Kamus Istilah Properti

Genteng Plentong

istilah properti

Genteng Plentong

Genteng plentong adalah jenis genteng tradisional asli Indonesia yang terbuat dari tanah liat berbentuk melengkung ke atas pada bagian pinggir.

Apa Itu Genteng Plentong?

genteng plentong
(Direktori UMKM)

Di antara beberapa jenis genteng yang dapat dipakai untuk atap rumah, genteng plentong adalah salah satu yang dapat dipilih. Genteng plentong adalah jenis genteng tradisional Indonesia yang terbuat dari tanah liat. 

Ciri khas genteng plentong dibandingkan varian genteng tanah liat adalah bentuknya yang melengkung ke atas pada bagian pinggirnya. Pins bisa menemukan jenis genteng satu ini di berbagai rumah tradisional di Indonesia, terutama di pulau Jawa. 

Harganya juga sangat murah, mulai dari Rp900 per buah. Walaupun murah, kualitas genteng satu ini terbilang baik karena tahan terhadap cuaca ekstrem dan sangat pas untuk iklim tropis. 

Pembuatannya genteng plentong tidak berbeda dengan genteng tanah liat pada umumnya. Sebelumnya tanah liat akan dipadatkan terlebih dahulu sebelum dibentuk. Barulah kemudian tanah liat dibakar dan dikeringkan di bawah sinar matahari.  

Mengingat pembuatannya ini yang manual, maka warna yang dihasilkan berbeda tergantung suhu matahari, mulai dari oranye hingga cokelat tua.

Baca Juga:

Kelebihan Genteng Plentong

(Shutterstock)

Keunggulan utama genteng plentong adalah harganya yang murah sehingga banyak dipilih untuk proses pembuatan rumah. Meskipun murah, genteng satu ini memiliki beberapa keunggulan lainnya yaitu: 

  • Atap genteng tanah liat sudah terbukti sejak lama untuk dapat melindungi hunian dari sengatan panas matahari sampai hujan. Pembuatannya dari rangka yang kokoh sehingga tidak mudah rusak asalkan dipasang secara hati-hati.
  • Kekuatannya untuk menahan beban pun cukup diperhitungkan.
  • Memberikan efek sejuk di bawahnya karena materialnya yang tidak menyerap panas. 
  • Bahannya yang terbuat dari material alami yaitu tanah liat, membuatnya tidak berbahaya bagi kesehatan manusia bila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak adanya bahan kimia yang terkandung di dalamnya membuatnya menjadi salah satu jenis genteng yang ramah lingkungan. 
  • Variasi warna dan motif yang dapat membuat hunian menarik. Inilah mengapa beberapa tempat ibadah pun memanfaatkannya sebagai atap genteng yang menarik perhatian. Dalam segi desain pun atap ini menyesuaikan, baik gaya tradisional hingga modern.   

Kekurangan Genteng Plentong

Selain kelebihannya, Pins harus mengetahui kekurangan genteng plentong lainnya. Berikut ini diantaranya: 

  • Genteng tanah liat mudah berlumut karena paparannya yang cenderung intens terhadap air hujan dan terik sinar matahari. 
  • Mudah bergeser hingga terbang jika terkena terpaan angin yang sangat kencang. Hal ini karena atap genteng tidak dikaitkan secara khusus menggunakan lem atau paku pada kerangka. 
  • Ukurannya yang cenderung kecil sehingga membuat pemasangannya tidak mudah dan memerlukan kesabaran.
  • Jika terdapat celah berisiko mengalami kebocoran. Genteng harus dipasang satu persatu dan dipastikan saling menutupi satu dan lainnya tanpa adanya celah. 

Baca Juga:

Jenis Genteng Tanah Liat Lainnya

(Shutterstock)

Selain genteng plentong, Pins dapat memilih genteng tanah liat lainnya yang secara kualitas maupun harga tidak kalah menarik. Genteng tanah liat sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan dipercaya sebagai material kokoh dalam melindungi rumah dari terpaan cuaca ekstrem.

Yuk, simak beberapa jenis genteng tanah lain selain tipe plentong berikut ini:

  • Genteng garuda: model genteng tanah liat terbaik dengan dua talangan yang berfungsi memecah air. Pins bisa melihat ciri khasnya dari dua gelombang yang terlihat pada genteng.
  • Genteng karang pilang: memiliki kualitas premium dari jenis genteng tanah liat terbaik lainnya. Truturnya padat, kokoh dan tidak mudah pecah.
  • Genteng mantili: menjadi alternatif yang sangat terjangkau dengan model umum mirip seperti plentong. Harganya terjangkau namun tetap kokoh dalam pemasangan. Genteng Mantili tahan cuaca ekstrim dan bisa awet sampai puluhan tahun.
  • Genteng kodok atau disebut juga genteng prentul dan genteng Italia: memberikan tampilannya yang klasik memberikan dan kesan historis yang kuat.
  • Genteng turbo: mirip dengan genteng mantili tetapi memiliki permukaan yang lebih halus dan tebal karena proses penghalusan bahan baku dilakukan sebanyak dua kali.  
  • Genteng morando: merupakan genteng tanah liat paling mahal, sangat kuat dan sangat halus permukaannya. Bobotnya 2.2kg sehingga tahan pecah meskipun diinjak oleh orang dewasa sekalipun. Pins bisa menggunakannya sebagai rumah tradisional, adat, rumah kayu, hingga rumah minimalis dan modern. 

Demikian informasi yang dapat Pinhome sampaikan mengenai genteng plentong yang dapat disampaikan. Genteng yang terbuat dari tanah liat yang menggunakan proses pembakaran ini dikenal dapat bertahan lama dan mampu melindungi penghuni di bawahnya dari teriknya panas matahari maupun hujan dan angin. 

Supaya genteng ini dapat awet, sebaiknya Pins menambahkan cat khusus atap untuk agar tidak mudah berlumut dan warna cepat pudar.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, Pins.

Baca Juga:

Featured Image Source: Forbes


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.