Info Area

26 Makanan Khas Purwokerto, Wajib Coba!

Purwokerto merupakan salah satu kota administrasi di Banyumas, Jawa Tengah. Kota ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki banyak tempat wisata, baik wisata alam maupun wisata di tengah kotanya. Apalagi kota ini memiliki universitas ternama, sehingga ada banyak mahasiswa yang merantau ke kota ini. 

Nah, buat kamu yang sedang berkunjung ke kota ini, jangan sampai lewatkan makanan khas Purwokerto yang unik dan lezat. Berikut ini rekomendasi makanan khas Purwokerto yang paling recommended. Yuk, cobain! 

1. Mendoan Kriuk 

Mendoan kriuk
(kompas.com) 

Rekomendasi makanan khas Purwokerto yang pertama adalah Mendoan Kriuk. Mendoan di Purwokerto ini terbilang cukup unik. Karena mendoan di purwokerto ini memiliki tekstur kriuk yang gurih. tempe ini makin lezat makin 

2. Kraca 

Kraca
(detik.com) 

Apakah kamu pernah makan olahan siput air? Terdengar aneh, bukan? Di Purwokerto kamu bisa mencicipi olahan unik ini, namanya Kraca. Siput air ini dimakan selama kurang lebih 4 sampai 5 jam dan diberi bumbu rempah yang lezat. 

3. Gethuk Goreng

Gethuk goreng merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong dengan gula kelapa, lalu digoreng. Rasa garing di luar dan lembut di dalam dijamin bikin kamu nggak berhenti buah makan camilan yang satu ini. Menu ini tersedia di toko pinggir jalan di Purwokerto. 

4. Soto Sokaraja 

Makanan khas purwokerto
(kompas.com) 

Rekomendasi makanan khas Purwokerto yang bisa kamu cicipi adalah Soto Sokaraja. Soto ini memiliki cita rasa yang unik dan beda dari soto pada umumnya. Kuah soto ini cukup kental dengan isian ketupat, daging ayam, bihun, sayur kol, dan kerupuk yang sudah diremukkan. Sebagai pendamping menu ini biasanya disediakan bumbu kacang sehingga menambah kelezatan soto ini. 

5. Kluban 

Kalau kamu ingin makan makanan khas yang menyehatkan, Purwokerto punya makanan khasnya, yaitu Kluban. Makanan ini merupakan sayuran rebus, berupa bayam, kacang panjang, tauge, serta wortel yang direbus lalu di campur dengan kelapa parut berbumbu. 

6. Klanting 

Cari camilan ringan khas Purwokerto? Kamu bisa membeli Klanting. Camilan ini terbuat dari tepung singkong yang telah dicampur bumbu lalu digoreng. Rasanya yang gurih dan renyah cocok menjadi teman perjalanan atau pun teman ngopi di waktu santai. 

7. Nopia 

Makanan khas purwokerto
(pikiran-rakyat.com) 

Di Purwokerto ada banyak sekali yang menjual Nopia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu yang berisi gula merah. Cara masaknya pun unik, yaitu dibakar menggunakan tungku khusus. Rasanya yang manis dan legit sangat cocok untuk jadi teman ngopi kamu. 

8. Cimplung 

Cimplung adalah singkong rebus yang dimasak dengan gula aren lalu diberi campuran kelapa. Rasa singkong yang empuk ditambah manisnya gula aren merupakan perpaduan yang super lezat. Kamu bisa mengonsumsi makanan ini di beberapa warung makan. 

9. Buntil Sayur 

Rekomendasi makanan khas Purwokerto selanjutnya adalah Buntil Sayur. Menu ini merupakan parutan kelapa muda yang dibumbui lalu dibungkus dengan daun singkong atau pepaya. Setelah itu, buntilan tersebut dimasak dengan kuah santan yang pedas gurih. Menu ini sangat cocok dimakan dengan nasi hangat. 

10. Lumpia Boom 

Lumpia Boom
(cookpad.com) 

Sudah pernah makan lumpia raksasa dengan isian beraneka macam? Cobain Lumpia Boom. Lumpia ini bisa berisi bakso, ayam, ati ampela, jamur, udang, cumi, atau lainnya sesuai selera. Biasanya lumpia boom ini dimakan bersama nasi hangat supaya lebih mengenyangkan. 

11. Es Badeg 

Ingin cari yang segar-segar di Purwokerto? Kamu bisa mencicipi es badeg. Minuman ini terbuat dari bunga kelapa fermentasi yang dicampur gula dan es. Minuman ini sangat segar disantap saat siang hari. Kamu wajib coba menu es ini beberapa tempat makan ataupun keda pinggir jalan. 

12. Jenang Jaket 

Jenang jaket merupakan camilan khas Purwokerto yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, serta santan kelapa. Camilan ini mirip seperti dodol yang manis, kenyal, dan lezat. Biasanya jenang ini ditambah dengan wijen supaya rasanya lebih nikmat. 

13. Sahoun

(tribunnews.com)  

Malam-malam, hujan-hujan enaknya makan sahoun. Makanan khas Purwokerto yang satu ini berupa tepung beras dan aci yang dimasak menjadi seperti sup yang hangat. Biasanya menu ini ditambah potongan ayam dan daun bawang sebagai pelengkap. Jika ingin lebih nendang, kamu bisa menambahkan sambal. 

14. Gesret 

Makanan khas purwokerto
(cookpad.com) 

Rekomendasi makanan khas Purwokerto selanjutnya adalah Gesret. Menu ini merupakan singkong parut yang campur gula merah lalu dikukus. Kemudian dihidangkan dengan parutan kelapa yang gurih. Menu ini juga bisa kamu dapatkan untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke Purwokerto. 

15. Wajik Kletik 

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan menu wajik kletik. Menu ini merupakan camilan manis yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan gula merah. Lalu dibentuk kotak-kotak. Makanan ini cocok menjadi camilan pagi sore, atau disajikan dalam acara-acara adat di Jawa. 

16. Combro 

Makanan khas purwokerto
(kompas.com) 

Combro merupakan makanan khas Purwokerto yang terbuat dari singkong parut lalu diisi dengan ayam atau tempe berbumbu. Lalu, digoreng hingga coklat dan garing. Makanan ini cocok disantap dengan segelas teh ataupun kopi. 

17. Lupis 

Di purwokerto ada banyak penjual lupis yang bisa kamu temui. Menu ini terbuat dari beras santan yang dikukus dengan daun kelapa lalu dihidangkan dengan kelapa parut serta gula merah cair. Hmm, rasa manis dan gurihnya dijamin bikin nagih, deh. 

18. Ciwel 

(tribunnews.com) 

Ciwel merupakan camilan khas Purwokerto berwarna hitam yang terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam rebusan jerami, sehingga menghasilkan warna hitam. Teksturnya cukup alot dan dihidangkan dengan parutan kelapa yang gurih. 

19. Sate Bebek Tambak 

Sate terbuat dari daging bebek? Terdengar aneh, ya? Namun, menu ini bisa kamu temui di Purwokerto. Namanya, sate bebek tambak. Menu ini terbuat dari bebek muda yang disajikan dengan sambal kecap dan kacang. Rasanya yang kenyal dan gurih dijamin bikin kamu ketagihan, deh. 

20. Lembutan 

Lembutan merupakan makanan khas Purwokerto yang juga wajib kamu cicipi. Makanan ini terbuat dari ikan air tawar yang digoreng garing. Rasanya yang gurih asin sangat cocok dimakan dengan nasi hangat yang pulen. Kamu bisa menambahkan dengan sambal untuk rasa lebih maknyos! 

21. Templek 

Tamplek
(cookpad.com) 

Templek atau tomplo merupakan makanan khas Purwokerto yang terbuat dari ampas pembuatan tahu. Jadi, ampas tahu tersebut dimasukkan ke dalam adonan tahu, lalu doreng kering. Rasanya gurih asin, dan renyah di luar. 

22. Tegean 

Tegean merupakan sup bayam bening khas Puwokerto. Menu ini berbahan dasar bayam, jagung manis muda, wortel, dan bumbu racikan yang khas. Biasanya sayur ini disantap dengan nasi hangat dan lauk lain seperti ayam atau tempe goreng. 

23. Kampel

(cookpad.com) 

Rekomendasi makanan khas Purwokerto selanjutnya adalah Kampel. Menu ini terbuat dari tahu yang digreng menggunakan tepung dan daun bawang. Rasanya tahu yang lembut dipadu dengan tepung yang gurih membuat makanan ini cocok disantap sebagai cemilan gorengan wajib. 

24. Bakso Bumi Asih 

Di Purwokerto ada bakso enak yang wajib kamu cicipi, namanya bakso bumi asih. Bakso ini terbuat daging yang bertekstur lembut dan tambahan mie yang membuat menu ini makin maknyos. Harga menu bakso ini pun terbilang sangat terjangkau. Mulai dari Rp 13 ribu-an saja. 

25. Mie Ayam Jalan Pramuka 

Selain menu bakso, kamu juga wajib makan mie ayam jalan pramuka. Seperti namanya, menu bakso ini terletak di jalan pramuka. Tekstur mie yang kenyal ditambah topping ayam bumbu kecap dan sayur, membuat mie ayam ini semakin lezat. Kamu bisa makan menu ini untuk siang atau malam hari. 

26. Dage 

Dage 
(cookpad.com) 

Rekomendasi makanan khas Purwokerto selanjutnya adalah Dage. Makanan ini merupakan ampas kedelai dari tempe yang digoreng dengan tepung. Rasanya mirip seperti tempe hanya teksturnya yang berbeda. Dengan cabai rawit membuat makanan ini makin maknyos! 

Sudah siap pilih makanan khas Purwokerto yang mana? Pastinya kalau kamu ke Purwokerto, kamu wajib cicipi salah satunya. Beberapa menu juga bisa dijadikan menu oleh-oleh, kok. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.