Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 10 Dampak Membakar Sampah untuk Lingkungan Sekitar
dampak-membakar-sampah
Kebersihan Rumah

10 Dampak Membakar Sampah untuk Lingkungan Sekitar

  • 20 Jul, 2022 oleh Aileen Velishya
  • 5 menit membaca

Bagi banyak orang mungkin membakar sampah adalah hal yang mudah untuk dilakukan, dengan membakar sampai rumah tangga pekerjaan yang praktek daripada membuangnya ke tempat sampah langsung. Namun di samping mudahnya menghilangkan sampah dengan dibakar, ternyata membakar sampah mempunyai dampak yang buruk untuk lingkungan dan manusia. Membakar sampah berbahaya untuk kesehatan manusia serta mempengaruhi kualitas udara sehingga tidak baik untuk dihirup oleh makhluk hidup. 

Asap dari pembakaran sampah bisa mengandung gas beracun (benzopirena) yang menyerang jantung sebanyak 350 kali. Zat ini bisa jadi penyebab kanker dan hidrokarbon berbahaya yang menyebabkan iritasi. Sebagian besar dari sampah rumah tangga adalah plastik kemasan makanan dan sisa makanan. 

Jika sampah-sampah tersebut dibakar, beberapa jenis sampah seperti sisa sampah plastik yang tidak hancur memiliki kemungkinan akan dimakan oleh hewan. Hal ini tentu dapat membuat hewan sakit. Namun tidak hanya itu lho! Masih banyak dampak buruk yang disebabkan dari pembakaran sampah. Bagi Pins yang ingin tahu, simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat daftar panjang dari membakar sampah. Dampak ini bisa mempengaruhi baik kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Simak daftarnya berikut ini.

Masalah Kesehatan Bagi Manusia

(Canva)

Sampah rumah tangga sering dibakar secara asal yang bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi semua orang yang menghirup asapnya. Bahaya membakar sampah ini berupa bahan kimia beracun yang berasal dari asap pembakaran sampah ini menghasilkan karbondioksida (CO) yang jika terhirup bisa menyebabkan gangguan fungsi kerja hemoglobin (sel darah merah) yang mengangkut dan mengedarkan oksigen (O2) ke seluruh tubuh. Jika manusia kekurangan O2, hal ini bisa menimbulkan kematian.

Baca Juga: 14 Produk Pembersih Karat Terbaik dan Mudah Digunakan

Menimbulkan Zat-Zat Beracun

(Canva)

Saat pembakaran sampah terjadi, polutan yang dihasilkan oleh pembakaran sampah di lingkungan sekitar rumah akan dilepaskan ke udara yang dekat dengan permukaan tanah di mana mudah dihirup oleh orang-orang di sekitar. 

Asap dari pembakaran sampah ini akan menghasilkan senyawa kimia yang berbahaya seperti dioksin, benzena, stirena, merkuri, furans, dan senyawa kimia lainnya. Selain itu, proses dari pembakaran sampah dapat menghasilkan fosgen atau gas beracun berbahaya. Hasil dari pembakaran sampah yang mengandung klorin bisa menghasilkan 75 jenis zat yang beracun.

Mencemari Udara

(Canva)

Asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah ini dapat mencemari udara yang bisa menyebabkan rusaknya lapisan ozon. Asap beracun yang dikeluarkan tersebut tidak hanya mempengaruhi lapisan ozon tetapi juga kehidupan tumbuhan dan hewan yang tentu berdampak negatif pada satwa liar yang bisa saja memakan sampah bekas bakaran ini.

Memberi Efek Buruk Pada Ekosistem Laut

(Canva)

Bahaya membakar sampah yang sudah ada diatas, salah satunya adanya zat bahaya merkuri. Merkuri ini dapat masuk ke dalam tanah, udara, dan air yang ada di sekitar tempat pembakaran sampah. Jika merkuri ini masuk ke sungai maka senyawa zat kimia ini dapat mencemari air, membunuh ikan, bahkan mempengaruhi ekosistem kehidupan laut.

Iritasi Pada Penderita Gangguan Pernafasan

Asap dari bekas pembakaran sampah ini juga mempengaruhi orang-orang yang memiliki gangguan pernafasan, orang dengan sistem pernafasan sensitif, serta anak-anak dan orang tua yang mana lebih rentan. Selain itu, pembakaran sampah juga dapat menyebabkan iritasi pada mata dan hidung karena berhadapan langsung dengan asap.

Membahayakan Tumbuhan

(Canva)

Bahaya membakar sampah lainnya adalah racun dioksin. Senyawa ini adalah zat yang dihasilkan dari pembakaran sampah plastik. Umumnya dioksin digunakan sebagai herbisida (racun tumbuhan). Tentu hal ini sangat berbahaya bagi tumbuhan-tumbuhan di sekitar tempat pembakaran sampah.

Baca juga:

Penyebaran Timbal di Udara

(Canva)

Dampak membakar sampah lainnya adalah penyebaran timbal. Timbal dari pembakaran sampah ini bisa terserap oleh tanah atau terbawa angin. Kemungkinan besar timbal bisa menempel pada sayuran atau termakan oleh hewan ternak. 

Parahnya timbal memiliki dampak dengan jangka waktu yang panjang serta berbahaya untuk kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung dan ginjal. Adanya senyawa lainnya seperti BAP dan PAH yang ikut terbakar bisa menyebabkan kanker, salah satunya adalah kanker paru-paru.

Korosi Bahan Bangunan

(Canva)

Selain dapat menimbulkan penyakit dan bau yang tidak enak dari pembakaran sampah, dampak membakar sampah lainnya asap dan kabut bisa menyebabkan cat bangunan mengelupas dan membuat besi mengalami korosi.

Membahayakan Pengendara

(Canva)

Pembakaran sampah dapat menyebabkan kabut asap tebal dan bisa mengurangi jarak panjang dan kenyamanan di lingkungan sekitar tempat tinggal. Hal ini bisa membahayakan pengendara yang lewat di sekitar tempat pembakaran sampah dan menyebabkan kecelakaan.

Potensi Kebakaran

(Canva)

Pembakaran sampah yang dilakukan di pekarangan rumah yang tak jauh dari posisi rumah bisa merambat ke bangunan dan memicu kebakaran yang hebat. Apa lagi saat membakar sampah dicampur dengan sedikit bensin atau minyak tanah yang bisa membuat api semakin besar dan menyambar bagian rumah. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya sambaran api ke bangunan, karena sudah banyak sekali kasus yang terjadi. Banyak orang yang lalai melakukan pembakaran sampah dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Dilihat dari 10 dampak membakar sampah di atas, banyak bahaya yang ditimbulkan dari pembakaran sampah. Apalagi dengan maraknya membakar sampah bisa membuat kenyamanan orang di sekitar kita terganggu. Hal ini menandakan perlunya kesadaran masyarakat untuk memperbaiki pengelolaan sampah rumah tangga. Maka dari itu layanan sampah harus ditingkatkan lagi agar pembakaran sampah berkurang. 

Baca juga:

Supaya kondisi rumah selalu sehat, Pins juga perlu membersihkan rumah. Nah, untuk Pins yang terkadang malas bersih-bersih di rumah, bisa pakai layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service melalui aplikasi pinhome. Harganya mulai 50 ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.