Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 7 Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju dengan Mudah
cara menghilangkan minyak di baju
Kebersihan Rumah

7 Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju dengan Mudah

  • 6 Apr, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Walau tampak sepele, cara menghilangkan noda minyak di baju perlu trik tersendiri. Pasalnya, noda minyak cenderung membekas dan sulit dibersihkan. Jadi, harus ada perlakuan khusus untuk mengatasi masalah ini. 

Apalagi, risiko terkena noda minyak termasuk sering. Misal, kamu tidak sengaja menjatuhkan gorengan dan terkena baju saat makan atau baju kena cipratan minyak ketika memasak. 

Pada saat baju baru terkena minyak memang nodanya tidak begitu terlihat. Namun, noda di baju yang dibiarkan akan meninggalkan warna gelap. Sayangnya, noda ini tidak bisa dihilangkan begitu saja karena perlu metode khusus untuk mengatasinya. Apa saja?

Baking soda

(Freepik)

Selain deterjen, cara menghilangkan noda minya di baju sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan baking soda. 

Ya, bahan yang satu ini memang kerap digunakan sebagai pengembang kue. Namun, baking soda juga memiliki sifat yang mampu melarutkan minyak sehingga dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan noda minyak di baju. 

Caranya cukup mudah, kok! Pertama, siapkan alat dan bahan yang diperlukan, yaitu: baking soda, air, sikat pakaian. 

Kemudian, larutkan baking soda dengan air bersih sehingga menjadi pasta. Untuk takarannya, tidak ada patokan mutlak ya, Pins. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau noda minyak cukup lebar di baju, kamu perlu baking soda agak banyak.

Langkah selanjutnya, oleskan pasta baking soda pada bagian noda secara merata. Kamu bisa mendiamkannya selama 5 menit agar baking soda bekerja melarutkan minyak. Kemudian, sikat sampai bersih dan bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pembersih Plafon Mobil

Sabun Cuci Piring

(Freepik)

Cara menghilangkan noda minyak di baju selanjutnya adalah menggunakan sabun cuci piring. Cara ini bisa lebih efektif dibanding deterjen biasa karena sabun cuci piring dirancang khusus untuk dapat mengangkat noda minyak. 

Caranya cukup oleskan sabun cuci piring cair pada bagian noda, kemudian kucek dengan tangan atau sikat menggunakan sikat pakaian. Kalau noda minyak sudah terangkat, jangan lupa dibilas hingga bersih ya, Pins!

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Bedak Tabur

(Freepik)

Siapa sangka bedak tabur bisa mengatasi noda minyak pada baju. Ini karena bedak tabur atau talcum powder memiliki kemampuan untuk menyerap minyak.

Pins cukup menaburkan bedak pada noda minyak hingga minyak terserap. Diamkan sebentar, kemudian bersihkan dengan tisu.

Meski sangat praktis, cara menghilangkan minyak di baju dengan bedak tabur ini hanya efektif saat minyak masih basah. Fungsinya adalah menyerap minyak yang belum meresap ke dalam serat kain. 

Itu sebabnya, kamu masih perlu mencuci pakaianmu untuk benar-benar menghilangkan noda minyak setelah dilap dengan tisu. 

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX dan SPX 

Cuka

cara menghilangkan minyak di baju dengan cuka
(Freepik)

Selain untuk memasak, cuka bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas minyak di baju. Caranya mudah kok, Pins tinggal mengoleskan cuka, tetapi pastikan cairan ini terserap hingga ke serat kain. Ini bertujuan agar bekas minyak terurai sempurna. 

Setelah mengoleskan cuka, diamkan sekitar 30 menit sebelum dicuci. 

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Alkohol

cara menghilangkan minyak di baju
(Wikimedia Commons)

Bukan sembarang alkohol, jenis alkohol yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas minyak di baju adalah alkohol 70 persen. Bahan ini bisa Pins beli di apotek maupun toko swalayan. 

Cara menghilangkan bekas minyak di baju dengan alkohol yaitu dengan menuangkan beberapa tetes alkohol pada bagian yang terkena noda minyak. Diamkan sekitar 5-10 menit, kemudian cuci seperti biasa.

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

Sampo

(Freepik)

Tidak hanya mengatasi rambut berminyak, sampo bisa lho digunakan untuk menghilangkan noda minyak. Hal ini karena pada dasarnya sampo mengandung zat mengikat partikel minyak.

Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan sampo khusus rambut berminyak. Caranya, oleskan sampo pada bekas noda kemudian teteskan air agar sampo dapat menembus serat kain. Kemudian, sikat sampai bersih selama beberapa menit dan bilas seperti biasa.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Buah Lerak

(Tokopedia)

Lerak (Sapindus rarak DC) adalah tumbuhan yang buahnya telah lama dimanfaatkan sebagai pembersih. Di masyarakat kita, buah lerak dipakai untuk membersihkan lilin dari kain batik. 

Sementara itu, buah lerak dipakai untuk mencuci sutra dan wol di India. Kini, pemanfaatan lerak lebih luas, yaitu bisa digunakan sebagai sabun alami untuk mencuci baju, keramas, membasuh wajah, mengepel lantai, hingga mencuci piring.

Lerak digunakan seperti sabun dan detergen karena memiliki kandungan saponin yang bersifat melarutkan minyak.

Meski termasuk tanaman liar, kini lerak bisa kamu beli secara online. Umumnya, jenis yang dijual adalah buah kering atau produk olahan berupa cairan sabun lerak.

Jika membeli lerak dalam bentuk buah utuh, kamu perlu merendamnya selama 2 malam atau merebusnya kurang lebih dua jam hingga menjadi empuk. Setelah direbus, diamkan buah lerak hingga dingin kemudian remas-remas untuk mengeluarkan ekstrak saponin.

Ekstrak ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan minyak layaknya detergen biasa. Meski ekstrak lerak berwarna cokelat dan beraroma asam, kamu tidak perlu khawatir karena sabun lerak tidak akan meninggalkan noda ataupun bau.

Beragam cara menghilangkan bekas minyak di baju di atas memang terdengar mudah dilakukan, bukan? Kini, sudah saatnya Pins mencoba salah satu dari metode di atas untuk mendapatkan kembali baju yang bersih dan terbebas dari noda minyak, nih. Selamat mencoba ya, Pins!

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.