Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 10 Cara Membersihkan Mesin Mobil, Dijamin Kinclong!
cara membersihkan mesin mobil
Otomotif

10 Cara Membersihkan Mesin Mobil, Dijamin Kinclong!

  • 24 Mar, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 6 menit membaca

Mengendarai mobil yang bersih dan berkilau memang jadi kepuasan sendiri. Selain bagian eksterior dan interiornya, Pins ternyata perlu memperhatikan kebersihan mesin mobil, lho. Namun, banyak orang yang belum tahu cara membersihkan mesin mobil dan komponen kendaraan di dalamnya. 

Mesin mobil memang tidak terkena kotoran, daun, atau debu yang ada di luar. Namun, elemen utama dari sebuah mobil ini patut dibersihkan untuk meningkatkan peformanya, Pins. Maupun untuk sekelas mobil bekas, membersihkan mesin akan membantu untuk menjaga performanya.

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Mengingat mesin mobil cukup besar, tentu membersihkannya membutuhkan metode khusus. Agar tidak salah langkah, Pins bisa ikuti panduan di bawah ini, ya!

Letakkan Mobil di Tempat yang Teduh

Salah satu langkah awal dari cara membersihkan mesin mobil adalah meletakkan mobil di tempat yang teduh. Selain itu, Pins dianjurkan membersihkan bagian ini ketika cuaca yang hangat dengan kelembapan yang rendah dan sedikit angin. 

Cuaca seperti ini bisa membantu mengeringkan mesin dan komponen tanpa khawatir sinar matahari mempengaruhi kinerja mesin. 

Baca juga:

Panaskan Mobil

starter mobil menyalakan mobil
(Pexels)

Setelah diletakkan di tempat yang teduh, coba panaskan mobil sebentar, setidaknya 15 menit sebelum dibersihkan. Ini bertujuan melihat apakah mesin mobil bekerja dengan baik atau tidak sebelum dibersihkan, Pins. 

Biarkan Mesin Mobil Dingin

Bila sudah, matikan mobil dan buka kap mesin. Pins bisa membiarkan mesin menjadi dingin setidaknya selama 10 – 15 menit. Dengan begitu, kamu lebih mudah membersihkan komponen tersebut. 

Mesin yang panas tentu bisa berbahaya bagi kamu karena dapat membakar kulit. Terlebih lagi, membersihkan mesin mobil yang panas bisa merusak bagian penting karena kontraksi yang cepat ketika disemprot dengan air dingin. 

Lepaskan Penutup Plastik di Bawah Kap

Cara membersihkan mesin mobil selanjutnya adalah melepaskan penutup plastik di bawah kap. Jangan lupa mencabut kabel yang bertandakan negatif (-) dari aki. Ini membantu melindungi komponen listrik agar tidak rusak ketika basah. 

Pins sebenarnya bisa melepas aki jika mau. Namun, kamu bisa melakukan pembersihan mesin mobil tanpa perlu melakukan hal tersebut, kok

Tutupi Komponen Mesin yang Sensitif

mesin mobil
(Pexels)

Pada saat mulai membersihkan mesin dari debu dan kotoran yang menempel, tutupi kompoenn mesin yang sensitif, ya. Pins bisa memanfaatkan kantong plastik untuk menutupi aki, kabel, dan unit kontrol mesin. 

Bila ada terasa udara mesin yang terbuka di bawah kap, tutupi pula bagian tersebut. Namun, Pins bisa melewati tahapan ini ketika merasa sangat berhati-hati saat mencuci mobil bagian ini. 

Hanya saja, ada baiknya melindungi komponen ini untuk meminimalisir risiko kerusakan apa pun, baik yang kecil maupun besar. 

Baca juga: 6 Alat Cuci Mobil Terbaik Rumahan yang Super Berguna

Semprotkan Pembersih Khusus

Jika sudah menutupi bagian yang sensitif, kamu sudah bisa mulai membersihkan mesin mobil dengan hati-hati. Pins bisa memanfaatkan cairan pembersih yang dikhususkan untuk mesin mobil atau pembersih dapur untuk mengangkat noda minyak membandel. 

Jika kamu cemas pembersih dapur bisa merusak mesin, pakai pembersih khusus mesin mobil untuk lebih amannya. 

Lap atau Gosok Mesin Mobil

Sebenarnya, kebutuhan akan menggosok mesin mobil tergantung pada seberapa kotor bagian tersebut. Sebagai contoh, beberapa area seperti penutup kap mungkin terpapar minyak atau kotoran yang membandel selama bertahun-tahun. 

Ini mungkin membutuhkan sikat kecil dengan bulu sintesis untuk membersihkan sisa-sisa cairan pembersih dan kotoran. Bila perlu, semprotkan lebih banyak cairan pembersih ketika kamu menyikatnya. 

Bilas dan Keringkan Hingga Bagian Terdalam

mesin mobil
(Pexels)

Bagi kamu yang punya alat cuci mobil khusus, cara membersihkan mesin mobil akan lebih mudah. Pins bisa mengatur alat tersebut ke tekanan yang paling rendah dan bilas cairan yang tadi sudah disemprotkan. 

Jika tidak punya, selang biasa pun tidak masalah atau kamu bisa menggunakan penyemprot di tempat cuci mobil terdekat. Bilas seluruh bagian mesin, mulai dari belakang ke depan, hingga benar-benar bersih. 

Usahakan tidak menyemprot komponen listrik secara langsung dan hindari menggunakan banyak air ke area yang tidak mudah kering. 

Bila sudah, Pins bisa mengeringkan mesin mobil. Mengeringkan mesin mobil bisa dilakukan dengan menggunakan semprotan udara yang bisa diarahkan ke sudut dan celah. Dengan begitu, sisa-sisa air mesin mobil bisa terbuang dengan baik. 

Bagi kamu yang tidak punya, keringkan mesin dengan kain mikrofiber dan diamkan sejenak. Mesin mobil harus benar-benar kering untuk mencegah karat akibat sisa-sisa air yang menempel. 

Pasang Kembali Aki yang Dicopot

Setelah semuanya sudah bersih dan kering, pasang aki kembali dengan menyambungkan kabelnya dan lepaskan kantong yang menutupi komponen listrik. Pastikan kabel dan komponen lainnya terpasang dengan benar agar mesin mobil bisa berfungsi dengan baik. 

Cek Kembali Mesin Mobil

Pastikan kembali tidak ada sisa-sisa sabun yang tertinggal di mesin mobil. Pasalnya, sisa-sisa sabun dan air bisa memicu karat pada mesin sehingga mudah rusak. 

Bila perlu, Pins bisa mengkilapkan mesin mobil dengan memolesnya untuk sentuhan akhir. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan mobil yang benar-benar bersih luar dalam, deh

Pada dasarnya kunci utama dari cara membersihkan mesin mobil yang aman adalah tidak membiarkan bagian tersebut terlalu kotor. Ini bisa dilakukan dengan rutin membersihkan mesin menggunakan cairan pembersih khusus, ya. 

Manfaat Membersihkan Mesin Mobil

Menerapkan cara membersihkan mesin mobil memang tidak hanya untuk mendapatkan mesin yang kinclong. Pins bisa memperoleh sejumlah manfaat ketika kebiasaan ini diterapkan, lho

Berikut ini beberapa alasan mengapa mesin mobil harus bersih. 

  • Mencegah terhambatnya pelepasan panas ke mesin mobil. 
  • Mengurangi risiko terjadinya aus di komponen mesin yang terbuka. 
  • Meringankan beban kipas pada radiator. 
  • Menjaga kondisi konektor listrik. 

Keempat hal tersebut bisa kamu dapatkan bila mesin mobil rutin dibersihkan, Pins. Alhasil, performa mesin tetap terjaga dan mobil juga tampak kinclong. Jadi, merawat mobil dengan membersihkan mesinnya penting, bukan?

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.