Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 7 Motor Paling Irit Bensin Cocok untuk Perjalanan Jauh
Otomotif

7 Motor Paling Irit Bensin Cocok untuk Perjalanan Jauh

  • 14 May, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Sebentar lagi lebaran tiba, waktu mudik pun tiba. Beberapa orang memilih mudik dengan kendaraan roda dua. Alasannya, motor paling irit dari segi konsumsi bahan bakarnya.

Ada beberapa motor irit bensin dan cocok untuk perjalanan jauh. Berikut beberapa rekomendasinya :

Suzuki Nex FI

(Viva)

Motor irit bensin pertama adalah Suzuki Nex F1. Motor ini bahkan telah mendapatkan rekor dari MURI sebagai motor paling irit se-Indonesia.

Suzuki Nex F1 didukung oleh teknologi SUPER F1 (Suzuki Performance Fuel Injection). Mesinnya berkapasitas 113cc dan mampu menjangkau jarak 109.8 km per liternya.

Keunggulan lainnya adalah desain yang ramping dan ringan. Dimensinya hanya 1.045 x 675 x 1.890 mm dan berat 93 kg. Pilihan warnanya dari bordeaux red sampai stellar blue.

Suzuki Nex F1 juga dilengkapi dengan fitur easy start system. Sistem ini memudahkan menghidupkan mesin motor. Ditambah adanya USB charger untuk pengisian daya gadget saat di perjalanan.

Sistem pencahayaan telah menggunakan LED sehingga visibilitas di malam hari dapat maksimal. Tenaga yang dihasilkan besar yaitu 9.25 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 8.5 Nm di 6.000 rpm.

Baca Juga:

Honda Vario 150

(Shutterstock)

Posisi kedua ditempati oleh Honda Vario 150 yang mampu mencapai 46.9 km/liter. Motor sudah dilengkapi dengan fitur ISS dan mesin 149 cc, berpendingin cair, satu silinder, dan SOHC.

Sementara tenaga yang dihasilkannya sekitar 13.1 PS di 8.500 rpm dan torsi 13.4 Nm pada 5.000 rpm. Bagasi besar sekitar 18 liter dan mampu menampung helm full face atau open face

Tampilan panel lengkap dan memiliki voltmeter yang berguna memantau kondisi tegangan baterai. Dimensi motor ini sekitar 1.919 x 679 x 1.062 mm dan sumbu roda 1.280 mm. Sementara tinggi tempat duduk dengan tanah sekitar 769 mm.

Motor sudah dilengkapi dengan lampu LED agar cahaya kendaraan terang benderang. Terdapat pula fitur smart key dan ACG starter.

Baca Juga : Intip Harga Motor Vario Bekas Murah di Sini!

Honda Supra X 125

(Sindonews)

Selain Honda Vario 150, ada pula Honda Supra X 125 yang diklaim irit bensin di kelas motor manual. Pilihan warnanya ada energetic red dan quantum matte black

Dimensinya sekitar 1.918 x 709 1.101 mm dan bobot 106 kg. Fitur teknologi yang digunakan adalah PGM FI injeksi. Mesin SOHC 4-tak, 1-silinder dan berkapasitas 124.89 cc.

Konsumsi bensinnya mencapai 57.2 km/ liter dengan sistem ECE R40. Tenaganya menghasilkan torsi 9.3 Nm pada 4.000 rpm dan 9.96 HP di 8.000 rpm.

Baca Juga:

Yamaha NMAX 155

(Shutterstock)

Motor irit bensin selanjutnya adalah Yamaha NMAX 155. Didukung dengan teknologi blue core dan VVA yang membuat tenaga kendaraan lebih besar.

Bahan bakar juga bisa diirit melalui teknologi tersebut. Terlebih dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi. Tampilan speedometer dirancang full digital sehingga terlihat lebih modern.

Ada 4 pilihan warna yang tersedia diantaranya adalah matte red, matte blue, black gold dan prestige silver. Yamaha NMAX 155 memiliki fitur Y-Connect untuk menghubungkan ponsel dengan motor.

Bagasinya cukup luas dan terdapat konsol penyimpanan di bagian depan. Ada suspensi belakang model tabung untuk menunjang kemampuan meredam guncangan.

Honda Scoopy

(Kompas)

Bukan rahasia lagi bila Honda Scoopy diklaim sebagai motor irit bensin. Motor ini mampu menempuh jarak 59 km per liternya. Kapasitas mesinnya 110cc dan berpendingin udara.

Honda Scoopy menghasilkan tenaga sebesar 9.1 PS pada 7.500 dan berteknologi eSP. Sementara torsi yang dihasilkan mencapai 9.4 Nm di 6.000 rpm.

Dari segi desainnya memiliki tampilan yang tegas ditambah siluet S pada bodi samping. Motor sudah dibekali dengan keyless system untuk meminimalisir pencurian.

Bagasinya berukuran 15.4 liter sementara tangki bensin mencapai 4.2 liter. Ada pula sistem eco mode ataupun ISS serta combi brake system pada Honda Scoopy.

Baca Juga : Laris! Ini Dia Harga Motor CRF Bekas

Yamaha New Aerox 155

(Shutterstock)

Kembali lagi dengan produsen Yamaha untuk motor paling irit selanjutnya adalah Yamaha New Aerox 155. Tampilannya gagah dan mampu berkendara di segala medan. 

Fitur VVA dan blue core menghemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Desain lampu menggunakan LED dipermanis dengan daytime running light. Ada fitur Y-Connect yang dapat digunakan pemilik untuk melihat lokasi parkir.

Mesinnya lebih bertenaga yakni 15.1 HP pada 8.000 rpm dan torsi tertinggi 13.9 Nm pada 6.500 rpm. Volume tangki BBM sebesar 5.5 liter dan bagasi mampu menampung helm full face dan bahan lainnya.

Vespa LX

(Pexels)

Bagi Pins yang suka sekali motor klasik bisa mencoba Vespa LX. Motor ini cocok pula untuk para wanita dan berkapasitas 124cc.

Dilengkapi dengan teknologi i-Get Engine sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien. Laju motor lebih gesit di berbagai medan jalan perkotaan.

Motor didukung dengan kunci immobilizer dan charging port USB. Panel instrumennya juga menggabungkan analog dan digital.

Motor paling irit jika digunakan untuk mudik. Bodinya yang ramping dapat menyelip di celah-celah kendaraan roda empat.

Selain itu bila memiliki mobil di rumah agar performa dan tampilannya selalu maksimal, jangan malas untuk mencucinya. Gunakan layanan Pinhome Home Service yang menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga : Motor untuk Perempuan yang Enteng dan Manis saat Dipakai


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.