Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 8 Cara Mencuci Baju dengan Tangan yang Benar dan Bersih
cara mencuci baju
Kebersihan Rumah

8 Cara Mencuci Baju dengan Tangan yang Benar dan Bersih

  • 6 Apr, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Cara mencuci baju tak selalu mengandalkan mesin cuci. Beberapa bahan pakaian disarankan untuk dicuci dengan tangan agar tidak mudah rusak.

Misalnya saja pakaian dalam, gaun pesta atau bahan pakaian berbahan wol dan sutera. Sayangnya, mencuci baju dengan tangan dianggap cara yang memakan banyak waktu dan tenaga.

Biarpun begitu pakaian lebih awet dan terhindar dari resiko melar, serta lebih bersih. Untuk hasil bersih maksimal, Pins perlu mengikuti cara mencuci baju yang benar sebagai berikut!

Cek Label Baju

Cara mencuci baju yang benar dimulai dengan mengecek label baju. Label baju berada pada bagian dalam pakaian khususnya kerah.

Pada label tersebut akan memuat jenis kain, bagaimana cara mencuci, cara menyetrika hingga tingkat panas untuk mengeringkannya.

Selain dalam bentuk text, instruksi mencuci juga tersedia dalam bentuk simbol. Misal, simbol setrika dengan satu titik di tengah gambar merekomendasikan kamu untuk pakai level panas low pada pakaian tersebut. 

Klasifikasikan pakaian berdasarkan jenis kain, ukuran dan proses pencucian yang sama berdasarkan label baju. 

Dengan begitu, Pins dapat menentukan mana pakaian yang perlu cuci tangan dan mana yang perlu memakai mesin cuci.

Pisahkan Baju Putih dan Berwarna

Pins pernah mengalami kelunturan saat mencuci baju baik dengan tangan atau mesin cuci? Hal ini terjadi karena Pins tidak memisahkan baju putih dan berwarna.

Pisahkan baju berdasarkan warna putih, berwarna dan gelap. Baju dengan warna gelap seperti hitam atau biru tua adalah warna yang paling mudah luntur.

Sebaiknya segera bersihkan noda saat itu juga jika terkena baju putih. Cuci bagian yang hanya terkena noda sebelum kotoran mengering. 

Gunakan Air Dingin

Salah satu trik cara mencuci baju adalah menggunakan air dingin. Air dingin mampu menghambat penyusutan kain dan pemudaran warna.

Sementara itu, air hangat mampu mempercepat pemudaran warna khususnya pakaian gelap. Penggunaan air hangat juga bisa menjadi cara mencuci baju yang benar apabila dipergunakan pada kondisi pakaian yang tepat.

Pins dapat memakai air hangat ketika pakaian benar-benar kotor atau memiliki noda membandel. Ini bisa diterapkan pada kaos kaki atau pakaian putih yang mudah kotor.

Fungsi air panas adalah mampu dengan mudah melarutkan deterjen. Pastikan suhu air panas berada pada temperatur 32 derajat celcius.

Air panas sendiri cocok untuk jenis pakaian dengan bahan sintetis dan jeans. Hindari merendam pakaian dengan noda keringat atau darah dengan air hangat.

Pilih Deterjen Yang Tepat

Cara mencuci baju dengan tangan harus menggunakan deterjen yang tepat. Bila sembarangan, ini dapat membuat pakaian rusak dan tangan iritasi.

Deterjen lembut untuk pakaian dengan bahan halus. Pakaian dengan bahan sutra, wol atau renda sebaiknya memakai mild detergent

Deterjen dengan bahan lanolin bagus untuk pakaian wol dan rajutan. Pins juga dapat menggunakan sampo bayi ataupun sabun cair yang lembut untuk jenis kain tersebut.

Untuk pakaian putih, kamu bisa menambahkan pemutih agar bersihnya optimal. Pakai bak terpisah untuk mencuci pakaian putih baik dalam merendam maupun membilasnya.

Durasi Perendaman 

Poin penting saat menerapkan cara mencuci baju dengan tangan yaitu proses peredaman. Pastikan pakaian terendam secara keseluruhan. 

Jangan lupa untuk memutar pakaian dari satu sisi ke sisi yang lain agar setiap sisi pakaian terendam. Durasi perendaman biasanya memakan waktu 15-60 menit setelah pemberian detergen.

Untuk kemeja bisa direndam selama 30 menit. Perendaman ini mampu mempermudah mengangkat noda ketika mengucek pakaian.

Sebaiknya campurkan dahulu deterjen dengan air baru masukan pakaian. Hal ini untuk menghindari deterjen menempel pada pakaian.

Baca Juga: 11 Resep Ikan Mujair

Kucek Perlahan

Cara mencuci baju yang benar memakai tangan ialah dengan mengucek perlahan. Jangan tergesa-gesa dalam mengucek sehingga serat kain tidak rusak.

Apabila terdapat noda, Pins dapat menggunakan sikat dengan bulu lembut. Sikat bagian bernoda dengan dua arah. Tambahkan sabun secukupnya pada bagian yang bernoda.

Rendam kembali 10-15 menit kemudian setelahnya kucek hingga bersih. Pins juga bisa memakai sarung tangan untuk menghindari iritasi kulit.

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Bilas Dengan Air Mengalir

Saat membilas pakaian sebaiknya menggunakan air mengalir. Busa sabun akan segera luruh hingga ke serat pakaian.  Remas pakaian untuk mengeluarkan air yang ada di dalam pakaian.

Pakaian yang dibilas dengan bersih tidak akan licin dan tak ada busa menempel. Lakukan pembilasan berkali-kali dengan air bersih disertai menguceknya.

Gunakan beberapa bak yang terisi air bersih. Pembilasan dilakukan dengan mencelupkan pakaian dari satu bak ke bak lainnya.

Pada bilasan terakhir tambahkan pewangi untuk mencegah anti bau. Hindari mencampur pewangi dan deterjen dalam satu waktu. Bau pakaian justru bisa beraroma tak segar.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Keringkan

Untuk mengeringkan pakaian sebaiknya jemur di lokasi yang teduh. Jangan langsung terkena matahari karena mampu memudarkan pakaian.

Jemur pakaian secara terbalik, yakni bagian dalam berada di luar. Pins bisa menjemur secara horizontal atau membentangkan pakaian pada tali jemuran.

Apabila masuk musim hujan, sebaiknya gantung pakaian. Rotasi pakaian agar lekas kering dan mengurangi kelembabannya. Tempatkan pada lokasi yang sejuk dan berangin.

Sebelum menyetrika pakaian, pastikan baju benar-benar kering. Apabila keringnya tidak merata dan menumpuk dengan yang lain, ini bisa meninggalkan bau yang tak sedap. Cara mencuci baju diatas dapat membuat pakaian Pins tetap awet dan tidak pudar. Baju jadi lebih bersih layaknya pakaian yang baru dibeli kemarin.

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.