Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Cara Agar Baju Cepat Kering Tanpa Mesin Cuci di Musim Hujan
cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci
Kebersihan Rumah

Cara Agar Baju Cepat Kering Tanpa Mesin Cuci di Musim Hujan

  • 13 May, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 6 menit membaca

Walau cuaca di Indonesia kini tidak menentu, hujan masih sering turun dan membuat cucian sulit kering. Padahal, ada beberapa tips atau cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci. Memang perlu sedikit trik agar baju cepat kering tanpa perlu menggunakan mesin cuci. Jurus jitunya memang harus mengandalkan beberapa barang dan waktu yang tepat. 

Cara Agar Baju Cepat Kering Tanpa Mesin Cuci

Penasaran, Pins? Yuk simak berbagai cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci berikut!

Peras Habis Air yang Menetes

(Shutterstock)

Cara paling awal untuk mempermudah baju cepat kering tanpa mesin cuci adalah memeras air yang menetes di pakaian. Jika kamu menggantung atau menjemur baju tapi masih ada air menetes, coba peras lagi baju-baju tersebut.

Kamu bisa menunggunya menetes sendiri, tapi tentu waktu yang dibutuhkan akan lebih lama. Jika tidak punya waktu banyak, peraslah air sampai tak ada yang menetes agar proses pengeringan lebih cepat.

Baca Juga:

Gunakan Clothesline Standing

Selanjutnya, pakai clothesline standing atau jemuran model berdiri. Kamu tinggal menggantung pakaian agar semua bagian baju terkena angin. Jemuran model berdiri dapat membantu pakaian lebih cepat kering karena lebih terjamah angin.

Pakai Hanger

(Shutterstock)

Selain jemuran berdiri, gunakan gantungan atau hanger baju. Terlebih jika kamu menjemur baju di dalam rumah ketika hujan. Menjemur pakaian dengan hanger dan jemuran berdiri bisa mempercepat baju kering hanya dengan cara diangin-anginkan.

Tata Baju dengan Renggang dan Merata

Dengan menerapkan dua cara sebelumnya, Pins juga harus menata gantungannya renggang-renggang atau diberi jarak agar ada sirkulasi udara yang baik mengenai seluruh bagian baju. Untuk baju yang tidak menggunakan hanger, harus kamu letakkan merata. Jangan sampai ada yang terlipat ataupun menumpuk agar proses pengeringan lebih cepat.

Baca Juga:

Gunakan Kipas Angin

cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci
(Shutterstock)

Kipas angin yang digunakan pun sebaiknya kipas angin yang tergantung di langit-langit. Hal tersebut berguna agar udara yang dihasilkan berputar lebih luas serta membantu sirkulasi udara menyebar ke seluruh bagian baju yang dijemur di dalam rumah. Cukup gunakan kecepatan sedang untuk mengeringkannya agar baju tidak beterbangan.

Gunakan Pengering Rambut atau Hair Dryer

Angin panas dari pengering rambut pasti akan mempercepat proses pengeringan baju walau tidak menggunakan mesin cuci. Tapi tentunya, kamu harus memperhitungkan watt dari pengering rambut dan biaya yang dikeluarkan akan lebih besar karena memerlukan daya listrik tinggi untuk beberapa produk pengering rambut. Tipsnya, keringkan baju yang jadi prioritas utama agar lebih cepat kering dengan pengering rambut.

Pemakaian Kayu dan Garam

cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci
(Shutterstock)

Sejak zaman dahulu, bahan kayu atau kusen kayu di rumah dipercaya bisa mengurangi kadar air di pakaian sehingga mempercepat proses pengeringan. Cara ini juga akan lebih terbantu jika kamu menjemurnya dekat pintu serta menjaga kelembaban ruangan tetap rendah. Pins bisa menambahkan garam di sudut-sudut ruangan tersebut dikarenakan garam membantu menyerap kelembapan air di udara dan mengurangi peluang jamur muncul, lho!

Gunakan Handuk Kering

Sebelum beranjak ke tahap setrika, coba gulung dulu bajumu dengan handuk kering. Lebih baik lagi jika handuk yang digunakan sedikit hangat. Agar air terserap lebih banyak ke handuk dan lebih kering. Cara ini juga bisa kamu lakukan sebelum menjemur pakaian ditambah dengan tisu  di atas handuk sebelum menggulungnya.

Baca Juga:

Bantu Dengan Setrika

cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci
(Shutterstock)

Masih dengan cara menggulung pakai handuk di atas, bantu baju lebih cepat kering lagi dengan menyetrikanya ketika baju masih dalam gulungan handuk. Tapi satu yang harus kamu pastikan, jangan menyetrika gulungan ketika baju masih basah. Begitu juga jika handuk mulai basah, ganti dulu dengan handuk kering baru disetrika agar serat kain tidak rusak.

Taruh Jemuran di Dekat AC

Letakkan pakaian setengah basah di dekat, atau bahkan tepat di depan atau di bawah air conditioner (AC). Tapi tetap berikan jarak antara jemuran dan AC agar baju tidak terlalu kaku. Cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci ini cukup efektif walau tetap membutuhkan waktu semalaman agar pakaian kering.

Bekukan Baju

cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci
(Shutterstock)

Cara yang agak aneh dan lucu karena membekukan baju, ya? Tapi cara unik ini sering dilakukan oleh mereka yang menetap atau penjelajah daerah kutub yang super dingin dan jarang sekali ada terik matahari walau tidak hujan di sana. Caranya, coba masukkan baju ke dalam freezer sampai beku sampai kaku dan muncul butiran es. Lalu kibaskan dengan cepat atau gosok sampai kering dan es hilang.

Wajib Pakai Pewangi Pakaian

Mengeringkan baju tanpa mesin cuci di musim hujan memperbesar peluang baju menjadi bau tidak sedap dan apek. Tapi hal ini bisa diakali dengan mencucinya terlebih dulu dengan pewangi atau pelembut pakaian. Jika kamu tidak terbiasa menggunakan pewangi pakaian, pakailah detergen 2 in 1 yang memberikan efek kering lebih cepat pada pakaian.

Tips Agar Baju Cepat Kering Dalam Waktu Singkat

Selain beberapa cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci di atas, kamu juga memerlukan tips agar baju lebih kering dalam waktu singkat, Pins. Salah satunya adalah prioritaskan pakaian yang dicuci dan letakkan di tempat yang sirkulasi udaranya lebih baik. Kamu juga harus paham jika baju dengan bahan lebih tipis akan lebih cepat kering dibandingkan bahan baju yang tebal seperti jins atau sweater.

Tips lainnya adalah jangan mencuci baju terlalu banyak ketika kamu mengeringkannya tanpa mesin cuci dan di tengah hujan. Karena jika kamu mencuci baju banyak sekaligus, tentu waktu yang dibutuhkan untuk mencuci dan mengeringkan akan lebih lama. Selain itu, dengan mencuci sedikit baju, kamu juga bisa menghemat ruangan. Selain itu, kelembaban udara akan lebih rendah sehingga baju lebih cepat kering.

Efektivitas waktu paling lama mengeringkan baju di dalam rumah biasanya membutuhkan waktu 24 jam. Untuk itu, rajinlah sortir pakaian secara rutin. Ambil segera baju yang telah kering, pilah lagi baju yang setengah kering dan baju yang masih basah. Dengan begitu, kamu tahu mana baju yang harus lebih mendapat tempat atau sirkulasi udara lebih baik agar lebih cepat kering.

Baca Juga:

Featured Image Source: Liputan6

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.