BlogPembeli Properti PemulaCerita Beli PropertiCerita Myra Beli Rumah Second di Pinhome, Mudah Cari Rumah!
0
0

Cerita Myra Beli Rumah Second di Pinhome, Mudah Cari Rumah!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pengalaman beli rumah secondtop-right-banner

Membeli rumah second atau bekas memang jadi pilihan banyak orang yang ingin punya hunian dengan budget terbatas. Maka dari itu, pengalaman beli rumah second di Bogor tepatnya di sekitar perumahan Nusa Indah, seperti yang dialami Myra, menjadi perjalanan yang menarik sekaligus menantang. 

Dalam wawancara kali ini, Myra akan berbagi cerita mengapa ia akhirnya memutuskan membeli rumah seken di Pinhome. Penasaran? Simak pengalaman lengkapnya di bawah ini, yuk!

Berawal dari ingin cari tempat tinggal permanen

Myra, seorang karyawan swasta berusia 25 tahun, menjadi salah satu orang yang berhasil beli rumah seken di Bogor sebelum usia 25 tahun. Bahkan, ia dan keluarga berhasil mendapatkan rumah dengan harga di bawah 1 milyar!

Bila ditanya mengapa ia mencari rumah, tentu jawabannya hampir mirip dengan semua orang. Myra merasa membutuhkan tempat tinggal permanen. Tentu saja, ia sudah mempertimbangkan opsi untuk menyewa atau membeli rumah. 

Setelah membandingkan harga sewa di daerah Bogor dengan harga rumah, ia dan keluarga memutuskan untuk membeli rumah. 

Rumah sebagai tempat tinggal dan investasi

Selain sebagai tempat tinggal, rumah yang dibelinya bisa jadi investasi. Pasalnya, ia berpendapat bahwa uang yang dihabiskan untuk menyewa rumah tidak akan menghasilkan apa pun. 

Sementara itu, membeli rumah justru memberikan hasil jangka panjang. Terlebih lagi, Myra melihat rumah sebagai bentuk investasi properti  yang nilai harganya akan terus naik seiring berjalannya waktu. 

Jadi, ia berharap rumah yang baru ini nantinya bisa dijual dan membeli rumah yang lebih baik di kemudian hari. 

Beli rumah second vs. rumah baru

Pengalaman beli rumah second tentu akan berbeda ketika seseorang membeli rumah baru. Hal ini tentu dilakukan setelah melalui banyak pertimbangan, sama seperti Myra. 

Wanita berusia 25 tahun ini sudah membandingkan keduanya, antara beli rumah baru atau seken. Awalnya, Myra mencari rumah di daerah Bogor Utara atau Kabupaten Sukaraja yang dekat dengan stasiun KRL. Faktor ini sangat krusial mengingat Myra punya kebutuhan untuk berangkat ke kantor. 

Setelah membandingkan sana-sini, Myra merasa bahwa kualitas rumah baru di sekitar stasiun tidak memenuhi standarnya. Terlebih lagi, harga rumah baru cenderung lebih mahal. 

Itu sebabnya, Myra memutuskan membeli rumah seken karena biasanya berada di lokasi dan akses yang lebih baik. 

Alasan memilih Pinhome

Mencari rumah memang tidak semudah membeli baju atau barang lainnya. Ada begitu banyak hal yang perlu dilalui dengan proses yang cukup panjang. Untungnya, ia menemukan Pinhome sebagai solusi Pintar Urusan Hunian yang menawarkan beragam keuntungan. 

Pencarian rumah second yang memakan waktu

Pertama, pengalaman dan perjalanan beli rumah second terkadang tidak semulus yang dibayangkan. Ia sudah mencari rumah di banyak tempat dan menggunakan berbagai platform online. 

Sayangnya, hal tersebut belum membuahkan hasil. Bahkan, ia sudah mencapai puluhan rumah dan mengunjungi belasan di antaranya. Jika harga rumah tidak sesuai anggarannya, Myra langsung mencoret rumah tersebut dari daftar. 

Namun, begitu menggunakan Pinhome, ia merasa platform ini lah yang jadi tempat yang tepat untuk menemukan rumah yang dicari. Baik dari lokasi rumah maupun harga yang ditawarkan. 

Baca juga: Tahap KPR Rumah Bekas dan Persyaratannya

Terbantu fitur aplikasi Pinhome

Selain penawaran yang diberikan, Myra merasa Pinhome membantu memudahkan pengalamannya dalam beli rumah second. Pasalnya, aplikasi Pinhome menawarkan fitur kalkulator untuk menentukan harga rumah yang sesuai dengan gaji. 

“Awalnya, cari dulu di aplikasi pakai fitur kalkulator. Dari gaji yang didapat, bisa dilihat angka tersebut cukup untuk rumah dengan harga berapa,” jelas Myra. 

Setelah itu, ia bisa melakukan filter untuk mencari rumah second berdasarkan kemampuan finansialnya tadi. Bila sudah difilter, ia bisa melihat foto-foto rumah dan membaca deskripsi lengkapnya sebelum menghubungi agen. 

Dari sini, Myra bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan mengatur kunjungan bersama agen. Dengan fitur tersebut, tentu Myra dan keluarga bisa menghemat waktu memilih rumah yang benar-benar menarik hati mereka. 

Tips finansial beli rumah second dari Myra

Tips terhindar dari penipuan properti

Membeli rumah pertama, terutama rumah seken, tentu membutuhkan strategi finansial. Hal ini terutama berlaku ketika kamu mengalami keterbatasan budget, seperti Myra. 

Maka dari itu, ia membagikan beberapa tips finansial yang berguna untuk menyiapkan dana beli rumah pertama. Apa saja? 

Perhatikan biaya tambahan saat beli rumah second

Tidak hanya rumah baru, membeli rumah bekas tentu memiliki banyak biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Jadi, ada baiknya Pins mencatat biaya-biaya tersebut. Misalnya, BPHTB dan appraisal. 

Bila dihitung-hitung, biaya tambahan ini bisa mencapai hampir 20% dari harga rumah yang akan dibeli. Maka dari itu, kamu harus lebih cermat menghitung biaya yang dikeluarkan saat beli rumah seken. 

Baca juga: 7 Tips Membeli Rumah Seken Agar Tidak Tertipu!

Menabung dengan rutin

Bila kesulitan menabung uang, cobalah mengikuti challenge tertentu, misalnya Challenge mengumpulkan uang 20 juta dalam satu tahun. Ini mungkin akan memotivasi Pins ketika kesulitan menyisihkan atau menabung sebagian uang, bukan? 

Mengatasi masalah appraisal rumah second

Bagi yang belum tahu, membeli rumah bekas ternyata tidak di-cover sepenuhnya oleh bank. Bank justru hanya membiayai maksimal 85% dari harga rumah. 

Untungnya, harga rumah yang Myra beli lebih rendah dari harga awalnya sehingga bisa mencakup seluruh biaya bank dengan harga jual yang masih lebih tinggi. 

Nah, dari pengalaman Myra beli rumah second di Pinhome, Pins jadi tahu bahwa beli rumah bukan tugas yang mudah. Kamu membutuhkan persiapan yang tepat dan kesabaran agar proses mencari rumah bisa maksimal. 

Pins juga bisa memanfaatkan aplikasi Pinhome sebagai solusi Pintar Urusan Hunian. Mulai dari pencarian rumah baru, rumah seken, KPR rumah, sampai perawatan diri dan properti ada di sini!

Baca juga: 8 Dokumen dan Surat Jual Beli Rumah yang Harus Disiapkan Sebelum Akad!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download