10 Laptop untuk Desain Grafis Harga 3 Jutaan Paling Recommended

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi ∙ 5 December 2021 ∙ 11 menit membaca

Untuk Anda yang bekerja sebagai seorang desain grafis, tentunya membutuhkan laptop yang memadai dalam melakukan pekerjaan. Kini Anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada banyak laptop untuk desain grafis harga 3 jutaan saja yang bisa Anda beli.

Meskipun dengan harga yang murah, namun laptop di masa sekarang telah dibekali dengan spesifikasi tinggi untuk memenuhi segala kebutuhan konsumen. Termasuk untuk Anda yang memang butuh laptop canggih dalam melakukan desain grafis.

Tips Memilih Laptop dengan Kemampuan Desain Grafis Mumpuni

Tentunya bila Anda akan membeli laptop khusus untuk kebutuhan desain grafis, maka Anda tidak boleh memilih laptop secara sembarangan. Setidaknya ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan seperti berikut ini:

1. Pilih Laptop yang Mengutamakan Spesifikasi

Pilih Laptop yang Mengutamakan Spesifikasi

Di harga 3 jutaan tidak banyak brand yang menyediakan laptop dengan kualitas bagus, namun Anda masih bisa menemukan laptop yang mengutamakan spesifikasi saja. Biasanya laptop seperti ini tidak bisa tahan lama, akan tetapi sangat bagus untuk menangani semua pekerjaan di bidang desain.

Selain itu, bila Anda lebih mengutamakan spesifikasi, maka Anda juga bisa memilih pilihan laptop yang lebih beragam. Karena Anda dapat memilih laptop-laptop dari brand yang tidak terkenal, namun memiliki spesifikasi yang memadai.

Misalnya saja laptop Asus keluaran lama, merk HP, Axioo, Zyrex, dan masih banyak lagi lainnya. Brand ini memang tidak unggul dari segi kualitasnya, namun mereka sangat ahli bila soal menghadirkan teknologi dan mesin yang akan sangat membantu Anda.

2. Perhatikan Kenyamanan Penggunaan Laptop

Perhatikan Kenyamanan Penggunaan Laptop

Memilih laptop yang paling nyaman merupakan tips selanjutnya, mengingat desain grafis membutuhkan waktu yang lama. Maka Anda juga harus memperhatikan kenyamanan Anda dalam menggunakan laptop tersebut.

Dimaksud kenyamanan di sini berupa mudah digunakan, baterai awet, tidak cepat panas, hingga kenyamanan layar saat Anda melakukan desain. Hal ini bisa Anda lihat dengan sangat mudah, caranya hanya perlu membandingkan spesifikasi-spesifikasi tertentu saja.

Misalnya saja seperti graphics yang digunakan, panel layar, kapasitas baterai, dan beberapa spesifikasi vital lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menakar pilihan laptop mana yang paling tepat untuk Anda beli dan gunakan.

3. Pastikan Laptop Memiliki Image Baik di Pasaran

Pastikan Laptop Memiliki Image Baik di Pasaran

Meskipun sebelumnya dibilang pilihlah laptop yang hanya mengutamakan spesifikasi saja, namun Anda juga perlu melihat image brand tersebut di pasaran. Apakah memiliki image yang bagus, biasa saja, atau benar-benar buruk.

Setidaknya Anda harus mengetahui brand apa saja yang menawarkan laptop untuk desain grafis harga 3 jutaan berkualitas. Sehingga Anda bisa mencari tipe yang paling tepat dan cocok untuk kebutuhan di bidang desain grafis.

Jangan sungkan untuk bertanya langsung pada toko atau penjual laptop di daerah Anda, karena mereka lebih tahu seputar laptop terbaik di kisaran harga tertentu. Lengkap dengan pengetahuan akan spesifikasi atau keunggulan yang dimilikinya.

4. Cari Tahu Rekomendasi Terbaik dari Teman atau Media Internet

Cari Tahu Rekomendasi Terbaik dari Teman atau Media Internet

Mencari tahu kelebihan sebuah laptop kini tidaklah sulit, dimana Anda bisa meminta bantuan teman atau mencari informasi laptop terbaik yang ada di media internet. Hal ini bisa Anda lakukan bila sudah mengetahui jenis laptop apa yang akan Anda beli.

Jangan lupa juga komparasikan beberapa laptop yang direkomendasikan oleh teman Anda, lalu pilihlah laptop yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Caranya tinggal lihat spesifikasi-spesifikasi utama yang Anda butuhkan untuk kebutuhan desain grafis.

Misalnya saja dari segi RAM, processor, memory, panel layar, dan instrumen-instrumen lainnya. Urutkan spesifikasi yang menurut Anda paling penting hingga yang paling tidak penting, dengan begitu dijamin Anda dapat mendapatkan laptop yang tepat.

Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis Harga 3 Jutaan

Tidak banyak pilihan laptop dengan harga 3 jutaan, namun Anda masih bisa mendapatkan laptop yang bagus untuk memenuhi kebutuhan desain grafis. Berikut beberapa laptop yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

1. Asus A409Ma-BV111T N4000

Asus A409Ma BV111T N4000

Asus selalu memberikan spesifikasi tinggi di harga yang terjangkau, begitu pula dengan seri laptop terbarunya Asus A409Ma. Dimana laptop ini mempunyai spesifikasi yang terbilang unggul untuk kelas laptop 3 jutaan.

Laptop ini membawa RAM sebesar 4GB dilengkapi dengan processor Intel Celeron N4000, dimana paduan dua inti ini membuat Asus A409Ma sangatlah handal. Apalagi dukungan Intel UHD Graphics 600 di sisi grafisnya, membuat laptop ini semakin modern dari segi layarnya.

Hal tersebutlah yang membuat laptop Asus ini sangat bagus Anda pilih, mengingat Anda sedang butuh laptop dengan kemampuan desain grafis terbaik di harga 3 jutaan. Laptop ini sudah menjadi paket lengkap yang menyediakan semuanya untuk Anda.

Apalagi ia juga telah disematkan desain yang lebih minimalis dan stylish, sehingga cocok untuk Anda bawa kemanapun Anda pergi. Karena bobotnya yang ringan, akan sangat mudah untuk membawanya di dalam tas yang sedang Anda gunakan.

2. Lenovo IdeaPad D330

Lenovo IdeaPad D330

Laptop jenis IdeaPad dari Lenovo memang memiliki kesan tersendiri bagi penggunanya, begitu pula dengan laptop terbarunya yaitu Lenovo IdeaPad D330. Dimana laptop ini dibuat khusus untuk Anda yang sangat menyukai multimedia di laptop.

Baik untuk menonton video, melakukan desain, ataupun bermain game. Hal ini karena ia memiliki grafis dari NVIDIA Geforce, dimana semua orang tahu grafis ini menjadi salah satu yang terbaik di antara yang lainnya.

Di sisi lain laptop ini juga membawa spesifikasi yang mumpuni, baik RAM yang sudah 4 GB, processor Intel, layar touchscreen, dan lain sebagainya. Anda juga bisa merasakan panel layar yang sudah LCD dan memiliki frame rate tinggi.

Dengan semua yang ditawarkannya, Lenovo IdeaPad D330 memiliki harga yang terbilang murah. Mengingat ia hanya dibanderol dengan harga kisaran 3,6 jutaan saja, sehingga menjadikan laptop ini sebagai salah satu laptop harga 3 jutaan terbaik saat ini.

3. HP 14S

HP 14S

Menjadi salah satu brand atau merek laptop yang cukup populer di Indonesia, HP tentu tak ingin kalah di kelas jutaan. Mereka berhasil menghadirkan laptop yang sangat bersaing di kelas tersebut, seperti salah satunya HP seri 14S.

Seri ini sendiri memiliki beberapa kelebihan, mulai dari spesifikasinya yang tinggi, kapasitas penyimpanan jumbo, baterai awet, dan berbagai macam kelebihan lainnya. Hal ini sangatlah bagus untuk Anda gunakan sebagai laptop daily driver pekerjaan desain grafis.

Apalagi Anda bisa membuat laptop ini dapat digunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau, mengingat kapasitas baterainya yang sangat mumpuni. Bahkan saat digunakan seharian penuh sekalipun ia belum tentu kehabisan baterai.

Harganya sendiri tidak jauh beda dengan laptop untuk desain grafis harga 3 jutaan lainnya, dimana ia memiliki harga di kisaran 3,8 jutaan saja. Harga yang terjangkau untuk semua spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop keren yang satu ini.

4. Lenovo IdeaPad Slim 1 SSD

Lenovo IdeaPad Slim 1 SSD

Satu lagi laptop dari Lenovo yang berhasil bersaing di kelas 3 jutaan, laptop tersebut ialah Lenovo IdeaPad Slim 1 SSD. Seperti namanya laptop ini dibuat dengan ukuran yang lebih tipis dan juga minimalis, sehingga desain yang dibawanya terlihat lebih modern.

Dengan bentuk yang ramping tersebut, siapa sangka laptop ini mempunyai banyak sekali keunggulan yang ditawarkannya. Mulai dari kemampuan layar yang sudah dapat menampilkan gambar 3D hingga prosesornya yang begitu handal mengolah perintah penggunanya.

Tentunya semua itu sangat bagus untuk membantu Anda dalam proses mendesain sebuah project tertentu. Sebab, kemampuan mengolah tampilannya yang lebih unggul ketimbang laptop lain di kelasnya.

Untuk semua kelebihan tersebut, Lenovo IdeaPad Slim 1 SSD ini memiliki harga di kisaran 3,9 jutaan saja. Bersaing ketat dengan laptop lain seperti Asus dan juga Acer, tapi seri dari Lenovo ini patut untuk Anda pertimbangkan sebagai salah satu laptop pilihan Anda.

5. Axioo MyBook 14 Lite

Axioo MyBook 14 Lite

Sempat merebut perhatian beberapa tahun yang lalu, kini Axioo kembali hadir dengan seri yang akan membuat konsumen tertarik memilih laptop yang dimilikinya. Hal itu terbukti dengan seri Axioo MyBook 14 Lite yang sangat laris di pasaran.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, melainkan laptop ini hadir dengan lebih agresif. Seperti sudah adanya layar LCD dengan ukuran 14 inchi, RAM hingga 4GB, Processor i3, dan berbagai kelebihan lain yang dibawanya.

Meskipun brand atau merek laptop Axioo kurang terkenal di pasaran, namun bukan berarti laptop yang satu ini memiliki kualitas buruk. Hanya saja ia tidak cocok untuk beberapa kebutuhan orang Indonesia yang lebih condong ke arah desain dan spesifikasi tinggi saja.

Namun, untuk Anda yang hanya membutuhkan laptop dengan kemampuan desain grafis yang lebih maksimal. Maka Axioo MyBook 14 Lite yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan yang sangatlah tepat.

6. Zyrex Sky 360 Mini

Zyrex Sky 360 Mini

Selanjutnya ada laptop mini dari Zyrex dengan seri Sky 360 Mini, seperti namanya laptop ini benar-benar memiliki ukuran kecil seperti notebook. Dimana ia memiliki bentang layar sebesar 11,6 inchi, kemudian sudah menggunakan layar dengan kualitas gambar Full HD.

Dari segi mesinnya sendiri Zyrex Sky 360 Mini cukup memadai, karena dengan harga 3 jutaan saja ia sudah menggunakan RAM 4 GB dengan processor dari Intel. Tentunya soal kualitas dan performanya tidak perlu diragukan lagi.

Namun sayangnya, laptop ini juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya hanya memiliki kapasitas SSD sebesar 128 GB saja. Hal ini membuat Anda tidak bisa leluasa menginstal terlalu banyak aplikasi desain grafis di laptop tersebut.

Akan tetapi untuk menyimpan file editing Anda masih bisa menambahkan penyimpanan HDD yang lebih luas. Dengan begitu, beban penyimpanan internal di laptop bisa berkurang dan tidak terlalu memaksakan ruang yang ada di penyimpanan tersebut.

7. Alldocube Kbook Lite

Alldocube Kbook Lite

Siapa bilang merk tidak terkenal memiliki kualitas buruk, hal tersebut dapat dipatahkan oleh laptop yang bernama Alldocube Kbook Lite. Sebenarnya laptop untuk ditunjukkan untuk kebutuhan kantor atau keseharian saja.

Tapi karena laptop ini sudah dibekali dengan RAM 4 GB berjenis DDR3, membuatnya menjadi salah satu rekomendasi laptop terbaik untuk desain grafis yang bisa Anda gunakan. Tak heran karena ia juga sangat unggul dalam hal spesifikasinya.

Apalagi layarnya yang sudah Full HD+ dengan ukuran 13,5 inchi, tentunya akan sangat memanjakan Anda saat menggunakan laptop yang satu ini. Bahkan Alldocube Kbook Lite ini sudah memiliki Graphics Intel HD 500, dimana graphics ini sangat bagus untuk menampilkan gambar 3D sekalipun.

Dengan semua spesifikasi yang dibawanya, laptop ini hanya dibanderol dengan harga sekitar 3,4 jutaan saja. Terbilang sangat murah dan menjadi salah satu laptop dengan spesifikasi yang terbaik di kelas 3 jutaan tersebut.

8. Dell Inspiron 11-3180

Dell Inspiron 11 3180

Bagi Anda yang mencari laptop untuk desain grafis harga 3 jutaan dengan panel layar terbaik, maka Anda bisa memilih laptop Dell Inspiron 11-3180. Laptop ini memiliki layar yang kecil dengan ukuran 11 inch, namun ia sudah menggunakan layar dengan teknologi display Anti Glare LED Backlit.

Layar tersebut memungkinkan untuk menampilkan gambar yang lebih jelas, apalagi Anda juga akan menemukan graphics dari AMD Radeon R5. Dilengkapi pula dengan 3 Compute Unit GPU Clock 800 GHz, hal ini memungkinkan Anda dapat menikmati tampilan layar yang lebih optimal.

Dengan demikian, laptop ini cocok untuk Anda gunakan dalam kebutuhan yang mengandalkan performa layar seperti desain grafis. Selain itu, Dell Inspiron seri ini sendiri dibekali dengan RAM 4GB dan AMD A9 yang membuatnya semakin tangguh untuk berbagai kebutuhan.

Semua itu dapat Anda dapatkan dengan harga 3,8 jutaan saja, sehingga ia termasuk salah satu laptop terbaik yang ada di kelasnya. Hal inilah yang membuat laptop ini bisa menjadi salah satu laptop yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan desain grafis.

9. Lenovo IP 320-14AST

Lenovo IP 320 14AST

Lenovo sering menghadirkan laptop dengan kualitas yang baik, hal ini juga diterapkan pada Lenovo IP 320-14AST. Bedanya laptop ini dibekali dengan spesifikasi tinggi, namun memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang laptop Lenovo lainnya.

Laptop ini sendiri membawa RAM 4 GB, processor AMD A9 dengan kecepatan 3,6 Ghz, Memory hingga 1 TB, graphics AMD Radeon R5, dan spesifikasi unggul lainnya. Hal inilah yang membuat laptop ini sangat lari di pasar Indonesia saat pertama kali diluncurkan.

Hal tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari harganya yang sangat terjangkau, dimana laptop ini dijual secara resmi dengan harga 3,8 jutaan. Pastinya di kelas tersebut terdapat laptop yang hanya memiliki spesifikasi setengah dari laptop yang satu ini.

Sehingga bagi Anda yang mencari laptop paling ideal untuk kebutuhan desain grafis, maka Lenovo IP 320-14AST bisa menjadi pilihan yang bagus. Apalagi ia memang merupakan salah satu brand yang terkenal dengan kualitasnya.

10. HP 14-CM0091AU

HP 14 CM0091AU

Menggunakan merk HP bagi sebagian besar orang merasa gengsi, namun tahukan Anda bahwa brand ini sebenarnya memiliki laptop yang sangat bagus. Salah satunya laptop HP 14-CM0091AU yang membawa spesifikasi sangat mumpuni di kelasnya.

Berbekal RAM 4GB DDR4, VGA AMD R3, serta processor AMD A4 laptop ini mencoba menghadirkan performa tinggi di harga 3 jutaan. Benar saja dengan komposisi mesin yang dibawanya, membuat laptop ini mampu menangani semua kebutuhan di bidang digital.

Mulai dari kebutuhan kantor, Anda seorang desain grafis, hingga bagi orang yang butuh laptop gaming sekalipun. Semuanya dapat dilakukan dengan hanya menggunakan laptop HP seri 14-CM0091AU tersebut.

Daftar Harga Laptop untuk Desain Grafis Harga 3 Jutaan

Merk/Produk Harga  Toko
Asus A409Ma-BV111T N4000 Rp3.806.000 Tokopedia
Lenovo IdeaPad D330 Rp3.500.000 Tokopedia
HP 14S Rp3.850.000 Tokopedia
Lenovo IdeaPad Slim 1 SSD Rp3.999.000 Shopee
Axioo MyBook 14 Lite Rp3.450.000 Tokopedia
Zyrex Sky 360 Mini Rp3.500.000 Tokopedia
Alldocube Kbook Lite Rp3.600.000 Tokopedia
Dell Inspiron 11-3180 Rp3.950.000 Shopee
Lenovo IP 320-14AST Rp3.650.000 Tokopedia
HP 14-CM0091AU Rp3.750.000 Tokopedia

Bila sudah melihat daftar laptop untuk desain grafis harga 3 jutaan di atas, pastinya kini Anda sudah tahu ingin membeli laptop yang mana. Mengingat setiap laptop memiliki spesifikasi khusus dan kelebihan tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda tersebut.

Baca juga: 

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Looks Keramik Kamar Mandi Hitam yang Elegan

Pernah terpikirkan untuk membuat tampilan kamar mandi berbeda? Kamu bisa bermain dengan warna dari

Lifestyle
Lifestyle 5 Cara Login Telegram di Laptop yang Aman & Cepat

Messenger yang memiliki banyak user menuntut founder dan developer-nya untuk memberikan kemudahan.

Lifestyle
Lifestyle 4 Cara Download WA di Laptop Windows & Mac

Bagi sebagian besar pengguna smartphone di tanah air, eksistensi WhatsApp adalah sebuah keharusan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 13 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Agar Rapi dan Bersih

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang kebersihannya harus selalu dijaga.

Lifestyle
Lifestyle 20 Rekomendasi Laptop 5 Jutaan, Terjangkau & Tahan Banting

Apakah kamu seorang mahasiswa maupun lulusan baru yang mengincar laptop murah? Daftar rekomendasi l

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia