Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Intip Cara Kerja Power Steering Pada Mobil
cara kerja power steering
Otomotif

Intip Cara Kerja Power Steering Pada Mobil

  • 22 Feb, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Banyak pemilik mobil lawas ingin menambahkan power steering pada kemudi dengan tujuan agar sistem kemudi semakin mudah dikendalikan. Ya, cara kerja komponen power steering memang membuat putaran setir jadi enteng. Alhasil, pengemudi tidak perlu keluar banyak tenaga untuk mengendalikan kemudi sehingga tidak mudah lelah.

Penasaran bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak uraian berikut ini untuk mengetahui bagaimana pemasangan power steering dapat membantu pengemudi mobil.

Baca Juga:

Cara Kerja Power Steering

(Freepik)

Cara kerja power steering sangat dipengaruhi oleh posisi dan kecepatan mobil. Ketika kendaraan dalam posisi netral, katup pengontrol (control valve) pada power steering akan masuk pada posisi netral. Ketika dalam posisi ini, minyak pelumas akan masuk melalui relief port menuju pompa.

Power steering akan kembali bekerja secara otomatis ketika roda kemudi diputar. Ketika sopir menggerakkan kemudi, katup pengontrol pun akan ikut bergerak sehingga aliran minyak pelumas mobil terhenti.

Seiring dengan pergerakan ini, katup akan membuka saluran lain yang kemudian mengubah volume aliran minyak dan menghasilkan tekanan. Dengan tekanan inilah, piston pada power cylinder akan bergerak.

Arah gerakannya yaitu menuju sisi yang tekanannya lebih rendah. Seiring pergerakan piston, minyak pelumas pun akan terdorong kembali menuju pompa melewati katup pengontrol.

Singkatnya, power steering bekerja dengan cara memanfaatkan perubahan tekanan sehingga menciptakan daya dorong yang lebih besar. Daya dorong inilah yang membuat sistem kendali kemudi menjadi lebih ringan.

Baca Juga:

Mengenal 3 Jenis Power steering

(Freepik)

Fungsi utama power steering adalah untuk memperhalus putaran kemudi. Alhasil, kendali setir lebih ringan dan pengemudi pun tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk memutar setir.

Saat ini ada 3 jenis power steering yang banyak dipasang pada kendaraan roda empat, yaitu:

Power steering Hidrolik

Sistem power steering yang pertama dibuat dengan struktur hidrolik. Operasionalnya menggunakan fluida yang menjadi media pengantar tenaga.

Dalam hal ini, power steering menghasilkan tenaga dari serangkaian katup yang membuka aliran hidrolik.

Sistem ini bergantung pada penggunaan tenaga mesin mobil. Artinya, jika mesin macet, putaran setir akan jadi amat berat.

Power steering Elektrik

Sesuai namanya, sistem power steering ini menggunakan tekanan fluida yang alirannya diatur oleh tegangan listrik.

Cara kerja power steering elektrik adalah dengan mendeteksi sensor arah kemudi dengan motor steer. Kemudian, sistem motor pada power steering pun akan bekerja secara otomatis.

Namun, sistem ini memiliki kelemahan, yaitu rentan terhadap genangan air. Pasalnya, sistem elektrik memiliki tingkat konduksi yang tinggi. Apalagi, motor listrik berada di posisi bawah sehingga lebih riskan menimbulkan masalah.

Contohnya, setir akan terasa sangat berat saat mobil terkena genangan air, apalagi jika aki sedang tekor.

Baca Juga:

Power steering Hybrid

(Freepik)

Sistem hybrid merupakan terobosan terbaru dan terbaik dalam teknologi power steering. Sistem ini menggabungkan teknologi hidrolik dengan elektrik sehingga tidak meniadakan kelemahan dari kedua sistem tersebut.

Cara kerja power steering hybrid menyerupai sistem hidrolik tetapi menggunakan bantuan pompa elektrik. Artinya, power steering tidak bergantung pada mesin dan sistem kemudi pun menjadi lebih aman dan mudah.

Kendati demikian, sistem hybrid ini memerlukan perawatan yang lebih mahal karena merupakan gabungan dari dua sistem.

Tips Penggunaan dan Perawatan Power Steering Agar Tetap Prima

(Freepik)

Untuk menjaga agar sistem ini bekerja lebih baik, power steering memerlukan pelumas khusus. Di samping itu, kamu juga perlu melakukan perawatan mesin dan melakukan cara pakai yang benar.

Lakukan beberapa tips berikut ini agar power steering tahan lama dan bebas masalah:

  • Gunakanlah minyak pelumas khusus yang berkualitas tinggi.
  • Sebelum membelokkan kemudi, injak pedal gas terlebih dahulu.
  • Hindari menggerakkan kemudi hingga ke posisi belokan mentok.
  • Jika ada kerusakan, tangani segera dan jangan ditunda.
  • Jika perlu melakukan penggantian komponen, gunakan spare part yang asli.
  • Hindari memarkir kendaraan dalam posisi ban menyamping. Pastikan posisi ban lurus ke depan.
  • Gunakan ban yang tingkat gesekannya rendah.
  • Untuk kendaraan yang menggunakan rack steer, periksalah boot steer atau karet pelindungnya secara berkala. Jika ada yang rusak, segera ganti dengan yang baru.
  • Perhatikan posisi badan saat mengemudi. Duduklah dengan benar dan nyaman agar lebih mudah mengontrol setir.

Pastikan untuk selalu melakukan tips di atas supaya performa power steering pada kendaraanmu tetap bagus, ya!

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana cara kerja power steering. Sistem ini memang dirancang untuk membuat proses pengendalian setir mobil menjadi lebih ringan. Sayangnya, power steering terbilang teknologi baru yang hanya diterapkan oleh pabrikan pada mobil keluaran terbaru. Mobil-mobil lawas masih belum menggunakan cara kerja power steering, tetapi fitur ini bisa ditambahkan, kok!

Apalagi, kini sudah ada bengkel yang menawarkan jasa pemasangan power streering serta perawatannya. Kalau kamu pemilik mobil lawas yang ingin menambahkan power steering, pastikan pilih jasa yang kredibel, ya! Begitu power steering sudah terpasang, pengemudi akan langsung merasakan efek setir menjadi lebih enteng. Kamu bisa jadi lebih responsif mengendalikan laju mobil.

Secara tidak langsung, adanya power steering juga meningkatkan keamanan sebab kamu bisa lebih cekatan dalam berkendara.

Baca Juga:

Featured Image Source: Unsplash

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.