Kamus Istilah Properti

Genteng Morando

istilah properti

Genteng Morando

Genteng morando adalah jenis genteng gelombang yang berbentuk melengkung ke bawah dan juga sebagian melengkung ke atas.

Apa Itu Genteng Morando?

genteng morando
(Grosir Genteng Jatiwangi)

Pins bisa memilih berbagai jenis genteng yang dapat digunakan, genteng morando adalah salah satunya. Genteng satu ini juga disebut juga gojer berbentuk gelombang yang berbentuk melengkung ke bawah dan juga sebagian melengkung ke atas. 

Selain itu, atap morando ini juga terkenal sangat kuat, bobotnya ringan, halus, dan juga kokoh. Jadi, salah sangka meskipun enteng, tetapi daya tahan genteng gojek sangatlah kuat. 

Pins bisa menemukannya dengan ukuran panjang 33 cm, lebar 23 cm, berat 2,25 kg. Untuk 1 meter persegi, memerlukan 15 buah genteng.  

Genteng ini bisa digunakan sebagai alternatif genteng keramik yang memiliki harga lebih mahal.  Di pasaran, jenis genteng ini memang murah, tetapi kualitasnya tidak kalah baik dan memiliki desain yang mewah dari genteng keramik. 

Mengingat harganya yang murah, Pins memerlukan ketelitian dalam pemasangannya. Walaupun harganya murah, Pins bisa menggunakannya untuk atap sebagai penutup bangunan.

Genteng ini berasal banyak digunakan oleh masyarakat Tiongkok. Sementara di Indonesia dibawa ketika masa penjajahan Belanda yang masuk ketika bangsa Eropa sampai dengan Amerika sebagai atap rumah. 

Di Indonesia, genteng morando sebagian besar merupakan buatan Jatiwangi di Kabupaten Majalengka. 

Jenis Genteng Morando

(Bukalapak)

Ada dua jenis genteng morando yang bisa ditemukan di pasaran yang dibedakan sesuai dengan pembuatannya. Yuk, simak informasinya berikut ini:

Genteng Morando Natural

Jenis yang pertama belum diglazur sehingga masih tampak biasa seperti layaknya genteng tanah liat pada umumnya. Jika Pins ingin lebih bagus tampilannya dan juga tahan lama, maka harus dicat terlebih dahulu agar terhindar dari lumut.

Atap morando lebih murah jika dibandingkan dengan yang sudah diglazur. Biasanya, harga yang belum diglazur, mulai dari Rp2.000-an per buah.

Genteng Morando yang Diglazur

Berikutnya produk yang diglazur memiliki tampilan yang lebih cantik. Hal ini karena ada lapisan tambahan yang membuatnya tampak lebih mengkilap. Pins bisa menemukan genteng yang sudah diglazur dalam pilihan warna seperti cokelat, hijau, merah, biru, sampai yang transparan. 

Sementara harganya mulai dari Rp3.000 sampai Rp6.500 per buah, tergantung variasi warna yang dipilih.  Jenis genteng yang satu ini juga bisa dipilih dengan favorit yang mampu meningkatkan keindahan bangunan. 

Kelebihan Genteng Morando

(Produsen Genteng Sokka)

Di antara berbagai jenis genteng yang ada saat ini, Pins tak perlu meragukan memilih jenis satu ini. Berikut ini beberapa kelebihan dari genteng gojer yang membuatnya layak untuk dipertimbangkan.

Memiliki Kekuatan yang Tinggi

Proses pengolahan morando dibuat dengan cara dibakar pada suhu tinggi. Hal ini menjadikannya lebih kuat dibandingkan dengan genteng tanah liat pada umumnya.

Selain itu, komponen genteng ini juga menjadi jauh lebih kuat yang terbukti sekalipun terkena benturan tidak akan mudah pecah. 

Bobotnya Ringan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beratnya relatif ringan. Bobot ini jadi keuntungan tersendiri karena lebih mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Pins juga tidak memerlukan terlalu banyak tenaga sehingga lebih efisiensi tenaga dan juga waktu.

Proses Instalasi Mudah

Mengingat genteng ini memiliki kekuatan yang baik, maka proses instalasi pun jadi semakin cepat. 

Pins tidak memerlukan tenaga yang ahlinya ketika memasang genteng satu ini. Bahkan, tukang yang pemula sekalipun bisa mengerjakannya. Apalagi produknya ringan sehingga memudahkan ketika dipasang.

Penahan Panas yang Baik

Keunggulan morando berikutnya memiliki sifat yang mampu menahan panas. Atap dari morando tidak akan menyerap panas sehingga hunian tidak akan terasa panas. 

Hal inilah yang membuat banyak orang memilih genteng ini karena hunian akan terasa tetap sejuk meskipun cuaca sedang panas.

Lebih Tahan Lama

Harganya yang murah tidak membuat kualitas morando asal-asalan. Bahkan, genteng satu ini lebih tahan lama karena memiliki sifat anti korosi dan anti jamur. 

Alhasil, genteng ini memiliki masa pakai terbilang cukup panjang bisa mencapai puluhan tahun. Apalagi kalau dilakukan perawatan dengan benar.

Kekurangan Genteng Morando

(Harga Web)

Pins juga harus tahu kelemahan dari atap morando sebelum memutuskan untuk memilihnya. Kekurangannya memang tidak banyak tetapi tetap harus Pins pertimbangkan agar tidak kecewa. 

Yang pertama dari sisi harga. Kalau dibandingkan dengan variasi genteng tanah liat yang lainnya, morando terbilang lebih mahal. Terlebih jika Pins memilih jenis yang sudah diglazur dengan warna lain yang harganya tinggi.

Selain itu, genteng satu ini juga cukup sulit ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Artinya, jika di daerahmu tidak ada variasi genteng ini, maka harus mendatangkannya dari wilayah lain.

Hal ini tentu memerlukan ongkos kirim yang tidak sedikit. Jadi, lebih baik memilih jenis genteng lain kalau di daerahmu tidak ada morando.

Itulah sederet informasi mengenai genteng morando. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.