Info Area

16 Makanan Khas Pemalang, Kamu Harus Coba!

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki kuliner khas. Termasuk pula dengan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Ada beragam makanan khas Pemalang yang menarik untuk dicoba saat wisata di sana. Beberapa di antara pun bisa dibawa untuk buah tangan.

Buatmu yang sedang berwisata atau mencari rumah dijual di Pemalang, coba cicipin hidangan berikut untuk mengisi perut yang lapar. Rasanya khas dan unik, lo.

1. Lontong dakem

makanan khas Pemalang
(Perpus Jateng Prov)

Makanan khas Pemalang ini terbuat dari potongan lontong dan daging ayam yang disajikan bersama kuah daun bawang gurih. Penyajiannya biasanya dengan sate dan remukan kerupuk khas Dakem. Salah satu warung lontong Dakem yang bisa kamu kunjungi yakni Dakem Pak Drajat. Konon, warung ini sudah ada sejak 1970-an.

2. Nasi grombyang

makanan khas pemalang

Nasi grombyang adalah salah satu nasi campur khas Jawa Tengah. Diberi nama demikian, karena penyajiannya dengan nasi dan kuah banyak sehingga tampak bergoyang. Dalam satu porsi nasi grombayang, kamu bisa mendapatkan nasi lengkap dengan potongan daging sapi dan sate kerbau.

3. Pecak belut

makanan khas pemalang
(Cookpad/ Rahma Kitchen)

Makanan khas Pemalang berikutnya adalah pecak belut. Hidangan ini berisi belut goreng yang disajikan dengan sambal pecak. Kalau pesan, kamu bisa memilih pecak belut santan atau kering. Penyajiannya biasanya dengan tambahan bawang goreng utuh dan nasi hangat.

4. Kraca

makanan khas pemalang
(Tribun Wiki)

Kraca adalah makanan dari keong yang dimasak dengan bumbu khas. Ada ketumbar, bawang putih, kemiri, dan aneka rempah lainnya. Rasanya unik dan pas untuk dicoba saat wisata ke Pemalang.

Baca juga: 20 Lokasi Wisata di Pemalang yang Seru untuk Liburan

5. Kepiting lemburi

makanan khas pemalang
(Detik Food)

Pencinta hidangan laut, wajib mencoba kepiting lemburi yang hanya ada di Pemalang. Keunikan dari makanan ini yakni kepiting dimasak sedemikian rupa sampai cangkangnya lunak. Saking lunaknya, cangkang ini pun bisa digigit dan dimakan begitu saja.

6. Ogel-ogel

makanan khas pemalang
(Wisata Pemalang)

Kalau pengin membeli kuliner khas Pemalang untuk oleh-oleh, silakan coba ogel-ogel. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan bumbu seperti gula, garam, dan keju. Kamu bisa menemukan jajanan ini di toko oleh-oleh di Pemalang.

7. Apel comal

Apel comal adalah makanan khas Pemalang dari campuran tepung terigu dan gula merah. Kudapan ini memiliki cita rasa manis dan harga terjangkau. Untuk bisa menikmatinya kamu cukup mengeluarkan uang Rp2.000 saja.

8. Kue kamir

makanan khas pemalang
(Kompas)

Sedang mencari oleh-oleh khas Pemalang? Jika iya, Pins bisa membeli kue kamir. Kue ini konon berasal dari kata khamir yang berarti ragi. Untuk itu, pembuatan kuenya pun memakai tepung beras, terigu, telur, dan mentega. Namun, uniknya, ragi yang dipakai bukanlah ragi kue pada umumnya, melainkan tape singkong.

9. Sate loso

makanan khas pemalang
(Phinemo)

Sate loso bisa jadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pemalang. Sate ini terbuat dari daging sapi dan kerbau, lo. Sebelum dibakar, daging tersebut dimasak dulu dengan bumbu bacem supaya enak. Penyajiannya biasanya dengan sup berisi urat atau tulang muda, taoge, dan sambal kacang.

Baca juga: Danau Asmara, Wisata Baru Indah di Pemalang yang Wajib Dikunjungi

10. Bongko mento

makanan khas pemalang
(Suara)

Bongko sebetulnya ada di beberapa kota lain. Namun, bongko di Pemalang ini isiannya berbeda dengan bongko kebanyakan. Di sini, kamu bisa menikmati bongko yang berisi mento. Dalam pembuatannya, tepung terigu yang digunakan sebagai bahan dasar lalu diisi dengan tumisan ayam suwir dan pepaya. Pembuatannya dibungkus dulu memakai daun pisang, kemudian dikucuri santan, dan dikukus.

11. Bakso balungan

makanan khas pemalang
(Garnesia)

Masyarakat Indonesia mungkin familier dengan bakso. Kendati demikian, tak ada salahnya kamu mencicipi bakso dari Pemalang ini. Bakso di tempat ini dihidangkan bersama tulang sapi yang ukurannya cukup besar. Cita rasa baksonya, gurih dan umami berkat kaldu dari tulang sapi tersebut.

12. Bandeng montok

Bandeng mentok bisa dibeli untuk oleh-oleh. Diberi nama demikian, karena ukuran bandeng presto ini cukup besar dan terlihat montok.

13. Kerupuk useg

makanan khas pemalang
(tvOne)

Kalau suka jajanan renyah, coba beli kerupuk useg untuk camilan maupun buah tangan. Kerupuk ini bisa Pins temukan di toko oleh-oleh di Pemalang atau penjual pinggir jalan.

14. Gulai kepala kakap

makanan khas pemalang
(Kompas)

Gulai kepala kakap disebut sebagai salah satu makanan populer di Pemalang. Walau di kota lain, tapi gulai kepala kakap di Pemalang punya cita rasa berbeda. Gulai tersebut dimasak dengan aneka rempah sehingga aromanya khas dan makin menggugah selera.

Baca juga: Bukit Mendelem Pemalang

15. Tahu pletok

makanan khas pemalang
(OkeZone)

Tahu pletok tak hanya ada di Tegal, tapi juga Pemalang. Dalam pembuatannya, tahu digoreng sampai kering lalu disantap bersama saus cocolan. Uniknya lagi, tahu ini konon beraroma pandan, lo.

16. Manisan

Manisan sebetulnya ada di banyak daerah, termasuk pula di Pemalang. Keunikan dari manisan di sini yakni jenisnya yang beragam. Dua yang populer yaitu manisan cermai dan pepaya.

Nah, itulah beberapa makanan khas Pemalang yang wajib dicoba saat wisata di sana. Beberapa di antaranya bisa Pins bawa sebagai oleh-oleh, jadi jangan lupa borong, ya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.