Kamus Istilah Properti

DIRE

istilah properti

DIRE

DIRE adalah kependekan dari Dana Investasi Real Estate, satu investasi yang khusus dialokasikan pada instrumen properti (real estate).

Apa itu DIRE?

(Hospitality Net)

DIRE adalah kependekan dari Dana Investasi Real Estate, satu investasi yang khusus dialokasikan pada instrumen properti (real estate). Nantinya, dana yang terkumpul akan diolah oleh lebih lanjut oleh perusahaan investasi untuk membeli aset properti, saham, atau obligasi dari perusahaan properti.

Secara umum, pengumpulan dana investasi DIRE mirip dengan pengumpulan dana reksadana. Yang membedakan adalah minimal 80 persen dana yang masuk sebagai investasi akan dialokasikan ke aset real estate. Sementara itu, sebagian lainnya bisa diinvestasikan ke aset-aset jenis lain seperti surat utang, pasar uang, saham, dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya, aset properti yang akan dijadikan lokasi investasi adalah tipe real estate. Selain itu, aset properti yang dituju sebagai titik investasi harus sudah menghasilkan keuntungan secara rutin. Beberapa contoh aset properti real estate yang dimaksud antara lain hotel, apartemen sewa, gedung perkantoran, mall, sampai gedung untuk parkir.

Beberapa jenis Dana Investasi Real Estate sudah masuk dalam bursa efek Indonesia. Dengan begitu, investor juga lebih mudah untuk melakukan jual beli kepemilikan Dana Investasi Real Estate tersebut. Produk investasi semacam ini lebih cocok bagi kamu yang mengincar aset investasi yang lebih likuid (mudah dicairkan).

Alur investasi DIRE

(Caldelas de Vapor)

Perlu diketahui, ada beberapa pihak yang akan ikut andil dalam proses ini. Pihak-pihak tersebut antara lain adalah investor dan perusahaan manajer investasi. Perusahaan manajer investasi di sini akan membuat sebuah cabang perusahaan yang dikenal dengan istilah Special Purpose Company (SPC) sebagai ekstensinya.

Special Purpose Company yang dibuat oleh perusahaan manajer investasi tersebut merupakan pihak yang bertugas untuk membeli dan mengelola aset properti yang dibeli. Dengan begini, investor tidak perlu melakukan pengelolaan secara langsung aset properti yang dibeli lewat dana yang diinvestasikannya.

Nantinya, investor akan mendapatkan keuntungan dari beroperasionalnya aset-aset properti yang dibeli oleh SPC menggunakan dananya. Sebagai contoh, SPC membeli aset properti berupa hotel berbintang. Maka, investor akan mendapatkan keuntungan berupa persentase bagi hasil dari keuntungan yang diperoleh hotel tersebut per periodenya.

Sebagai satu contoh lain, misalka SPC membeli mall dari dana-dana investor. Nantinya, investor akan mendapatkan keuntungan ketika berupa persentase dari disewanya kios pada mall tersebut.

Efek dari investasi seperti tadi dapat memberikan keuntungan pula kepada pengembang aset real estate. Dengan masuknya dana dari investor, maka pengembang atau developer bisa mendapatkan kembali modalnya lebih cepat.

Risiko untuk calon investor

(International Banker)

Semua instrumen investasi memiliki faktor risiko, begitu juga dengan DIRE. Menariknya, risiko dari masing-masing instrumen investasi memiliki risiko yang berbeda-beda. Maka dari itu, kita perlu mengetahui beberapa aspek yang mempengaruhi apakah instrumen tersebut bonafit sebagai target investasi atau tidak.

Sebagai investor di DIRE, kita akan dimudahkan oleh Manajer Investasi (MI), tempat kita mempercayakan dana kita untuk dikelola lebih jauh. Untuk itu, carilah lembaga investasi DIRE yang kredibel dan memiliki rekam jejak yang baik.

Hal yang menjadi musuh dari investasi di ranah properti adalah turunnya harga properti. Hal ini akan mempengaruhi investasi yang kamu lakukan. Selain itu, tidak produktifnya aset properti yang dibeli oleh SPC dari MI juga akan berpengaruh pada persentase hasil yang didapat dari investasi.

Perlu diingat, investasi di DIRE cenderung kurang likuid, terutama untuk investasi yang dilakukan melalui Perusahaan Manajer Investasi. Akan tetapi, apabila investasi DIRE sudah masuk pasar sekunder, maka jenis investasi ini lebih mudah untuk jual belikan.

Secara garis besar, ada tiga aspek yang bisa mempengaruhi untung atau risiko dari investasi DIRE:

  • Harga properti bisa naik atau turun.
  • Properti yang diakuisisi dari dana DIRE tidak beroperasional dengan maksimal.
  • Apabila investasi DIRE yang kita pegang ada atau masuk dalam pasar sekunder, maka kepemilikan hak investasi kita tersebut lebih mudah untuk diperdagangkan. Jika tidak, maka kepemilikan tersebut lebih sulit untuk dipindah tangankan.

DIRE yang tersedia di pasar sekunder

(Investor Daily)

Jika ingin melakukan investasi DIRE dengan modal tidak terlalu besar, maka kamu bisa memilih beberapa aset dijual di bursa. Modal yang dibutuhkan untuk memulai investasi Dana Investasi Real Estate yang dijualbelikan di pasar saham antara Rp.1.000.000 hingga Rp.10.000.000.

Saat ini ada dua DIRE yang bisa kamu cari di pasar sekunder, yakni XCID dan XCIS. XCID merupakan kode untuk DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia yang berfokus pada aset berupa bangunan retail seperti mall. Sementara itu, XCIS merupakan kode untuk DIRE Ciptadana Properti Perhotelan yang berfokus pada aset real estate berupa hotel.

Nantinya, keuntungan dari investasi tersebut akan didapatkan per kuartal. Keuntungan dari kepemilikan investasi DIRE punya potensi keuntungan yang lebih besar daripada melakukan deposito di bank.

Melakukan investasi yang lebih besar melalui instrumen DIRE juga dapat dilakukan. Hanya saja, kamu perlu mencari Perusahaan Manajer Investasi yang memfasilitasi aktivitas investasi semacam itu.

Saat ini, investasi di DIRE dengan dana tinggi masih banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Hal ini dikarenakan investasi ekstensi semacam DIRE ini masih belum terlalu populer di Indonesia.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.