10 Laptop untuk Desain Grafis Harga 4 Jutaan Terbaik Saat Ini

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi ∙ 5 December 2021 ∙ 11 menit membaca

Laptop dengan harga 4 jutaan menjadi standar utama yang banyak digunakan saat ini, dimana laptop di kelas ini sudah mampu untuk digunakan di berbagai kebutuhan. Termasuk bagi Anda yang butuh laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan terbaik saat ini.

Selain menawarkan spesifikasi yang mumpuni, laptop di kelas 4 jutaan juga telah mempunyai desain yang modern dan kekinian. Sehingga cocok untuk digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda, mahasiswa, orang dewasa, ataupun kaum sosialitas sekalipun.

Tips Memilih Laptop dengan Kemampuan Desain Grafis Memukau

Bagi Anda yang bekerja di bidang desain grafis, tentunya perlu laptop baru agar mampu menghandle semua pekerjaan Anda. Di sini Anda bisa memilih laptop yang tepat dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pilih Brand atau Merk Laptop Sesuai Keinginan

Pilih Brand atau Merk Laptop Sesuai Keinginan

Mula-mula pilihlah brand atau laptop yang sesuai keinginan Anda, seperti Asus, Lenovo, Acer, HP, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk menentukan karakteristik laptop yang akan Anda pilih nantinya sebagai alat bantu pekerjaan Anda sebagai seorang desain grafis.

Dengan ini Anda juga bisa menentukan beberapa kriteria laptop, seperti ukuran, spesifikasi, baterai, dan masih banyak lagi lainnya. Jangan lupa perhatikan pula performa dari laptop untuk kebutuhan berat seperti desain grafis.

Tidak menuntut kemungkinan juga Anda harus mencoba mencari tahu brand lain yang kurang terkenal, seperti Dell, Alldocube, Zyrex, dan berbagai jenis laptop lainnya. Mengetahui berbagai brand ini akan sangat bermanfaat untuk tahu teknologi terbaru saat ini yang mungkin sudah ada di laptop.

2. Ketahui Tipe Laptop yang Laris di Harga 4 Jutaan

Ketahui Tipe Laptop yang Laris di Harga 4 Jutaan

Setelah memilih merk laptop yang diinginkan, langkah selanjutnya ialah dengan mengetahui tipe-tipe laptop yang dimiliki oleh brand tersebut. Di sini Anda bisa memilih tipe yang sesuai keinginan, misalnya tipe yang unggul di desain, tipe spesifikasi tinggi, ataupun yang memiliki fitur lengkap.

Hal ini akan mempermudah Anda dalam memilih laptop yang benar-benar tepat untuk dibeli sebagai daily driver saat bekerja sebagai desain grafis. Apalagi dengan mengetahui tipe-tipe laptop, Anda juga akan terhindar dari yang namanya salah memilih laptop.

Bukan hanya tipe saja yang perlu diperhatikan, namun dari segi tahun rilis, negara pembuat, hingga toko penjual laptop perlu Anda pertimbangkan. Tujuannya supaya Anda tidak mendapatkan laptop yang ternyata berbeda dengan harapan yang Anda miliki.

3. Tentukan Minimal Spesifikasi yang Anda Inginkan

Tentukan Minimal Spesifikasi yang Anda Inginkan

Pastikan pula Anda bekerja di desain grafis apa, apakah desain logo dan iklan, desain bangunan, desain printing, ataupun jenis desain lainnya. Kemudian Anda bisa mengira-ngira aplikasi saja yang akan diinstall nantinya.

Setelah itu, tentukanlah spesifikasi minimal yang dibutuhkan agar lancar dalam melakukan desain grafis. Di sini Anda bisa mengambil patokan dari RAM atau processor yang dibawa oleh laptop itu sendiri.

Namun untuk Anda yang benar-benar fokus di bidang desain grafis, maka Anda sangat perlu mengetahui kartu grafis yang dibawa oleh sebuah laptop. Dimana bagian inilah yang mengidentifikasi seberapa bagus tampilan layar di laptop tersebut.

4. Komparasi Beberapa Laptop Sekaligus

Komparasi Beberapa Laptop Sekaligus

Jangan sungkan untuk melakukan komparasi berbagai laptop sekaligus, hal ini akan membuat Anda lebih tahu kelebihan dan kekurangan laptop. Sehingga bisa memilih laptop yang menurut Anda benar-benar tepat.

Komparasi ini bisa Anda lakukan dengan beragam cara, seperti antar brand, antar tipe laptop, ataupun Anda bisa langsung melihat review laptop di media internet. Dengan begitu, semuanya akan terlihat jelas dan juga transparan.

Apalagi merk yang kurang terkenal biasanya malah memberikan spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Meskipun hal ini sangat beresiko, namun tidak ada salahnya bila Anda hanya mengecek semua daftar laptop yang ada di pasar Indonesia.

Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis Harga 4 Jutaan

Ada banyak sekali laptop dengan harga 4 jutaan yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan desain grafis. Mulai dari Asus, Lenovo, Acer, HP, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak daftar laptop harga 4 jutaan terbaik berikut ini:

1. Asus X454YA-BX801D

Asus X454YA BX801D

Asus selalu hadir untuk membantu Anda dalam segala kebutuhan, seperti saat Anda butuh laptop dengan kemampuan desain grafis bagus. Maka Asus telah menyediakan seri Asus X454YA-BX801D yang memiliki harga di kisaran 4 jutaan.

Laptop ini sendiri memiliki spesifikasi yang cukup unggul, misalnya RAM yang sudah 4 GB, processor AMD Quad Core A8 dengan kecepatan hingga 2,5 Hz, serta AMD Radeon R5 di bagian grafis yang dimiliki oleh laptop yang satu ini.

Selain spesifikasinya yang mumpuni, Asus ini juga memiliki desain yang compact dan cenderung sangat ringan. Cocok untuk Anda yang butuh laptop untuk digunakan diluar ruangan ataupun untuk dibawa bepergian.

Harga Asus yang satu ini di sekitar 4 jutaan, tepatnya di 4,2 jutaan Anda sudah bisa membawanya pulang. Sehingga Anda tidak perlu menunggu lama lagi, segeralah beli laptop ini bila memang ia sudah sesuai dengan kriteria laptop yang Anda inginkan.

2. HP 14-BW018AU

HP 14 BW018AU

Laptop HP selalu hadir lebih berbeda dari brand lainnya, dimana brand ini lebih mengutamakan spesifikasi tinggi ketimbang kualitasnya. Meskipun kualitas yang diberikan juga tidak terlalu jelek, sehingga brand ini memiliki pasar yang luas di Indonesia.

Salah satu laptopnya yang cukup terkenal ialah HP 14, dimana laptop ini termasuk ke dalam laptop kelas entry level milik HP. Di sini ia dibekali dengan RAM 4 GB, processor AMD Quad Core A8, serta sudah memiliki kecepatan antara 3,0 Hz sampai dengan 3,6 Hz.

Dengan spesifikasi diatas, HP 14 ini dapat melibas semua kebutuhan digital yang sangat berat sekalipun. Sehingga inilah yang menjadikan Anda bisa memasukkan HP 14 sebagai salah satu alternatif laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan yang dapat Anda pilih.

3. Acer Aspire Z3 451

Acer Aspire Z3 451

Pabrikan Acer terkenal dengan seri laptopnya yang sangat banyak, dimana pabrikan laptop ini kini menghadirkan seri baru lagi yang bernama Acer Aspire Z3. Sebagai penerus seri Aspire, tentunya laptop ini tidak perlu diragukan lagi performa yang dimilikinya.

Memiliki processor Intel dengan RAM 4GB, menjadikan Acer Aspire Z3 sangat tangguh dalam mengatasi semua beban yang ada di laptop. Bahkan laptop ini sebenarnya dibuat khusus untuk kebutuhan gaming.

Namun, dengan spesifikasi tersebut dapat Anda gunakan juga untuk kebutuhan desain grafis. Apalagi Acer Aspire Z3 memiliki panel layar yang sudah FHD dengan framerate hingga 60 fps, sehingga nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak membuat mata terasa perih.

Untuk harganya sendiri Acer Aspire Z3 dibedakan menjadi dua varian, yaitu harga 4,2 jutaan dan 4,6 jutaan sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang Anda pilih. Dimana Anda bisa memilih penyimpanan 500GB atau 1TB.

4. Lenovo IdeaPad 110

Lenovo IdeaPad 110

Tidak heran lagi Lenovo juga menargetkan pasar 4 jutaan untuk penjualannya, dimana Lenovo mengandalkan Lenovo IdeaPad 110 untuk bersaing di kelas tersebut. Bahkan Lenovo percaya produknya ini dapat mengalahkan produk lain di kelas yang sama.

Kali ini Lenovo tidak pelit dalam memberikan spesifikasi tinggi, hal tersebut karena laptop ini telah dibekali dengan RAM 4 GB, processor AMD Quad Core A9, penyimpanan hingga 1 TB, dan masih banyak lagi kelebihannya.

Bila dipakai untuk kebutuhan desain grafis, maka spesifikasi diatas sudah sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi desain grafis. Dijamin Anda bisa lebih nyaman dan leluasa dalam mengerjakan sebuah project yang Anda miliki.

Perlu Anda ketahui pula bahwa Lenovo IdeaPad 110 memiliki harga resmi 3.8 jutaan, namun umumnya  harga tersebut akan berkurang seiring waktu atau perbedaan wilayah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir soal harga yang dimiliki oleh laptop yang satu ini.

5. Acer Aspire 3 Slim A314-22-A5UW

Acer Aspire 3

Persaingan pasar laptop di 4 jutaan memang semakin ketat, bahkan Acer sampai berulang kali meluncurkan serinya di kelas ini. Termasuk laptop Acer Aspire 3 yang kabarnya dibuat khusus sebagai laptop harga 4 jutaan dengan spesifikasi tinggi.

Tak heran semua yang ada di laptop ini telah memenuhi harapan pemuda, mulai dari desainnya, spesifikasi, ataupun kemampuan mobilenya yang tinggi. Meskipun tidak dibuat khusus untuk desain grafis, namun tidak ada salahnya memasukkan laptop ini sebagai salah satu pilihan Anda.

Mengingat harga Acer Aspire 3 sendiri masih di kisaran 4 jutaan, tepatnya di 4,8 jutaan yang bisa Anda beli secara langsung di Acer center di kota terdekat.

6. Asus A455LA CORE I3 5005U

Asus A455LA

Satu lagi laptop dari Asus dengan seri A455LA, dimana laptop ini berada di kelas 5 jutaan. Akan tetapi seri tersebut sudah mengalami penurunan harga yang relatif banyak, sehingga sekarang ia masuk ke kelas 4 jutaan.

Masih sama dengan laptop lain di kelasnya, Asus ini juga memiliki RAM 4 GB serta processor Intel i3 yang memiliki performa terbaik di kelasnya. Spesifikasi ini sudah sangat cukup untuk segala kebutuhan desain grafis yang Anda miliki.

Apalagi Asus ini juga telah menyematkan layar LCD dengan high frame rate tinggi, sehingga penggunaannya lebih nyaman dan tidak membuat mata cepat lelah. Dengan demikian, maka laptop ini cocok untuk Anda gunakan dalam mengedit dalam waktu yang lama sekalipun.

Di sisi lain harga yang ditawarkan oleh Asus ini berkisar di harga 4,9 jutaan, memang sedikit lebih mahal ketimbang laptop lain di kelas 4 jutaan. Namun, hal tersebut tentunya sebanding dengan semua fitur yang dibawa oleh laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan ini.

7. Dell Inspiron 3442 Core i3

Dell Inspiron

Berbekal layar Full HD dengan ukuran 14 inchi, Dell Inspiron hadir dengan lebih modern dan pengalaman multimedia yang memuaskan. Baik untuk menonton video, bekerja, ataupun bermain game sekalipun.

Tak heran Anda dapat menemukan hal unik di laptop ini, ternyata semua itu untuk memberi pengalaman lebih pada penggunaannya. Di sini Anda akan merasakan laptop yang lebih minimalis, ringan, fitur lengkap, baterai awet, dan berbagai macam kelebihan lainnya.

Dell Inspiron sangat disukai juga karena penggunaan yang mudah dan responsif, sehingga saat Anda bekerja di bidang desain grafis. Semua fitur di dalam laptop yang satu ini akan sangatlah membantu pekerjaan yang Anda miliki tersebut.

Untuk membawanya pulang Anda perlu merogoh kocek hingga 4,2 jutaan, namun harga ini bisa berbeda setiap tempatnya. Karena seperti yang Anda tahu tidak banyak toko yang menjual laptop Dell Inspiron tersebut.

8. Lenovo Ideapad 320-14AST

Lenovo Ideapad 320 14AST

Ada lagi produk dari Lenovo yaitu Lenovo IdeaPad 320-14 AST, dimana seri ini merupakan yang paling terbaru dari laptop IdeaPad Lenovo. Dari segi spesifikasi atau fitur yang dimilikinya, Lenovo IdeaPad 320 patut Anda pertimbangkan pula.

Mengingat laptop ini membawa RAM 4 GB, processor terbaru AMD Quad Core 9, hingga dukungan grafis AMD Radeon R5. Apalagi panel layar Lenovo ini sudah menggunakan layar LCD dengan resolusi HD+ yang akan sangat memanjakan Anda saat menggunakannya untuk kebutuhan desain.

Namun sayangnya, Lenovo Ideapad 320 memiliki beberapa kekurangan yang sangat terasa, seperti desain yang terlalu simpel, tidak lengkapnya port, dan beberapa kekurangan lainnya. Meskipun terlihat sepele, namun ini perlu Anda perhatikan agar tidak mengurangi pengalaman penggunaannya.

Bila Anda tertarik membeli laptop yang satu ini, maka Anda perlu menyiapkan dana sekitar 4,6 jutaan. Dimana Anda bisa mendapatkan laptop tersebut di berbagai toko ataupun bisa langsung mengunjungi center resmi dari Lenovo.

9. Acer Aspire 3 A315-21-948E

Acer Aspire 3 A315 21 948E

Datang lagi Acer Aspire 3 sebagai salah satu opsi yang bisa Anda pilih, dimana Acer kini memberikan beberapa perbedaan dalam serinya kali ini. Bahkan bisa dibilang sangat unik dan mungkin akan sangat berguna bagi Anda.

Salah satu keunikannya ialah ia memiliki dua slot RAM, RAM satu berkapasitas 4 GB dan yang satunya bisa Anda update hingga 12 GB. Meskipun terbilang sebagai teknologi baru, namun nyatanya fitur tersebut sudah ada di merk Acer di kelas 4 jutaan.

Selain itu, Acer Aspire 3 telah disematkan processor yang sangat garang yaitu AMD APU A9, dimana soal performa tidak perlu diragukan lagi. Processor ini bisa berjalan dengan lebih fleksibel saat laptop saat kondisi netral atau saat kondisi berat, maka processor akan menyesuaikan penggunaannya.

Saat sudah memutuskan untuk membeli laptop ini, maka segeralah menuju toko atau center terdekat dari Acer di kota Anda. Kemudian siapkan dana sekitar 4,8 jutaan bagi Anda yang berminat membawa pulang laptop tersebut.

10. Lenovo IdeaPad S145 (AMD A9, 8GB, 1TB)

Lenovo IdeaPad S145 AMD A9 8GB 1TB

Lenovo memang gencar menyasar pasar di 4 jutaan, hal ini karena pasar itulah yang dinilai Lenovo sebagai yang paling ideal. Sehingga mereka mengeluarkan kembali Lenovo IdeaPad S145 sebagai salah satu pesaing di kelas tersebut.

Laptop yang satu ini diklaim Lenovo sebagai yang terbaik di kelas 4 jutaan, bagaimana tidak RAM laptop ini saja menyentuh angka 8 GB. Disisi lain ia juga sudah menggunakan processor AMD Quad Core A9 serta penyimpanan hingga 1 TB HDD.

Daftar Harga Laptop untuk Desain Grafis Harga 4 Jutaan

Merk/Produk

Harga

 Toko

Asus X454YA-BX801D

Rp4.200.000

Tokopedia

HP 14-BW018AU

Rp4.074.000

Tokopedia

Acer Aspire Z3 451

Rp4.200.000

Tokopedia

Lenovo IdeaPad 110

Rp3.850.000

Tokopedia

Acer Aspire 3 Slim A314-22-A5UW

Rp4.799.000

Shopee

Asus A455LA CORE I3 5005U

Rp4.950.000

Tokopedia

Dell Inspiron 3442 Core i3

Rp4.199.000

Tokopedia

Lenovo Ideapad 320-14AST

Rp4.699.000

Tokopedia

Acer Aspire 3 A315-21-948E

Rp4.850.000

Tokopedia

Lenovo IdeaPad S145

Rp4.999.000 Tokopedia

Bisa dibilang tidak ada laptop lain yang menawarkan spesifikasi tersebut di harga 4 jutaan saja, sehingga laptop ini menjadi yang paling recomended hingga saat ini. Tentunya Anda bisa memilihnya sebagai laptop daily driver ataupun kebutuhan desain grafis seperti tujuan semula Anda.

Banyaknya pilihan laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan, pastinya akan membuat Anda bingung memilih laptop yang mana. Namun di sini Anda tidak boleh ragu, melainkan pilihlah laptop yang sesuai kebutuhan dan sesuai kata hati Anda tersebut.

Baca juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ini Dia Cara Mudah Bikin Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Setiap tahunnya, penggunaan smartphone, terutama Android, terus mengalami peningkatan. Bagaimana ti

Teknik Sipil
Teknik Sipil Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Membeli rumah saat ini terbilang cukup sulit karena harganya yang sudah melambung tinggi. Apalagi,

Properti
Properti Kisaran Harga Tipe Rumah Minimalis, Terbaru 2022!

Ingin membeli rumah minimalis? Rumah minimalis ini kini menjadi incaran kaum millenials ketiak menc

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia