Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 12 Cara Merawat Mobil yang Baik Agar Kendaraan Tetap Awet
Otomotif

12 Cara Merawat Mobil yang Baik Agar Kendaraan Tetap Awet

  • 7 Mar, 2022 oleh Achlisia Putri
  • 5 menit membaca

Memahami cara merawat mobil yang tepat bisa membuat kendaraan Pins berumur panjang. Performa mobil yang selalu baik akan mengurangi resiko kecelakaan. Mulai dari membersihkan mesin dan body mobil dengan shampoo mobil terbaik dan langkah lainnya.

Berdasarkan survei dari American Automobile Association (AAA) menyatakan penyebab kerusakan mobil kebanyakan berasal dari kurangnya perawatan yang tepat dan berkala.

Lantas, bagaimana cara merawat mobil yang baik dan benar? Berikut ini tips merawat mobil baru atau bekas.

Cara Merawat Mobil

Cara merawat mobil baru atau bekas sebenarnya dapat dimulai dari diri sendiri. Berikut beberapa tips merawat mobil yang bisa Pins ikuti agar selalu nyaman berkendara. Juga agar kendaraan selalu bersih dan terbebas dari serangga yang mengganggu.

Pakai Bahan Bakar Beroktan Tinggi

cara merawat mobil
(freepik)

Cara merawat mobil yang pertama adalah dengan memakai bahan bakar (BBM) beroktan tinggi. Selain lebih ramah lingkungan juga mampu memperpanjang umur mesin.

BBM beroktan tinggi mampu menempuh jarak yang lebih jauh ketimbang BBM beroktan rendah. Tarikan mesin jadi lebih ringan sehingga perjalanan jauh pun akan lebih nyaman.

Baca Juga:

Rutin Ganti Oli 

cara merawat mobil baru
(freepik)

Mobil memiliki tiga jenis oli yakni gardan, mesin dan transmisi. Jenis oli mesin paling sering untuk diganti ketimbang dua lainnya.

Ganti oli mesin saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 atau 6 bulan sekali. Apabila menggunakan oli campuran mineral maka perhitungannya adalah setiap 5.000 km.

Untuk oli gardan umumnya setiap dua tahun sekali atau setiap jarak 40.000 km. Untuk penggantian oli transmisi adalah saat mobil menempuh 80.000 km.

Jika Pins mengacuhkan tips merawat mobil ini dapat berakibat mesin mobil cepat panas. Bahan bakar jadi lebih boros karena oli tidak bekerja untuk membuat tarikan mesin.

Baca juga:

Isi Air Radiator dengan Coolant

Untuk mendinginkan mesin mobil maka perlu mengisi air radiator dengan bahan coolant. Coolant memiliki zat anti karat sehingga mesin tidak mudah korosi.

Lakukan pengurasan air radiator paling lama satu tahun sekali. Pengisian air radiator disarankan saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 km.

Penggantian air coolant perlu bila warnanya sudah mulai memudar, keruh atau bahkan terlihat coklat kotor. Hal ini tak hanya penting dalam cara merawat mobil baru saja namun juga untuk mobil bekas.

Cek Aki dan Ban

Lakukan kontrol air aki setiap dua minggu sekali bila memakai aki basah. Pastikan air aki berada pada level yang seharusnya yakni dibawah garis batas penanda.

Aki yang bermasalah dapat terlihat dari airnya yang berubah keruh. Lanjutkan dengan pengukuran tegangan aki memakai voltmeter. 

cara merawat mobil
(pexels)

Sementara tips merawat mobil khususnya pada bagian ban harus melihat usianya. Pins perlu mengganti ban bila sudah menyentuh Tread Wear Indicator (TWI) .

TWI berada pada bagian tepi ban dengan bentuk segitiga kecil. Bila telah melewati TWI maka tandanya ban telah aus sehingga perlu dilakukan penggantian ban baru.

Periksa Volume Minyak Rem

Cara merawat mobil baru ataupun bekas perlu memperhatikan volume minyak rem. Minyak rem berfungsi untuk melumasi bagian cakram dan kampas.

Rutinlah memeriksa volume minyak rem pada tabung reservoir. Pins dapat mengganti minyak rem ketika sudah menempuh 40.000 km atau dua tahun sekali. 

Bersihkan Mesin Mobil

cara merawat mobil
(pexels)

Cara merawat mobil agar berumur panjang juga perlu memperhatikan kebersihan mesin. Dengan membersihkan mesin mobil dapat mencegah terhambatnya pelepasan panas.

Resiko aus juga terhindari dan menjaga konektor listrik. Jangan membersihkan mobil di lokasi yang langsung terpapar sinar matahari. Bersihkan saat mesin mobil sudah dingin.  

Baca juga: Berapa Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes? Simak Yuk!

Cek Lampu, Signal, dan Kabel

(pexels)

Cara merawat mobil baru dan bekas bisa Pins lakukan dengan memeriksa kabel dan lampu. Cek apakah ada kabel yang putus, kendur atau lampu mulai redup.

Apabila menemukan kerusakan segera ganti sparepart yang pabrik rekomendasikan. Pastikan pula signal mobil bekerja sebagaimana mestinya.

Panaskan Mobil Seperlunya

cara merawat mobil
(unsplash)

Sebenarnya Pins tidak perlu memanaskan mobil setiap hari. Untuk mobil keluaran 90an keatas sudah memiliki one way valve.

Untuk oli bersirkulasi dengan baik atau memenuhi pasokan listrik pada aki cukup panaskan mesin mobil setiap 3-7 hari sekali saja.

Pins bisa memanaskan mobil selama 5 menit. Matikan AC dan pastikan rem tangan dalam kondisi aktif. Tidak perlu menekan pedal gas namu posisi transmisi netral.

Jangan Malas Cuci Mobil

cara merawat mobil
(freepik)

Tips merawat mobil yang benar adalah jangan malas cuci mobil. Apalagi bagian kaca sehingga tetap jernih dan jelas.

Cuci mobil bisa setiap seminggu sekali sehingga body tetap kinclong. Pakai sabun mobil dan lap halus agar tidak merusak cat.

Lakukan Servis Secara Teratur

servis mobil
(freepik)

Lakukan tune up atau servis mobil secara berkala. Untuk mobil baru ketika sudah mencapai 1000 km perlu servis ke bengkel.

Sementara mobil lama biasa dilakukan ketika telah menempuh jarak 10.000 km atau 6 bulan sekali. Servis teratur bisa berfungsi mengecek performa mesin dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Baca juga: 21 Mobil Hatchback Terbaik Bekas dan Terbaru

Berkendara dengan Bijak

(Pexels)

Berkendaralah dengan bijak sehingga performa mesin tetap terjaga. Misalnya saja hindari mengurangi rem mendadak.

Kurangi kecepatan ketika melewati jalan yang tak rata. Posisikan transmisi gigi secara tepat. Jangan sampai melebihi batas muatan yang sudah ditentukan

Lindungi dengan Asuransi

Tambahkan perlindungan asuransi kendaraan untuk mengurangi resiko di masa depan. Asuransi mobil memberikan perlindungan atas kerusakan akibat kecelakaan hingga perbuatan jahat.

Yuk ikuti cara merawat mobil di atas agar performa kendaraan selalu optimal. Biaya perawatan mobil jadi lebih hemat dan nyaman berkendara setiap saat.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Dwi

Editor: Syahya R