BlogLifestyleTeknologi5 Cara Cek Resolusi Layar Laptop Dengan Mudah!
0
0

5 Cara Cek Resolusi Layar Laptop Dengan Mudah!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Agu 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara cek resolusi layar laptoptop-right-banner

Pins ingin membeli laptop tetapi belum mengetahui resolusi layarnya? Kamu bisa mencari tahu cara cek resolusi layar laptop dengan mudah, agar kenyamanan ketika menggunakan laptop lebih terjamin. Setiap layar laptop memuliki jutaan piksel yang digunakan, berguna untuk menampilkan gambar, grafik, serta objek digital di dalamnya.

Piksel yang digunakan pada laptop tersusun dalam bentuk grid horizontal dan vertikal. Umumnya, setiap laptop memiliki screen resolutions yang ditulis dengan format 1024 x 768, 1366 x 768, dan 1920 x 1080. Sederhananya, jika resolusi layar pada suatu merk laptop ditulis dengan 1024 x 768 maka, laptop tersebut memiliki resolusi 1024 piksel horizontal dan 768 piksel vertikal. Berikut cara melihat resolusi layar laptop selengkapnya!

Baca juga:

Mengapa Perlu Mengetahui Ukuran Resolusi Layar Monitor?

cara cek resolusi layar laptop
Source : PC Guide

Mengetahui resolusi layar monitor yang Pins pergunakan merupakan hal yang tidak kalah penting saat membeli laptop. Mengapa demikian? Pasalnya, kenyamanan saat menatap layar monitor merupakan hal yang penting agar mata Pins tidak terlalu sakit ketika menatap layar lama-lama. Biasanya, screen resolutions suatu laptop selain piksel memiliki nama lain seperti HDTV, Ultra UHD, XGA, dan WQXGA. Biasanya, selain resolusi, Pins juga perlu memperhatikan ukuran diagonal layar yang ditulis dalam ukuran inci seperti 5″, 6″, 10″, 13″, dan lain sebagainya.

Ukuran layar monitor menjadi hal yang penting apalagi jika Pins sering bekerja di depan laptop atau komputer dalam waktu yang lama. Jika resolusinya terlalu kecil, tentu akan membuat mata menjadi sakit akibat iritasi layar. Selain itu, untuk Pins yang bekerja menggunakan aplikasi editing, tentu membutuhkan resolusi yang tinggi untuk layar laptop.

Cara Cek Resolusi Layar Laptop

Pins masih bingung bagaimana cara mengetahui resolusi layar laptop? Tidak usah khawatir, ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan melalui fitur yang disediakan oleh Windows!

Melalui Display Settings

Source : CNET

Display Settings ternyata bisa dipergunakan untuk melakukan cek ukuran layar pada setiap tipe laptop Windows. Di bagian ini, Pins bisa klik kanan pada layar, kemudian pilih display settings, setelah itu akan muncul detail mengenai ukuran layar yang ada di laptop tersebut. Selain di laptop, cara ini juga bisa dilakukan jika Pins menggunakan PC dengan sistem operasi Windows.

Melalui DXdiag

Source : FlexRadio

Selain untuk melakukan beberapa settings terhadap laptop, menu DXdiag di laptop Windows juga berfungsi untuk melakukan cara cek resolusi layar laptop. Di menu ini, Pins juga bisa menemukan solusi untuk masalah terkait hardware, audio, display, dan lain sebagainya.

Cukup dengan menekan menu shortcut di keyboard Windows + R, kamu akan di arahkan pada menu DXdiag. Setelah masuk, klik tab display kemudian di sana akan terdapat informasi mengenai layar laptop yang Pins gunakan.

Baca juga: 10 Cara Memperbesar Suara di Laptop

Melalui Command Prompt

Source : Life Wire

Pins menggunakan laptop gaming untuk bermain game dengan kapasitas yang besar? Kamu bisa melakukan cara melihat resolusi layar laptop agar kenyamanan saat bermain game lebih terjamin. Langkah selanjutnya yaitu melalui menu Command Prompt, yang merupakan suatu perintah untuk komputer dalam melakukan berbagai tugas penting.

Untuk mengetahui resolusi layar, kamu bisa menjalankan menu tersebut di laptop. Setelah masuk, ketikkan perintah wmic path win32_videocontroller get CurrntHorizontalResolution,CurrentVerticalResolution, lalu tekan enter. Hasil dari perintah tersebut akan menunjukan resolusi layar dari laptop yang Pins gunakan.

Melalui Windows PowerShell

Source : Techaraks.ru

Cara mengetahui resolusi layar laptop yang selanjutnya yaitu melalui Windows PowerShell. Software di laptop Windows ini memiliki fungsi yang sama seperti Command Prompt, dengan fungsionalitas serta fleksibilitas yang lebih baik. Pins bisa mengetahui resolusi dengan membuka aplikasi tersebut kemudian mengetikan kata perintah. Ketikkan perintah wmic path win32_videocontroller get CurrntHorizontalResolution,CurrentVerticalResolution untuk menemukan resolusi layar yang digunakan.

Melalui Online Check

Source : List of Freeware

Selain memanfaatkan fitur dari Windows di atas, pengecekan ukuran resolusi layar juga bisa dilakukan secara online Pins! Kamu bisa mengunjungi laman online untuk cek resolusi layar laptop yang digunakan. Kamu hanya perlu mengaksesnya, kemudian mengikuti panduan untuk kemudian menemukan ukuran layar yang diinginkan. Situs online ini dijamin aman untuk diakses Pins sehingga laptop kamu tidak akan rentan terhadap serangan virus. Selain itu, untuk kamu yang sering memainkan game di laptop, bisa melakukan pengecekan resolusi dengan cara ini.

Itulah beberapa cara cek resolusi layar laptop yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Hal ini tentu sangat penting untuk diketahui, apalagi jika Pins berencana untuk membeli laptop desain grafis atau gaming yang membutuhkan resolusi tinggi. Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu secara online sebelum memutuskan untuk membeli laptop. Selamat mencoba!

Featured image source: The Guardian


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Anwa Residence Puri dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download