BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Cara Mengecat Dinding Bercorak dengan Rapih
0
0

11 Cara Mengecat Dinding Bercorak dengan Rapih

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Feb 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin tahu cara mengecat dinding bermotif dengan biaya murah? Mengapa tidak mencoba menggunakan barang-barang familiar yang Kamu miliki di rumah? Dinding polos lama kelamaan bisa terlihat membosankan. Ingin menambahkan beberapa dekorasi tetapi tidak tahu harus mulai dari mana?

Jika Kamu bosan dengan warna-warna polos atau monoton pada ruang tamu Kamu, ada baiknya Kamu membuat warna dinding bernuansa ridge atau bergaris.

 Tentunya Kamu juga bisa menggunakan pola aliran berikut ini untuk menciptakan kesan dan suasana unik pada ruang tamu Kamu.

 Meski terkesan sulit, Kamu bisa melakukannya dengan mudah di rumah. Cukup tempelkan selotip atau pita perekat secara vertikal sesuai bentuk garis yang diinginkan dan gunakan kuas rol untuk mengecat area yang tidak tertutup pita perekat.

Biasanya orang memilih wallpaper dan hiasan dinding yang sangat mahal. Jika Kamu menemukan sesuatu yang  murah dan bagus, mengapa tidak mencobanya? Ikuti kami dan pelajari cara melukis pola dengan objek sederhana.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Cara Mengecat Dinding Bercorak dengan Rapih

Berikut merupakan cara-cara yang bisa Kamu lakukan agar mengecat bisa rapih:

1. Cara Mengecat Dinding Bercorak Gunakan Roller Corak

Source : Pixabay

Pertama, Jika Kamu tidak ambil pusing dalam membuat pola, kamu bisa menggunakan roller yang telah memiliki pola sesuai keinginan Kamu. Praktis saja, kamu bisa langsung menyelupkan roller cat lalu mengecat seperti biasa dengan hati-hati.

2. Menggunakan Plastik

Plastik yang digunakan adalah plastik area luas. Pola yang dihasilkan menyerupai pola abstrak atau permukaan air laut. Ada dua cara untuk melakukan hal ini. Gulung dengan roller atau dengan tangan.

3. Cara Mengecat Dinding Bercorak Gunakan Spons atau Busa

Baik itu spons cucian atau spons lainnya, ini akan membantu Kamu mengecat tembok dinding bermotif. Menariknya, spons dapat dipotong terlebih dahulu dan dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan. Pola yang paling umum  adalah  bata ekspos atau polkadot. Cara melukis : Cukup celupkan dan tempel berulang kali hingga membentuk pola.

4. Cat dengan Kuas

Source : Pixabay

Menggunakan kuas untuk mengecat dinding sudah umum dilakukan orang dan hasilnya pasti tembok polos. Namun, kamu bisa menggunakan teknik yang berbeda dengan kuas untuk menciptakan corak abstrak seperti lukisan para seniman. Mulailah dengan menutupi bagian selain dinding dengan plastik, termasuk bagian lantai juga. Celupkan kuas ke dalam cat dan mulai mencipratkannya ke tembok.

5. Menggunakan Benang

Source : Pixabay

Ada banyak cara menggambar dengan benang, namun cara termudah adalah dengan melilitkan benang pada medium. Dapat digulung menjadi gulungan atau media lainnya. Mohon memperhatikan kemasannya agar bentuknya sesuai dengan kebutuhan Kamu. Cara pengecatannya sangat sederhana. Itu bisa vertikal, horizontal atau diagonal.

6. Cara Mengecat Dinding Bercorak Pakai Kertas Mika

Kertas mika memungkinkan Kamu mengecat dinding dengan motif yang kaya. Karena kertas mika terbuat dari plastik, kecil kemungkinannya untuk luntur dibandingkan kertas biasa. Hal ini memudahkan pengecatan nantinya tanpa merusak motif. Pertama, buatlah pola di atas kertas mika dan guntinglah pola tersebut sesuai dengan pekerjaanmu. Setelah pola selesai, letakkan kertas mika pada dinding yang ingin dilukis dan mulailah melukis.

7. Menggunakan Bantuan Sikat

Kuas yang digunakan untuk menyikat pakaian juga bisa digunakan untuk menambah pola pada dinding. Caranya sederhana, cukup cat secara vertikal pada dinding rumah Kamu dengan kuas. Kuasnya menciptakan garis-garis padat menakjubkan yang menyerupai serabut kelapa.

8. Dengan Bantuan Pensil

Source : Pixabay

Jika Kamu pandai menggambar, jangan sia-siakan keterampilan Kamu. Ubah dinding rumahmu menjadi sketsa besar hasil karyamu. Pertama, gambar pola dan bentuk di dinding. Setelah pola digambar, Kamu bisa mulai melukis dengan kuas.

9. Cara Mengecat Dinding Bercorak dengan Kain

Kain dapat digunakan untuk membuat pola abstrak yang menyerupai kumpulan serat benang. Ada dua cara melukis di atas kain. Kamu bisa menggambarnya dengan tangan atau membungkusnya menjadi gulungan. Pertama, celupkan kain ke dalam cat dan peras, pastikan catnya tidak terlalu banyak. Lalu tempelkan pada dinding dengan pola vertikal.

10. Cara Mengecat Dinding Bercorak dengan Selotip

Cara termudah untuk membuat dinding bermotif dengan pola yang menarik adalah dengan mengecatnya menggunakan selotip. Masking tape dapat digunakan untuk membuat garis lurus tajam dan pola dengan sudut lancip. Misalnya garis mendatar, vertikal, atau zigzag. Mudah digunakan, cukup buat pola sebelum mulai melukis.

11. Menggunakan Cetakan Pola

Kamu juga bisa dapat menggunakan cetakan pola, yang mana biasanya terbuat dari kertas anti air yang sudah dibentuk sesuai pola yang diinginkan. Kamu bisa menempel cetakan pola dengan solatin lalu mulai mengecat sesuai gambar pola.

Itu dia ke 11 cara mengecat dinding bercorak, semoga bermnafaat ya Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download