membutuhkan kesabaran karena setiap type laptop memiliki dukungan spesifikasi yang berbeda-beda. Apalagi laptop untuk kebutuhan mahasiswa, pastikan Anda memilih laptop yang memiliki kemampuan baik dalam berbagai tugas kuliah serta penggunaan lainnya.

Mahasiswa memiliki banyak sekali tugas. Selain membantu untuk mendukung belajar dan mengerjakan tugas juga memiliki peranan penting lainnya seperti menangani penelitian, projek kampus, hingga mengerjakan tugas harian.

Tips Membeli Laptop Untuk Mahasiswa

Agar tidak bingung saat memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Mengutip dari situs rekomendasi ceklist.id berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemilihan laptop terbaik bagi mahasiswa agar mendapatkan produk yang berkualitas.

1. Pilih Sistem Operasi

Hingga saat ini, terdapat tiga sistem operasi populer yang dipakai oleh laptop yakni Windows, Mac serta Chromebook. Sebagian besar laptop menggunakan OS windows karena harga yang terjangkau dan customizable sehingga menjadi pilihan pertama para konsumen.

Laptop Mac terkenal dengan harga yang cukup tinggi. Namun untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi. Apalagi laptop Mac produksi Apple dibuat dari bahan baku terbaik komposisi material dan komponen premium. Sementara Chromebook merupakan laptop dengan OS besutan Google bernama Chrome OS yang kompatible dengan aplikasi Android di Play Store.

Dari segi fitur, Laptop Windows rekomended untuk mahasiswa dan pelajar karena selain harga lebih murah juga menawarkan fitur paling banyak dibandingkan dengan sistem operasi lain.

2. Pilih Ukuran dan Bentuk

Untuk mendukung aktifitas mahasiswa seperti mengerjakan tugas, melakukan browsing untuk kebutuhan bahan presentasi dan kegiatan lainnya memerlukan laptop yang memiliki ukuran compact. Pastikan memilih ukuran yang pas untuk keperluan anda.

Sementara ukuran layar sebuah laptop saat ini mulai dari 11 inci sampai 17 inci. Dari segi ukuran yang pas, laptop dengan ukuran 14 inci atau 15 inci lebih cocok bagi mahasiswa dan pelajar yang membantu Anda mendapatkan tampilan layar yang lebih luas dan jelas. Jika Anda menginginkan laptop yang lebih compact, ukuran 13 inci bisa menjadi pertimbangan.

3. Kapasitas Penyimpanan dan Jenisnya

Hal yang wajib diperhatikan saat pemilihan laptop yang pas untuk mahasiswa adalah sektor kapasitas penyimpanan yang besar agar dapat menyimpan lebih banyak file serta dokumen penting.

Untuk saat ini, kebanyakan laptop rilis terbaru membawa dukungan kapasitas penyimpanan SSD yang memungkinkan akses data lebih cepat. Meskipun begitu, harga yang dimiliki jauh lebih mahal sehingga memperngaruhi harga dari laptop tersebut.

Opsi terbaik adalah memilih laptop yang menggunakan SSD untuk sistem serta HDD untuk menyimpan data yang pastinya membantu dari segi kinerja semakin handal serta optimal saat melakukan pemrosesan data yang lebih cepat dan stabil cocok untuk para mahasiswa yang membutuhkan laptop dengan kemampuan baik.

4. Memilih Kartu Grafis

Dengan dukungan kartu grafis yang baik, sisi kinerja akan semakin optimal dalam menjalankan beragam perintah. Laptop standart dibekali dengan grafis bawaan integrated GPU seperti Intel atau AMD yang cukup untuk keperluan mengerjakan tugas serta hiburan.

Tetapi jika anda adalah seorang mahasiswa desain 3D maupun desain grafis wajib hukumnya untuk mendapatkan spesifikasi kartu grafis yang lebih powerfull. Anda bisa memilih laptop yang membawa dukungan kartu grafis seri NVIDIA GeForce RTX atau NVIDIA Quadro RTX karena dijamin lebih nyaman karena tampilan visualnya jelas dan mulus.

5. Cek Jumlah Port dan Konektivitas

Port merupakan komponen penting dari laptop yang memiliki banyak sekali manfaat seperti seperti perangkat USB, atau mengisi daya. Port merupakan tempat untuk mencolokkan sesuatu ke laptop kamu yang fungsinya untuk memudahkan kebutuhanmu.

Anda bisa memilih laptop yang memiliki dukungan port yang lengkap, mulai dari USB 3.0, HDMI, dan jack headphone. Sedangkan untuk mendukung aktifitas belajar daring, pastikan memilih laptop yang ditunjang konektivitas Wi-Fi yang baik yang serta mendukung standar WiFi saat ini seperti 802.11ac mampu menghadirkan konektkvitas stabil dan jauh lebih cepat.

6. Daya Tahan Baterai

Ingin tahu cara tepat mmemilih laptop yang baik untuk mahasiswa? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Laptop terbaik untuk mahasiswa idealnya memiliki daya tahan setidaknya 7 jam, baterai dengan daya lebih dari 8 jam ideal. Perlu diperhatikan saat memilih laptop adalah daya kapasitas baterai yang dimiliki serta kemampuan stand-by laptop tersebut saat pengisian daya penuh.

Anda tidak perlu khawatir saat berada di kelas ketika mengerjakan tugas dan lupa membaca charge laptop karena laptop dengan dukungan baterai awet tidak akan menggangu aktifitas Anda. Selain itu, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah pengisian baterai yang cepat. Pilihlah laptop yang mendukung teknologi pengisian baterai dengan cepat.

Untuk Anda yang akan segera menjadi mahasiswa atau sudah menjadi mahasiswa yang telah memiliki beragam tugas ringan hingga berat, Beberapa referensi terbaru tips memilih laptop yang tepat untuk mahasiswa tersebut bisa menjadi pertimbangan.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download