BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Agar Rumah Terlihat Terang Tanpa Renovasi
0
0

Cara Agar Rumah Terlihat Terang Tanpa Renovasi

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 10, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara agar rumah terlihat terang tanpa renovasitop-right-banner

Sebuah rumah yang terang tentu akan lebih nyaman untuk dihuni. Selain dari segi kesehatan, kekurangan pencahayaan dalam rumah dapat membuat kondisi di dalamnya terasa kurang aman. Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara agar rumah terlihat lebih terang tanpa renovasi yang berlebihan.

Kadang-kadang, kelembapan dan kegelapan di dalam rumah pada siang hari bukanlah disebabkan oleh kurangnya cahaya dari lampu, melainkan lebih karena desain bangunan yang tidak memungkinkan masuknya cahaya alami, seperti sinar matahari. Biasanya, masalah seperti ini dapat diatasi dengan renovasi, namun tentu saja hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jika ingin membuat Rumah Eksklusif terlihat lebih terang tanpa renovasi yang mahal layaknya Vasa Jagakarsa ataupun perumahan di Jagakarsa lainnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Yuk intip beberapa cara agar rumah terlihat terang tanpa renovasi dari Pinhome berikut ini.

Baca Juga: 

Cara Agar Rumah Terlihat Terang Tanpa Renovasi

Lalu bagaimana cara agar rumah terlihat terang tanpa renovasi berlebihan? Temukan inspirasinya dalam artikel kali ini.

1. Lakukan Pembersihan Pada Jendela

cara agar rumah terlihat terang tanpa renovasi
Source : Unsplash

Bersihkan jendela minimalis kamu secara rutin untuk mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal di dalam rumah. Gunakan kain lap basah dengan cairan pembersih atau sabun pencuci piring yang lembut. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lap kering.

Pastikan juga membersihkan sela-sela jendela agar tidak ada debu atau kotoran yang menghalangi pencahayaan masuk ke dalam ruangan. Dengan begitu, ruangan akan terasa lebih terang dan nyaman.

Baca Juga: 

2. Bersihkan Jendela Yang Kotor, Ganti Tirai Dengan Yang Lebih Tipis

cara agar rumah terlihat terang tanpa renovasi
Source : Unsplash

Pastikan kamu menyediakan waktu yang cukup untuk membersihkan jendela-jendela yang kotor. Gunakan pembersih kaca yang baik dan lap bersih untuk menghapus debu dan kotoran.

Setelah itu, pertimbangkan untuk mengganti tirai dengan yang lebih tipis atau transparan. Tirai yang lebih tipis dapat memungkinkan lebih banyak sinar matahari masuk ke dalam rumah, membuatnya terlihat lebih terang dan nyaman tanpa harus melakukan renovasi besar-besaran.

Baca juga:

3. Cobalah Untuk Merencanakan Pengantian Cat Dinding

pengecatan dinding
Source : Unsplash

Saat mau ganti cat dinding, lebih baik pilih cat matte daripada glossy. Cat matte bikin ruangan terang secara merata dan nyaman untuk mata. Beda sama cat glossy yang bisa bikin ruangan terlalu silau dan kurang nyaman.

Cat matte lebih lembut dan cahayanya fokus di tengah ruangan, jadi efek terangnya lebih bagus. Selain itu, pilih warna cat yang cerah biar ruangan terlihat lebih luas dan segar. Sebelum mulai cat, pastikan dinding sudah bersih dan pakai perlengkapan lengkap seperti kuas, roller, dan masking tape. Dengan rencana yang baik, ruangan jadi lebih segar dan nyaman dipandang.

Baca Juga: 

4. Gunakan Cermin Sebagai Reflektor

gunakan cermin reflektor
Source : Unsplash

Kamu bisa menggunakan cermin bukan hanya sebagai alat bantu berdandan, tapi juga sebagai reflektor alami untuk mencerahkan ruangan pada siang hari. Cahaya matahari yang dipantulkan oleh cermin bisa memberikan nuansa terang yang menyegarkan pada seluruh ruangan.

Pilihlah cermin dengan ukuran setengah badan untuk hasil yang maksimal, karena ini akan memaksimalkan refleksi cahaya dan memberikan kesan ruangan yang lebih terang dan luas.

Baca juga:

5. Bila Terdapat Pohon Peneduh, Kurangi Percabangan

cara agar rumah terlihat terang tanpa renovasi
Source : Unsplash

Jika ada pohon peneduh di sekitar rumah, penting untuk memperhatikan jumlah percabangan yang terlalu lebat. Meskipun pohon peneduh dirancang untuk memberikan efek sejuk, percabangan yang terlalu banyak dapat menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruangan, membuatnya terlalu gelap. Untuk mengatasi hal ini, coba kurangi percabangan dengan memangkas beberapa dahan besar agar sinar matahari kembali dapat masuk ke dalam ruangan.

Keberadaan sinar matahari yang cukup di dalam ruangan memiliki banyak manfaat positif. Selain memberikan kesan ruangan yang lebih terang dan nyaman, sinar matahari juga membantu menjaga kesehatan dan keamanan keluarga. Sinar matahari yang masuk dengan intensitas cukup dapat membantu mengurangi kelembaban di dalam ruangan, sehingga mengurangi risiko virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan.

Itulah beberapa tips atau cara agar ruamh terlihat terang tanpa renovasi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download