Kamus Istilah Properti

Backsplash

istilah properti

Backsplash

Backsplash adalah permukaan vertikal (seperti ubin) yang diletakan di tempat basah dan mudah kotor seperti dapur untuk melindungi dinding dari kotoran.  

Apa Itu Backsplash?

Backsplash
(The Spurce)

Pernahkah Pins melihat sebuah lapisan dinding di area yang basah dan mudah kotor seperti dapur? Nah, itulah backsplash. Arti backsplash adalah permukaan vertikal (seperti ubin) yang berfungsi ntuk melindungi dinding dari kotoran seperti cipratan air, minyak, atau bumbu masakan. 

Lapisan dinding ini biasanya ditemukan di belakang kompor dan bak cuci piring yang mengikuti panjang kitchen set dengan ketinggian beberapa puluh sentimeter di atas countertop. Selain itu, tak jarang juga sebuah backsplash menutup dinding dapur secara keseluruhan.

Pemasangan lapisan dinding ini sangatlah penting karena jika tidak dilapisi dengan backsplash di beberapa sudut seperti belakang countertop, dapur akan mudah kotor.

Keunggulan backsplash adalah permukaan yang mudah dibersihkan dibandingkan lapisan dinding sejenis lainnya seperti papan gypsum maupun drywall. Pins bisa memilih berbagai material yang bisa dijadikan backsplash, mulai dari keramik, kayu, kaca, hingga logam.

Modelnya pun beragam sehingga bisa dipilih sesuai konsep rumah dan bisa mempercantik dapurmu. 

Fungsi Backsplash

Backsplash
(Forbes)

Fungsi utama backsplash adalah melindungi dinding dapur dari berbagai kotoran. Namun tak hanya itu saja, ada beberapa fungsi yang sekaligus menjadi kelebihan backsplash jika dipasang di dapurmu. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Memasak menjadi lebih tenang karena ketika memasang lapisan dinding ini, Pins tak perlu khawatir dapur menjadi kotor terkena cipratan minyak, bahan masakan yang berkuah, atau minyak.
  • Saat Pins mencuci piring, lapisan ini akan menjaga agar dinding tidak basah dan lembap.
  • Dengan pemilihan material dan desain yang tepat, backsplash dapat menambah nilai estetika dapur secara keseluruhan.  
  • Berbeda dengan tembok, backsplash lebih mudah dibersihkan karena terbuat dari material khusus.
  • Bisa didesain sebagai tempat untuk menggantung berbagai peralatan memasak, buku resep, hingga radio untuk menemani memasak.
  • Memudahkan saat ingin menyembunyikan bekas noda yang sulit dibersihkan tanpa harus melakukan pengecatan ulang.  

Material Backsplash yang Bisa Melindungi Dinding Dapurmu 

Backsplash
(Degnan Design-Build-Remodel)

Melihat fungsi backsplash yang terbilang banyak, tentu saja pemilihan material menjadi hal yang penting. Sebaiknya Pins hanya menggunakan satu jenis material saja agar dapat berfungsi dengan baik.

Jika Pins menggunakan lebih dari satu material, kemungkinan dinding berdebu atau menjadi sarang kuman, menjadi lebih besar. Material untuk backsplash pun bervariasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kondisi ruangan. Yuk, simak beberapa materialnya berikut ini: 

Keramik

Keramik adalah material untuk backsplash yang paling populer. Tampilannya yang simple tetapi memiliki berbagai warna dan tekstur, menjadi alasannya. Terlebih, keramik tergolong memiliki harga yang terjangkau. 

Pins bisa memilih berbagai model dan pola yang bisa disesuaikan dengan ruanganmu.  Kelebihan keramik sebagai lapisan dinding di dapur yaitu mudah dibersihkan. 

Kayu

Kalau Pins tertarik menciptakan suasana hangat dan alami, backsplash kayu-lah jawabannya. Dengan pemilihan jenis kayu yang berkualitas dan tepat, maka backsplash kayu akan tahan lama serta tampil indah.

Pins bisa memilih berbagai jenis kayu yang memiliki sifat tahan air seperti jati, ulin, dan merbau. Biar tampilannya semakin indah, Pins bisa menambahkan produk coating, cat protektif/enamel yang anti basah dan anti noda.  

Kaca

Sifat kaca yang reflektif terhadap sinar matahari sehingga menjadikan ruangan terkesan lebih hangat dan terang, menjadi alasan material kaca menjadi pilihan yang tepat sebagai lapisan dinding di dapur. 

Tampilannya pun elegan dan memberikan kesan luas pada ruangan. Sama seperti keramik, kaca pun mudah dibersihkan, memiliki daya tahan yang lama. Usahakan, Pins memilih bahan dasar kaca yang tempered agar tahan suhu dan tidak mudah pecah.

Logam

Jenis-jenis logam yang bisa dijadikan sebagai material untuk backsplash ada banyak, mulai dari material stainless steel, tembaga, plat aluminium, hingga logam kuningan. Sebenarnya, logam apapun bisa digunakan selama memiliki karakter tahan karat dan anti air.

Meskipun masih jarang ditemukan, tetapi penggunaan logam banyak diterapkan pada dapur yang frekuensi memasaknya tinggi seperti pemilik usaha catering. 

Marmer atau Granit

Material marmer atau granit banyak ditemukan di area dapur maupun ruangan lainnya karena memberi kesan berkelas, elegan, dan alami. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan material lainnya, nyatanya penggunaan granit atau marmer sebagai backsplash sangat sering ditemukan.  

Batu marmer dan granit ini memiliki kelebihan yang tahan lama, tahan pakai, dan cocok dipakai untuk jangka yang sangat panjang. Konsep penerapan marmer pun selalu berhasil menciptakan ruangan yang indah dan elegan. 

Inspirasi Backsplash untuk Percantik Dapur

Setelah memilih jenis material apa yang akan Pins terapkan sebagai backsplash, selanjutnya menentukan akan seperti apa konsep dapur dengan bantuan lapisan dinding satu ini. 

Yuk, simak inspirasi dapur dengan sentuhan lapisan dinding berikut ini:

Dapur Bertema Monochrome yang Elegan

(Pinterest)

Tema monokrom selalu menarik perhatian, di mana pun itu diterapkan. Nah, kalau Pins memang pecinta warna-warna monokrom, desain dapur satu ini bisa dijadikan pilihan. Tak hanya membuat dapur terbebas dari kotor, penggunaan warna ini memberikan kesan simple sekaligus. 

Tak harus menggunakan corak yang berlebihan, susunan seperti batu-bata pun sudah membuat tampilan dapur tampak berbeda. 

Konsep Retro Mozaik yang Berkarakter Unik

(Retro Renovation)

Bagi para penggemar desain retro, konsep satu ini bisa Pins gunakan. Campuran warna kuning, oranye, dan karamel dalam balutan mozaik tampak unik dan menarik. Meski terkesan ramai, pemilihan pola ini terbilang aman.

Alhasil, dapur terlihat semakin indah sekalipun backsplash telah mendominasi area secara keseluruhan. Padukan dengan kitchen set berwarna kayu agar bisa menambah keindahan ruangan. 

Motif Feminim Serba Pink 

Porcelenosa

Material keramik kaca menjadi salah satu yang banyak digemari sebagai backsplash dapur. Kesan mengkilap yang ditimbulkan dan fitur kaca yang mudah dibersihkan setiap saat, menjadi alasannya. 

Pemilihan warna pink dengan dan kesederhanaan dari segi motif, nyatanya menjadikan dapurmu menjadi semakin cantik.  

Ubin Tegel Membuat Dapur Jadi Lebih Hidup

(Interior Design)

Ubin tegel yang terbuat dari semen memiliki kelebihan yang dapat mencegah percikan noda dan minyak, menjaga dapur Pins cerah dan bersih, serta mencegah bau tidak enak masuk.

Lapisan dinding dapur dari ubin semen menjadikannya tampak bersinar sehingga membuat dapur menjadi penuh warna dan hidup. Tak perlu khawatir soal kualitasnya, sebab tegel terkenal menjadi salah satu bahan terbaik dengan daya tahan alami dan pembersihan yang mudah sehingga cocok untuk menghadapi kekacauan saat memasak.

Mural Unik yang Membuat Dapur Lebih Estetik

(Paulle Wing Tile)

Saat ini ada beberapa jasa mural yang bisa membuat area dapur menjadi lebih estetik hanya dengan sentuhan coretan di backsplash. Gunakan imajinasi tanpa batasmu untuk menjadikan ruangamu tampak estetik.

Pilih lukisan-lukisan yang berhubungan dapur, makanan, buah-buahan, atau gelas seperti gambar di atas bisa jadi elemen yang membuat dapur jadi lebih estetik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.