Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 14 Produk Pembersih Karat Terbaik dan Mudah Digunakan
pembersih karat
Kebersihan Rumah

14 Produk Pembersih Karat Terbaik dan Mudah Digunakan

  • 28 May, 2022 oleh Ambar Eka
  • 6 menit membaca

Karat biasa terjadi pada material logam seperti besi dan baja. Karat sangat mengganggu penglihatan mata dan mengurangi efisiensi kerja dari benda yang berkarat. Salah satu upaya manusia untuk mencegah karat yaitu melapisi material yang mudah berkarat dengan sesuatu. Misalnya melapisi permukaan yang mudah berkarat dengan cat.

Cat berfungsi menghambat kontak antara udara dan air dengan material logam. Alhasil karat pun tidak mudah terjadi. Semakin kesini manusia pun melakukan inovasi untuk menghilangkan karat. Seperti produk-produk pembersih karat yang diciptakan dan banyak dijual bebas. Produk pembersih karat di klaim dapat menghilangkan karat sampai ke akar-akarnya. Selanjutnya material berkarat akan bebas karat dan terlihat seperti baru lagi.

Proses Terjadinya Karat

(Pixabay)

Korosi atau biasa disebut karat merupakan salah satu proses kimia yang terjadi secara alami. Karat dapat terjadi karena adanya kontak antara material logam dengan udara. Sebut saja misalnya material logam besi (Fe).  Karat dapat membuat logam besi lama kelamaan menjadi rapuh dan rusak. Jika sudah rapuh dan rusak maka logam besi yang digunakan tidak dapat berfungsi lagi secara baik.

Karat pada besi dapat terjadi jika terpenuhi kondisi dimana ada pertemuan antara besi (Fe) dengan udara(O2) dan air(H2O).  ketiga senyawa ini bereaksi dan mengalami proses kimia alami sehingga menghasilkan senyawa karat (Fe2O3).

Baca Juga:

Dampak Negatif Karat

pembersih karat
(pixabay)

1. Berpotensi Bahaya dan Mematikan

Logam yang berkarat akan mengalami pelapukan dan kehilangan kekuatan secara menyeluruh. Alhasil alat maupun bangunan dan semisalnya yang dibangun dengan besi saat mengalami karat dapat menimbulkan bahaya. Bahaya bisa berupa kecelakaan kerja, robohnya bangunan, rusaknya alat sampai tutupnya sebuah pabrik.

2. Kerusakan Material Logam

Dampak negatif dari karat dapat merusak material logam itu sendiri. Sehingga menjadi rapuh dan dapat berlubang alhasil penggunaanya sudah tidak efisien dan harus diganti dengan material baru. Misalnya kebocoran pada seng akan menjadikan bangunan terkena air dan lantai bangunan menjadi basah.

3. Kerugian Finansial

pembersih karat
(pixabay)

Karat menyebabkan pins mengalami kerugian finansial. Seperti kerugian finansial berupa pengobatan jika karat berhasil mencelakai dan menyebabkan cedera.

4. Pencemaran Lingkungan

Karat juga berdampak negatif pada pencemaran lingkungan seperti pipa berkarat. Pipa berkarat yang mengalirkan air akan menyebabkan karat terbawa air dan masuk ke dalam lingkungan. Air yang berkarat akan menjadi pencemaran lingkungan dan makhluk hidup saat digunakan.

Baca Juga:

Setelah melihat beberapa dampak negatif dari karat maka pins perlu memperhatikan cara untuk menghilangkan karat. Salah satunya dengan membeli produk pembersih karat yang dapat menghilangkan karat secara menyeluruh. Berikut 14 rekomendasi produk pembersih karat yang bisa pins beli:

1. Produk Pembersih Karat WD 40

Cairan WD 40 mampu membersihkan engsel pintu yang berderit dan menghilangkan karat yang terjadi akibat oksidasi.

2.  Produk Pembersih Karat Rust Combat

Produk satu ini adalah produk yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi air dan tanah. Meskipun terbuat dari bahan yang ramah lingkungan namun cairan ini tetap efektif dalam menghilangkan dan merontokkan karat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pembersih Plafon Mobil

3. Produk Pembersih Karat Rexco 50

Produk hasil karya PT Alterna Surya Anugerah ini selain membersihkan karat juga bisa menghilangkan noda yang sulit terbuang. Noda yang dimaksud seperti noda aspal, minyak, oli dan tar.

4. Produk Pembersih Karat Autosol Metal Polish

Produk pembersih ini berfungsi untuk membersihkan karat dan membuat material logam menjadi bersih mengkilap seperti baru.

5. Produk Pembersih Karat Astonish

Astonish merupakan produk yang berfungsi menghilangkan dan merontokkan karat hanya pada peralatan dapur. Seperti oven, kompor, wajan, pisau dan alat masak lainnya yang terbuat dari material berpotensi karat.

6. Produk Pembersih Karat VBC

Produk satu ini cocok digunakan untuk kendaraan sepeda motor. Vbcare mampu menghilangkan karat yang terjadi pada velg motor.

Baca Juga:

7. Produk Pembersih Karat Noverox

Produk noverox sangat mudah untuk digunakan, pins cukup mengoleskannya ke benda berkarat dan diamkan selama 24 jam. Namun pins harus mengamplas terlebih dahulu permukaan benda yang akan diolesi dengan Noverox. Produk buatan negara swiss ini terbilang ampuh untuk mengatasi karat pada material logam.

8. Produk Pembersih Karat Waxco Tech Sports Rim

Pengaplikasian produk ini terbilang mudah dan sederhana pins. Cukup dengan menuangkan cairan pada lap atau busa kemudian oleskan pada bagian berkarat seper vleg sembari digosok. Setelah selesai bersihkan velg menggunakan tisu atau lap yang lembut.

9. Produk Pembersih Karat Carplan Rust in Peace

Penggunaan produk ini cocok untuk semua benda bermaterial logam. Baik itu furniture, kompor, otomotif dan banyak lagi contoh lainnya. Cairan ini terbilang ampu, cepat dan efisien dalam menghilangkan karat. Produk ini pun dapat mencegah karat terjadi lagi.

10. Produk Pembersih Karat Turtle Wax Chrome Polish & Rust Remover

Penggunaan produk ini dapat pins lakukan untuk kendaraan mobil saja. Pengaplikasiannya pun gampang dengan cara menuangkan cairan pembersih ini pada lap bersih. Selanjutnya totol-totol kan dengan karat yang ada dan diamkan hingga kering. Setelah kering barulah seka lagi menggunakan tisu atau kain lembut.

11. Produk Pembersih Karat Full Penetrate Megacools

Jika pins mencari cairan multi fungsi maka ini adalah jawabannya. Produk pembersih ini bukan hanya mampu membersihkan karat namun juga peralatan kantor dan perlengkapan rumah.

12. Produk Pembersih Karat Vbcare

Vbcare ampuh untuk menghilangkan karat pada motor dan mencegah karat datang kembali.

13. Produk Pembersih Karat Selleys Rust

Penggunaan produk Selleys Rust dapat pins aplikasikan ke semua material logam berkarat. Bahkan pins juga bisa menghapus noda berkarat yang terlanjur menempel di tempat lain. Seperti pada ubin dan dinding rumah.

14. Produk Pembersih Karat Sun Cleaner

Produk ini perlu disiapkan untuk pins yang senang di dapur. Produk pembersih satu ini berfungsi untuk membersihkan karat pada bahan stainless steel. Bahan ini sangat banyak digunakan untuk peralatan dapur pins.

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.