Aplikasi Menggambar Terbaik - Pinhome

Pinhome

Aplikasi Menggambar Terbaik

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 14 January 2022 ∙ 4 menit membaca

Source: Shutterstock

Salah satu cara menyalurkan bakat dalam seni menggambar atau melukis adalah dengan menggunakan peralatan yang dibutuhkan, seperti kanvas, kuas, dan cat yang tepat. Namun ternyata bukan hanya itu, dengan semakin canggihnya teknologi, sekarang Anda bisa bebas berkreasi dari mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan ponsel.

Selain untuk menyalurkan imajinasi, seni digital juga kerap digunakan untuk menyalurkan informasi secara visual. Anda bisa dengan bebas mengekspresikan kreativitas untuk membuat sebuah karya yang menarik.

Tidak harus menggunakan kertas atau kanvas sebagai media, sekarang Anda bisa memanfaatkan komputer, tablet, atau smartphone Anda untuk menciptakan sebuah gambar. Menggunakan smartphone Android yang dimiliki menjadi salah satu cara mudah dan praktis dalam menyalurkan ide yang tiba-tiba muncul.

Namun, mencoba menemukan aplikasi menggambar yang baik bukanlah hal yang mudah. Terdapat begitu banyak opsi di Google Play Store yang bisa membuat Anda kesulitan menyaring pilihan yang ada. Berbagai macam fitur yang ditawarkan dalam aplikasi yang berbeda, meliputi aplikasi khusus pemula, aplikasi dengan basis format vektor, seniman profesional, dan bahkan khusus untuk anak-anak.

Untuk pemula atau profesional, berikut adalah beberapa pilihan aplikasi menggambar terbaik untuk smartphone Android yang bisa Anda manfaatkan untuk berkarya.

Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw adalah aplikasi menggambar top untuk Android dari Adobe. Anda bisa mendapatkan berbagai macam fitur menggambar dengan alat-alat yang dibutuhkan. Aplikasi ini memberikan Anda kenyamanan untuk menggambar dengan lima kuas yang bisa diatur, lima tip pupen yang berbeda, layer gambar, dan masih banyak lagi.

Setelah selesai, Anda bisa mengunggah hasil gambaran yang Anda buat dan mendapat feedback dari pengguna aplikasi Adobe yang lain. Aplikasi ini gratis dan tidak ada iklan, membuatnya unggul dari beberapa aplikasi menggambar lainnya.

MediBang Paint

Bisa untuk semua perangkat Android, MediBang Paint adalah aplikasi yang direkomendasikan untuk para seniman. Tanpa memakan memori yang begitu besar, Anda bisa menggambar, melukis, mewarnai, hingga membuat desain yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi ini saja.

Aplikasi ini ditawarkan secara gratis dan mampu memberikan hasil yang berkualitas tinggi, dengan banyak jenis kuas dan layer untuk menghasilkan karya yang menarik. Opsi ekspor yang ditawarkan juga beragam, Anda bisa menyimpan hasil gambar Anda dalam bentuk JPEG, PNG, SVG, atau PDF.

Sketchbook by Autodesk

Bagi yang sudah terjun ke dalam dunia digital art sejak lama pasti akan tahu aplikasi ini. Sketchbook by Autodesk telah hadir sejak lama dan menjadi pilihan bagi para seniman untuk membantu menciptakan karya yang hebat. Anda bisa memilih dari 10 jenis kuas dengan tambahan 3 layer, 2500% zoom untuk gambaran detail.

Tidak perlu diragukan kualitasnya karena aplikasi ini memang dirancang untuk seniman-seniman profesional. Menariknya, Sketchook by Autodesk tidak berbayar dan semua bisa menggunakan layanan pro tanpa mengeluarkan biaya.

Papercolor

Dengan aplikasi ini, Anda bisa memilih dari berbagai jenis kuas, penggaris, penghapus, jenis pen, dan masih banyak lagi. Papercolor juga memungkinkan Anda untuk memilih gambar yang diinginkan sebagai latar belakang dan menggambar di atasnya.

Selain itu, terdapat fitur-fitur lain untuk menambah teks, alat-alat gambar, layer, dan lain-lain. Aplikasi ini terbilang sebagai salah satu aplikasi menggambar yang cocok untuk digunakan oleh seniman pemula maupun profesional.

ArtFlow

Cocok untuk dewasa dan anak-anak, ArtFlow adalah aplikasi menggambar yang banyak diincar di perangkat Android. Memiliki pilihan lebih dari 70 kuas dan alat, ArtFlow juga memiliki pengaturan warna dan mencapai 16 layer.

Anda bisa impor foto dari galeri atau kamera dan mengubahnya menjadi PSD, PNG, atau JPEG. Dengan interface yang mudah untuk diikuti, aplikasi ini memiliki tujuan untuk menjadi alternatif dan pengganti buku gambar yang Anda miliki di rumah.

Sketch Master

Jika Anda sedang mencari aplikasi menggamabr yang mudah untuk digunakan untuk memulai, Sketch Master bisa menjadi pilihan yang tepat. Dirancang untuk semua jenis pengguna, Sketch Master memiliki beberapa alat menggambar yang dapat dengan mudah digunakan oleh para pemula.

Terdapat 7 jenis kuas yang berbeda, 3 layer, dan zoom yang mencapai 3000% untuk penggambaran lebih detail. Anda juga bisa memakai foto sesuai yang Anda mau dan berkreasi untuk diunggah ke akun media sosial. Tanpa perlu membayar apapun, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menuangkan kreativitas dan imajinasi.

Concepts

Berbasis vector, Concepts adalah aplikasi menggambar yang banyak digunakan oleh seniman profesional. Aplikasi ini memberikan 5 layer dan alat-alat kuas yang beragam. Anda juga diperbolehkan untuk melakukan penyesuaian untuk kanvas, alat, filter, dan lain-lain.

Concepts memiliki versi Pro yang bisa Anda dapatkan dengan mengeluarkan biaya untuk membuka fitur premium. Untuk Concepts Pro, Anda bisa menggunakan alat-alat CAD, opsi untuk ekspor impor foto, alat transformasi gambar, dan masih banyak lagi.

Dotpict

Apabila Anda sedang mencari aplikasi menggambar yang unik, Dotpict bisa Anda coba. Aplikasi ini membantu para seniman yang ingin bernostalgia dan kembali melihat karya-karya pixel. Dotpict memiliki fitur auto-save jadi Anda tidak perlu khawatir saat aplikasi tiba-tiba tertutup.

Anda juga bisa mengekspor hasil gambar Anda untuk diunggah dan dibagikan kepada teman-teman. Fiturnya yang tidak terlalu banyak dan rumit sehingga pengguna yang baru pertama kali menggunakan juga tidak akan kesulitan untuk menggambar.

Tags :

Bagikan Artikel