Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi dari Komponen Piston pada Mesin Mobil
fungsi piston
Otomotif

Fungsi dari Komponen Piston pada Mesin Mobil

  • 7 Mar, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia otomotif patut tahu apa fungsi piston pada mobil. Kata-kata piston memang sering kamu dengar, tetapi cari tahu dulu yuk bagaimana komponen mesin ini bekerja pada mobil. 

Bagian dari mesin mobil ini memang cukup penting karena piston mendukung mekanisme yang berkaitan dengan energi mesin. Penasaran apa fungsi piston? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga:

Apa Itu Piston?

(Pixabay)

Piston adalah komponen berbahan logam yang bergerak di dalam silinder. Ini bekerja sebagai pendobrak. Tepi piston dilengkapi dengan cincin yang menempel dengan kuat pada dinding silinder. 

Dengan lapisan aluminium dan besi yang kuat, piston dihubungkan ke poros engkol dengan batang penghubung. Dengan begitu, piston bisa berputar pada batang penghubung dengan pin gudgeon

Normalnya, setiap silinder di mesin memiliki satu piston. Bila piston bergerak naik turun di dalam silinder, batang penghubung akan memaksa poros engkol untuk berputar.

Alhasil, energi untuk menjalankan fungsi mobil pun bisa dihasilkan, mulai dari memutar alternator mobil, hingga mengirimkan torsi ke roda penggerak. 

Fungsi Piston Mobil

Dalam setiap mesin mobil, piston melakukan empat fungsi pada setiap siklus. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Pada saat piston turun, ini akan menarik udara dan bahan bakar ke dalam silinder, atau ruang bakar. Kedua, piston akan memadatkan udara dan bahan bakar di dalam silinder sehingga bisa meledak saat dinyalakan. 

Ketiga, busi mobil akan menyalakan campuran udara bahan bakar dan gaya menghempaskan piston kembali ke bawah. Lalu, piston kembali ke bagian atas silinder dan mengeluarkan gas melalui knalpot mobil.

Siklus ini akan terus berulang-ulang, ratusan, atau ribuan kali per menit. 

Bagian-bagian pada Piston

(Pixabay)

Fungsi piston tentu tidak akan berjalan baik tanpa bantuan dari bagian-bagian kecil yang patut kamu ketahui. Berikut komponen dari piston. 

Piston skirt

Piston skirt atau rok piston adalah bahan silinder yang dipasang pada bagian bundar piston. Ini biasanya terbuat dari besi cor untuk menahan keausan dan pelumasan. Bagian ini berfungsi menggerakkan naik turunnya silinder. 

Cincin Piston

Cincin piston (ring piston) merupakan bagian dari split ring yang dipasang pada area ceruk piston. Ini terdiri dari tiga cincin piston di mesin. Ada kalanya ring bisa jadi satu, tetapi ini akan tergantung pada jenis mesin mobil. 

Bantalan Piston

Bantalan piston merupakan komponen piston yang paling besar untuk membantu gerakan silinder. Bagian ini terletak pada titik rotasi yang penting. Kamu bisa melihatnya dari potongan logam setengah lingkaran yang pas di lubang titik ini. 

Pin Piston

Pin piston adalah bagian piston yang juga dikenal sebagai pin gudgeon Komponen ini berbentuk poros berongga atau padat pada bagian skirt piston. Pin piston memiliki fungsi berupa mendukung bantalan agar piston bekerja dengan baik. 

Kepala Piston

Dikenal sebagai mahkita atau kubah, kepala piston menjadi bagian yang bersentuhan dengan gas pembakaran dan membuatnya menghasilkan suhu yang tinggi.

Baut Batang Penghubung

Komponen piston lainnya yang tak boleh terlewatkan adalah baut conrod. Baut conrod berperan sebagai pemasang batang ke poros engkol 

Pada ujung bawah red bolts terdapat rod caps dan bearing. Ketiganya dihubungkan dengan sebuah mur. 

Batang Penghubung

Terakhir, batang penghubung menjadi komponen utama dari piston yang menghubungkannya dengan poros engkol mesin. 

Dengan begitu, piston bisa bergerak di dalam mesin. Komponen ini dirancang untuk menahan tekanna mekanis sehingga cukup kokoh. 

Baca Juga:

Kerusakan pada Piston

(Pixabay)

Mengingat fungsi piston sangat penting untuk mesin mobil, komponen ini tentu harus awet untuk menahan semua energi tersebut. Namun, masalah bisa terjadi akibat hal-hal sepele yang mungkin tidak kamu bayangkan. 

Piston Bergoyang-goyang

Jika piston aus, ini ditandai dengan gerakan piston yang bergerak secara horizontal. Maksudnya, piston bergoyang menempel ke tepi bawah piston dan bersentuhan dengan dinding silinder. 

Mesin Membakar Oli

Tanda lainnya yang memperlihatkan fungsi komponen piston tidak bekerja dengan baik adalah mesin yang membakar oli mobil. Hal yang biasa terjadi pada mobil yang lebih tua ini menjadi pertanda kalau ring piston tidak menyegel silinder dengan baik. Akibatnya, oli masuk ke ruang bakar. 

Kerusakan pada Batang Penghubung

Pins tahu tidak kalau batang penghubung pada mesin mobil bisa terlepas dari piston atau poros engkol. Ini bisa terjadi akibat cacat, penyalahgunaan, atau kurangnya pelumasan. 

Longgarnya Pin Gudgeon

Jika kamu mendengar bunyi derik dari mesin, pin gudgeon menempel pada piston terlalu keras. Ini tentu bisa mengganggu fungsi piston untuk menjalankan mesin mobil. 

Piston Terbakar

Campuran udara bahan bakar yang tidak terpat bisa mengganggu performa mesin mobil. Kondisi ini bahkan bisa memicu suhu tinggi yang dapat melelehkan bagian atas piston. 

Jika kamu mengalami ciri-ciri kerusakan pada piston, segera bawa ke bengkel terdekat. Umumnya, teknisi akan memperbaiki bagian tersebut. Biaya perbaikan akan cenderung mahal untuk mobil dengan mesin diesel

Nah, itu tadi berbagai fungsi piston dan komponen-komponennya yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, Pins bisa merawat mobil dengan maksimal agar bisa dikendarai dalam waktu yang lama, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Autobutler.co.uk

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Temukan juga pilihan properti rumah di Kota Bogor dengan penawaran terbaik dari Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.