15 Tempat Wisata Murah dan Menyenangkan di Kota Bogor

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia ∙ 24 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Bagi yang tinggal di ibu kota Jakarta, kamu bisa melipir ke Bogor untuk liburan singkat. Mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi, kamu bisa mendatangi beberapa tempat wisata murah di Bogor sekaligus selama akhir pekan. Dengan membayar harga tiket masuk yang terjangkau, secara otomatis kamu bisa menikmati pemandangan indah yang disuguhkan.

Di sana, kamu bisa mendapatkan asupan udara yang lebih sejuk sekaligus pemandangan yang lebih asri. Suasana kotanya yang lebih santai dan tidak sepadat di Jakarta, bakal membuat kamu betah menghabiskan weekend di sana bersama keluarga dan sahabat.

1. Kebun Raya Bogor

Setelah dibuat pusing dan lelah dengan kegiatan di sepanjang minggu, luangkan waktu untuk melihat pemandangan segar serba hijau. Kamu bisa mendapatkannya dengan mentangi Kebun Raya Bogor. Harga tempat wisata murah di Bogor yang sering dipadati oleh rombongan keluarga ini dibanderol kurang dari Rp20 ribuan. 

Di sana, kamu bisa mendatangi banyak spot yang bagus untuk dijadikan tempat foto maupun piknik. Bila ingin melihat danau buatan, langsung saja beralih ke komplek yang masih ada di dalam wilayah Kebun Raya Bogor tersebut.

2. Museum Zoologi Bogor

Museum hewan bisa menjadi tempat favorit anak-anak. Termasuk di Museum Zoologi Bogor. Di sini, kamu bisa melihat berbagai informasi serta fosil hewan yang tulang belulangnya sudah ditata rapi. Kamu bisa melipir ke area museum bila sedang ada di Kebun Raya Bogor. Harga tiket masuknya pun tidak lebih dari Rp20 ribu per orangnya.

3. Museum Etnobotani 

Setelah puas berkeliling di museum binatang, kamu bisa melanjutkan perjalanan di wisata edukasi ini ke Museum Etnobotani. Di tempat wisata yang murah di Bogor ini, kamu seperti sedang diajak berkeliling ke belahan Nusantara lainnya melalui koleksi tanaman yang ada. Kamu bisa dengan leluasa datang pada Senin hingga Jumat dari pagi dengan membayar 2 ribu per orangnya untuk tiket masuk. Tempatnya ada di Jalan Ir. H. Juanda Bogor, ya. Catat dan ingat baik-baik.

4. Istana Bogor

Bila ingin melihat bagian dari istana Bogor yang megah, kamu harus memenuhi syaratnya yang cukup ketat. Pasalnya, tempat wisata yang murah di Bogor ini selalu diawasi dengan ketat dan tidak boleh dimasuki oleh sembarangan orang. Kamu harus mengurus surat izin dengan melampirkan daftar minimal 25 nama pengunjung terlebih dulu. Setelah disetujui, baru kamu bisa datang di tanggal dan waktu yang sudah ditentukan. Di sana, kamu bakal disambut dengan lapangan hijaunya yang asri. Selain itu, ada ratusan rusa yang menyambutmu dengan lucunya. Semakin penasaran, ‘kan?

5. Telaga Malimping

Telaga Malimping wajib masuk dalam daftar rekomendasi tempat wisata murah di Bogor. Destinasi ini memiliki banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh kamu dan keluarga. Untuk masuk, kamu perlu membayar Rp2.500 per kepala. Setelah masuk ke arena, kamu bisa memilih berbagai pilihan fasilitas menariknya. Mulai dari flying fox, banana boat, rafting, kolam renang, istana balon, hingga kebun binatang. Untuk bisa memasuki setiap arenanya, kamu mungkin akan dibebani biaya masuk tambahan. Namun dengan harga yang terjangkau tersebut dengan fasilitasnya yang variatif bakal membuatmu betah seharian bermain di sana.

6. Taman Wisata Mekarsari

Di Kabupaten Bogor, terdapat Taman Wisata Mekarsari yang bisa dijadikan spot liburan seru bersama keluarga. Tempat wisata yang murah di Bogor ini memiliki luas 264 hektar yang dipenuhi dengan berbagai spesies pohon dan buah. Menyuguhkan edukasi, reboisasi, konservasi, dan rekreasi, Mekarsari bisa menjadi sarana hiburan dan belajar bagi anak-anak. Bila ingin melakukan kegiatan yang tak kalah seru, kamu bisa memilih paket family camp maupun family biking camp-nya di akhir pekan.

7. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Disambut dengan cuaca sejuk di Bogor, pengalaman liburanmu bakal lebih afdol bila mampir ke Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Pemandian air panas ini bisa disebut sebagai tempat wisata murah di Bogor karena harga tiket masuk per orangnya hanya dipatok 10 ribu. Di sana, kamu bisa bersantai sambil merendam kaki di air panasnya untuk menghilangkan rasa lelah selama perjalanan.

8. Air Panas Ciparay

Bila ingin mendatangi tempat wisata murah di Bogor lainnya, ada Air Panas Ciparay yang bisa dijadikan destinasi. Di sini, kamu hanya perlu membayar 4 ribu untuk tiket masuknya. Di sana, kamu bisa berenang di kolam air panas yang disediakan. Kamu dan keluarga juga bisa rehat di saung yang terletak di tak jauh dari kolamnya.

9. Danau Situ Gede

Keindahan danau Situ Gede sudah menjadi rahasia umum bagi sebagian besar orang yang tinggal di Jabodetabek. Di sana, kamu hanya ditarik tiket parkir dan bisa langsung masuk ke area danaunya. Di sana, kamu bisa dengan puas melihat pemandangan danau serta pegunungan yang terletak tak jauh dari pintu masuknya. Tak perlu kaget kalau tempat wisata yang murah di Bogor juga sering dijadikan sebagai spot foto prewedding.

10. Taman Wisata Matahari

Ingin menghabiskan waktu di akhir pekan dengan melakukan kegiatan outdoor? Taman Wisata Matahari bisa menjadi destinasi yang tepat. Dd tempat wisata murah di Bogor ini, kamu hanya perlu merogoh kocek 20 ribuan per orangnya untuk bisa menikmati fasilita serunya. Mulai dari outbound, sepeda air, dan masih banyak aktivitas seru lainnya.

11. Cibalung Happy Land

Untuk membuat buah hati senang, kamu bisa mendatangi Cibalung Happy Land pada akhir pekan. Di tempat wisata murah di Bogor ini, kamu hanya perlu membayar 5 ribu per kepala untuk bisa masuk. Setelah itu, kamu bisa mencoba semua kegiatan yang ada. Wisata edukasi yang bisa didapat adalah dengan memerah susu, menanam padi, menangkap bebek, membajak sawah, dan masih banyak keseruan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

12. Kampung Budaya Sindangbarang

Di Desa Pasir Eurih, terdapat tempat wisata murah di Bogor yang edukatif dan seru untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Di sana, kamu bisa menjelajahi sejarah Kerajaan Pajajaran serta peninggalannya, serta menikmati suasana pedesaannya yang tenang dan asri. Semua bisa didapatkan dengan membayar 25 ribu untuk biaya tiket masuknya.

13. Warso Farm

Ingin berkeliling ke kebun durian dan kebun buah naga? Segera masukkan Warso Farm ke dalam rencana perjalananmu di akhir pekan ini. Di sana, kamu bisa melihat sekaligus mencicipi berbagai spesies durian dan buah naganya. Untuk bisa masuk dan melihat-lihat ke dalam kebunnya, akses dibuka pada Jumat, Sabtu, dan Minggu saja. Di hari itu, kamu tetap bisa datang dan memborong banyak durian dan buah naganya, kok.

14. Gunung Pancar

Jika suka bepergian ke dataran tinggi untuk berburu foto, kamu bisa mendatangi komplek Gunung Pancar. Di tempat wisata yang murah di Bogor ini, kamu bisa jogging, melihat air terjun, bahkan merendam kaki di kolam air panasnya. Tidak dikenakan biaya masuk, kamu hanya perlu membayar parkir kendaraannya. Terjangkau, ‘kan?

15. Air Terjun Bidadari

Di sekitar Sentul Paradise Park, ada Air Terjun Bidadari yang wajib didatangi ketika berlibur ke Bogor. Di tempat wisata murah di Bogor sudah dilengkapi dengan fasilitas kolam dewasa dan anak-anak yang airnya bersumber langsung dari air terjunnya. Keseruan bakal berlanjut apabila kamu melakukan kegiatan flying fox sambil melihat keindahan air jernihnya dari ketinggian.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.