Info Area

16 Makanan Khas Kudus yang Wajib Kamu Coba!

Kudus merupakan sebuah kabupaten yang letaknya dengan Kota Semarang. Kawasan ini terkenal akan wisata religinya. Di luar daripada itu, Kudus juga banyak kuliner yang menarik untuk dicoba. Makanan khas Kudus ini pun beragam, ada makanan besar maupun camilan. Selain itu, ada pula yang bisa dibawa sebagai buah tangan.

Nah, berikut beberapa makanan khas Kudus yang bisa Pins coba saat wisata ke sana. Tenang, cukup mudah kok menemukan makanan ini, karena letaknya dekat pusat kota dan beberapa kawasan rumah dijual di Kudus.

1. Soto kudus

makanan khas kudus
(Pikiran Rakyat)

Bicara soal kuliner Kudus, maka wajib bila menyebut soto kudus. Perbedaan mencolok soto kudus dengan lainnya yaitu penggunaan daging kerbau sebagai proteinnya. Konon, daging kerbau ini lebih gurih daripada sapi maupun ayam. Namun, seiring berkembangnya waktu, banyak pedagang yang mengganti ganti kerbau dengan sapi.

2. Sate kerbau

makanan khas kudus
(Times Indonesia)

Tak cuma soto, daging kerbau pun diolah menjadi sate oleh masyarakat Kudus. Mereka biasanya menyajikannya dengan serundeng, bawang merah, kentang, dan saus kacang yang dihancurkan kasar.

3. Nasi pindang

makanan khas kudus
(Detik)

Nasi pindang khas Kudus populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Hidangan ini terbuat dari nasi dengan irisan daun dan kuah yang berwarna hitam. Sekilas, hidangan ini mirip dengan rawon, tapi rasanya berbeda.

Baca juga: 15 Oleh-Oleh Khas Kudus yang Paling Terkenal

4. Ayam gongso

makanan khas kudus
(Tribun Travel)

Ayam gongso merupakan salah satu makanan yang populer di Kudus. Gongso sendiri sebetulnya merupakan kata bahasa Jawa yang berarti tumisan. Jadi, dapat dikatakan bahwa makanan ini adalah tumisan ayam. Bumbunya memakai bumbu kecap yang bercita rasa khas. Penyajiannya biasanya dengan nasi putih hangat.

5. Lentog tanjung

makanan khas kudus
(Tribun Jateng)

Lentog tanjung bisa dibilang sebagai salah satu menu sarapan andalan di Kudus. Makanan ini berisi potongan lontong dengan sayur nangka muda, dan lodeh tahu. Bisa dibilang hidangan ini adalah lontong sayur versi Kudus.

6. Garang asem

makanan khas kudus
(OkeZone)

Garang asem mudah ditemukan di sekitar Kudus. Hidangan ini terbuat dari ayam yang dimasak dengan dibungkus daun pisang. Bumbu andalan garam asem yaitu tomat hijau dan belimbih wuluh. Penggunaan bahan asam ini membuat rasanya lebih segar dan enak.

7. Lepet

makanan khas kudus
(Kompas)

Jika dilihat sekilas, hidangan ini mirip seperti ketupat. Namun, sebetulnya keduanya berbeda. Jika ketupat terbuat dari beras, lepet justru mememakai beras ketan dan parutan kelapa. Hal tersebut membuat cita rasanya gurih. Lepet biasa disajikan saat hari Lebaran ke-7. Masyarakat Kudus menyebut hari tersebut dengan nama syawalan.

8. Pecel pakis colo

makanan khas kudus
(Ayo Bandung)

Belum ke Kudus jika tak menyantap pecel pakis colo. Disebut demikian, karena hidangan ini konon berasal dari Desa Colo. Hidangan ini terbuat dari pakis yang diberi kacang panjang dan taoge lalu disiram bumbu kacang.

Baca juga: 20 Cafe di Kudus yang Nyaman untuk Nongkrong

9. Nasi jangkrik

makanan khas kudus
(Detik Food)

Ada lagi makanan khas Kudus yang memakai daging kurban sebagai bahan maupun pelengkapnya, yaitu nasi jangkring. Hidangan ini berisi nasi yang disajikan dengan potongan daging kerbau, tahu, dan kuah bersantan. Penyajiannya umumnya memakai bungkus atau alas daun jati.

10. Opor bakar sunggingan

makanan khas kudus
(Eresep)

Opor dari Kudus sedikit berbeda dengan opor pada umumnya. Obor ini terbuat dari ayam kampung yang dimasak utuh tanpa dipotong, lalu jeroannya dikeluarkan, dan bumbunya dimasukkan ke perut. Setelah matang, opor ini lalu dibakar sampai wangi, kemudian disajikan bersama kuahnya.

11. Wedang coro

makanan khas kudus
(Cookpad)

Tak cuma makanan, ada pula minuman dari Kudus yang terkenal. Namanya wedang coro. Minuman hangat ini terbuat dari campuran gula aren, serai, irisan kelapa goreng, cengkih, jahe, merica, dan tepung beras. Cita rasanya manis dan sedikit pedas karena memakai jahe.

Baca juga: 17 Tempat Makan Enak di Kudus

12. Tahu kecap

makanan khas kudus
(IndoZone)

Pencinta tahu wajib mencicipi tahu kecap dari Kudus. Hidangan ini sering disajikan bersama nasi hangat dan potongan tahu goreng lau disiram bumbu kacang.

13. Intip ketan

makanan khas kudus
(Tribun Jateng)

Intip adalah sebutan untuk nasi kering yang telah dijemur. Di Kudus, intip dari ketan disajikan sebagai kudapan teman ngopi sore hari. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuat kudapan ini menarik untuk dicoba. Terlebih ini tahan lama dan bisa dibawa untuk oleh-oleh.

14. Kopi jetak

makanan khas kudus
(Ini Baru)

Kalau suka kopi, cicipi kopi jetak khas Kudus yang rasanya nendang. Konon, ciri khas dari kopi ini yakni biji kopi akan berubah sendiri saat proses penyangrainya. Lalu, biji ini diberi air kopi sehingga rasanya lebih kuah dan beraroma.

15. Nasi Ayam Mentog Kasmini

Kalau tak suka daging kerbau, Pins bisa mampir ke Nasi Ayam Mentog Kasmini. Ini merupakan salah satu rumah makan yang terkenal di kalangan wisawatan saat ke Kudus. Kamu bisa menikmati nasi ayam atau mentog lengkap dengan nasi dan sambal.

16. Sayur kangkung santan

Kangkung umumnya hanya ditumis bersama bawang merah, bawang putih, dan cabai. Namun, tidak demikian dengan masyarakat Kudus. Mereka biasa memasak sayur ini dengan kuah santan agar makin gurih.

Itulah daftar makanan khas Kudus yang bisa dicoba saat wisata ke sana. Jadi, makanan khas Kudus mana yang pengin dicoba?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.