Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Berapa Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes? Simak Yuk!
biaya perbaikan oli mesin mobil rembes
Otomotif

Berapa Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes? Simak Yuk!

  • 13 Dec, 2021 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Pins tahu tidak kalau oil yang merembes dapat terjadi pada siapa saja, baik mobil lawas yang sudah berusia di atas 10 tahun maupun baru. Solusinya adalah membawa kendaraan tersebut ke bengkel. Namun, berapa biaya berapa biaya perbaikan oli mesin mobil rembes?

Sebetulnya biaya perbaikan oli mesin mobil rembes tidak terlalu mahal. Justru masih terbilang terjangkau dibanding biaya servis masalah mobil pada umumnya. Namun, biaya perbaikan oli mesin mobil rembes bisa lebih apabila sumber masalahnya harus ditangani dengan penggantian komponen.

Maka dari itu, agar mesin mobil awet dan tidak rembes, kamu harus melakukan perawatan rutin. Setidaknya, gantilah oli mesin secara berkala agar kondisi mobil selalu prima.

Baca Juga:

Bahaya Oli Rembes

Masalah oli mobil rembes adalah penyakit yang wajar akibat usia pemakaian kendaraan. Bila dibiarkan, oli rembes bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. Berikut beberapa risiko yang mungkin terjadi akibat oli mobil rembes.

Kerusakan Pada Komponen Mesin

(Freepik)

Oli berfungsi sebagai pelumas yang memungkinkan pergerakan komponen-komponen pada mesin mobil berjalan mulus. Saat oli mobil rembes, mesin mobil terpaksa bekerja dengan kapasitas pelumas di bawah normal. 

Akibatnya, pelumasan tidak optimal dan antar komponen saling bergesekan dengan kasar. Ini bisa menimbulkan bunyi kasar akibat gesekan dari komponen mesin. Bila dibiarkan, gesekan kasar ini berisiko merusak internal mesin lebih parah. 

Sebagai contoh, gesekan antara silinder piston dengan dinding silinder serta komponen lainnya bisa menyebabkan baret pada komponen-komponen tersebut.

Baca Juga:

Mengotori Mesin

(Freepik)

Efek oli mobil rembes juga berdampak pada tampilan mesin. Bagian bawah mesin akan menjadi kotor akibat tumpahan oli mesin. Alhasil, tampilan mesin menjadi kotor dan tidak enak dilihat dengan adanya ceceran oli.

Seiring waktu, ceceran oli mesin akan bercampur dengan debu dan kotoran lainnya. Alhasil, oli yang tercecer pada mesin berubah menjadi kerak hitam yang bandel dan sulit dibersihkan. 

Itu sebabnya, segera bawa mobilmu ke bengkel begitu mendapati ceceran oli pada mesin ataupun tetesan oli di bawah mobil. Tidak perlu risau soal ongkos karena biaya perbaikan oli mesin mobil rembes masih terjangkau.

Penyebab Oli Mesin Rembes

Sumber masalah oli mesin rembes akan menentukan biaya perbaikannya. Maka dari itu, kamu perlu tahu penyebabnya supaya bisa mendapat gambaran berapa biaya perbaikan oli mesin mobil rembes nantinya. Berikut ini penyebab oli mesin mobil rembes. 

Baca Juga:

Karet Seal Mengeras

(Freepik)

Sumber masalah paling umum ketika oli mesin rembes adalah seal mengeras. Seal ini terbuat dari karet dan ketika mobil sudah tua, tekstur seal akan mengeras dan menjadi getas. Akibatnya, seal tidak bisa menjaga oli dengan optimal, baik di transmisi maupun di mesin. 

Kalau seal sudah rusak sehingga oli mobil menjadi rembes, solusinya adalah mengganti dengan yang baru. Upaya pencegahan juga bisa kamu lakukan dengan mengganti seal secara berkala. 

Baca Juga:

Packing Mengeras

(Freepik)

Packing adalah komponen yang terpasang di antara blok mesin dengan cover head mengeras. Sama seperti seal, packing head juga akan mengeras seiring usia kendaraan. Itu sebabnya, perkara oli rembes pada mobil tua kerap terjadi akibat packing keras.

Packing sendiri merupakan komponen yang fungsinya mencegah oli mesin bocor. Selain itu, packing juga melindungi mesin dari air radiator yang mungkin masuk ke dalamnya, komponen ini juga berperan mempertahankan kompresi pada ruang bakar.

Jika seal terbuat dari karet, packing dibuat dari campuran tembaga atau bahan kertas khusus. Seiring usia pemakaian kendaraan, packing yang terpapar panas terus-menerus akan rusak dan mengeras. Ini menyebabkan oli mobil merembes dan berceceran kemana-mana. 

Baca Juga: Cara Menghitung Perbandingan Kompresi dan Volume Silinder (Langkah Piston)

Baut Rusak

(Freepik)

Oli rembes karena baut rusak termasuk sangat jarang ditemui. Pasalnya, setiap kendaraan yang beredar di pasaran telah lolos uji dari pabrikan. Akan tetapi, kalau mobil sudah lawas, bisa saja oli rembes akibat rusaknya baut penutup di bagian mesin.

Nah, penyebab rembesnya oli seperti di atas akan menentukan biaya perbaikan oli mesin mobil rembes. Oleh karena itu, pastikan kamu menemukan sumber kebocoran oli dengan pengamatan yang jeli, 

Biasanya saat mobil terparkir di garasi, tetesan oli akan berceceran di lantai. Maka, kamu perlu melihat ke bawah mobil untuk mengecek seluruh sisi mesin. Gunakan senter dan  cek semua bagian, termasuk sisi samping atau bawah dekat karter oli.

Baca Juga:

Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Seperti disebutkan sebelumnya, biaya perbaikan oli mesin mobil rembes termasuk terjangkau. Namun, lain soal kalau harus mengganti komponen. Berikut perkiraan biayanya.

Biaya Pengerjaan

(Freepik)

Biaya perbaikan oli mesin mobil rembes bervariasi antara Rp200 sampai Rp450 ribu untuk biaya pengerjaannya saja. Ongkos ini berbeda-beda tiap bengkel tergantung dari kebijakan bengkel dan jenis mobilnya. 

Ini karena pengerjaan pada beberapa tipe mobil lebih sulit sehingga harus mengangkat bagian mesin. Di samping itu, perbaikan oli rembes untuk mobil produksi Eropa biasanya lebih mahal.

Baca Juga:

Biaya Ganti Komponen

(Freepik)

Biaya perbaikan oli mesin mobil rembes akan jadi lebih mahal kalau harus mengganti komponen. Selain membayar biaya pengerjaan yang disebutkan tadi, kamu juga perlu membayar untuk komponen yang baru.

Itulah kenapa sebaiknya kamu melakukan pengecekan sendiri terlebih dahulu supaya bisa mempersiapkan bujet untuk perbaikan oli mesin mobil rembes. Pastikan dulu sumber bocornya dari mana. Jangan sampai kamu membayar untuk komponen A, padahal penyebab oli rembes adalah komponen B.

Adapun harga spare part mobil berbeda-beda tergantung merek dan jenis mobil. Kamu bisa mencari tahu harga komponen dengan searching di Google atau marketplace

Sebagai gambaran, packing head Avanza berkisar Rp300 sampai Rp450 ribuan. Harganya kurang lebih sama untuk mobil Rush, Terios, dan Xenia. 

Sementara itu, packing head Mobilio berkisar antara Rp250 sampai Rp700 ribuan, sedangkan Innova dan Fortuner sekitar Rp270 sampai Rp600 ribu. Untuk Ertiga, packing head lebih murah yakni antara Rp100 sampai Rp200 ribuan saja.

Nah, itulah biaya perbaikan oli mesin mobil rembes beserta kisaran harga ganti komponen. Sebagai upaya pencegahan oli rembes, pastikan kamu melakukan perawatan secara berkala, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: iStock

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.