Info Area

Bogor

Jawa Barat

Bogor

Bogor adalah sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Barat. Kota Bogor dikenal dengan julukan Kota Hujan, sebab kawasan ini memiliki curah hujan yang tinggi.

Mengenai sejarah Kota Bogor, beberapa ahli memiliki pendapat berbeda. Ada yang menyebut bahwa nama Bogor berasal dari kata Bahai dan Baqar yang artinya sapi, karena terdapat patung sapi di Kebun Raya Bogor.

Sementara itu, ada pula yang mengatakan bahwa nama Bogor berasal dari kata ‘bokor’ yang artinya pohon enau atau kawung. Namun berdasarkan catatan sejarah pada 7 April 1752, nama Bogor termuat dalam sebuah dokumen dan tertulis Hoofd Van de Negorij Bogor, yang berarti kepala kampung Bogor.

Pada dokumen tersebut diketahui bahwa kepala kampung tersebut terletak di dalam lokasi Kebun Raya yang mulai dibangun pada tahun 1817.

Kota Bogor terletak sekitar 59 kilometer persegi di sebelah selatan DKI Jakarta. Posisi wilayahnya berada di tengah-tengah Kabupaten Bogor. Mengingat lokasinya yang berada jauh dari Jakarta, kota ini dapat dibilang sebagai wilayah yang strategis untuk membeli properti. Selain itu udaranya yang sejuk pun akan membuatmu nyaman tinggal di sana. Kini, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah di Bogor.

Populasi1,097,000 jiwa (2018)
Luas Wilayah118.5 km2
Plat kendaraanF

Fasilitas Umum di Bogor