Info Area

Kudus

Jawa Tengah

Kudus

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki banyak area yang pas untuk menghabiskan masa pensiun. Salah satunya adalah Kudus. Kabupaten yang letaknya masih dekat dengan Kota Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah ini memiliki beberapa aspek dalam segi positif yang tidak dimiliki orang lain.

Kabupaten Kudus memiliki beberapa sebutan yang diambil dari sumber daya alam khasnya. Mulai dari Kota Jambu Bol karena ini adalah hasil perkebunan utamanya. Karena terdapat beberapa pabrik rokok ternama di tanah air, kota ini juga disebut dengan Kota Kretek. Selain itu, sebutan Kota Santri dan Jerusalem van Java diberikan karena di sini terdapat makam beberapa Sunan serta Masjid Menara Kudus dan terdapat batu dari daerah Al-Quds atau Yerussalem yang dibawa oleh Sunan Kudus.

Kabupaten Kudus sendiri terdiri atas 9 kecamatan, 9 kelurahan, dan 123 desa di wilayah yang seluas kurang lebih 425-an km2 ini masih memiliki banyak lahan kosong yang bisa dijadikan sebagai investasi. Kamu bisa membeli sebidang tanah untuk dijual beberapa tahun mendatang. Atau juga bisa membangun rumah dan dikontrakkan. Selain itu, wilayah ini memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan dan dibuat jadi lebih modern. Salah satunya nantinya akan dibangun komplek apartemen.

Tak perlu khawatir, di Kudus juga memiliki banyak fasilitas umum yang mumpuni. Mulai dari fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, hingga untuk memenuhi kebutuhan transportasi. Meski berlokasi di dataran rendah, kawasannya terbilang nyaman dan tak terlalu padat seperti di kota besar lainnya.

Populasi881.128 jiwa (2022)
Luas Wilayah425,15 km2
Plat kendaraanK

Fasilitas Umum di Kudus