10 Makanan Khas Jepara

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana ∙ 23 March 2022 ∙ 4 menit membaca

Jepara merupakan nama sebuah kawasan yang ada di Jawa Tengah. Kawasan ini cukup populer karena memiliki Pulau Karimun sebagai objek wisatanya. Selain itu, Jepara juga merupakan tempat lahirnya RA Kartini. Di luar wisata alam dan sejarahnya, ada banyak makanan khas Jepara yang menarik untuk dicoba. Mulai dari makanan gurih untuk lauk serta camilan pun ada.

Buatmu yang sedang jalan-jalan di sana, berikut 10 makanan khas Jepara yang wajib dicicipi. Bisa jadi pilihan untuk mengisi perut sekaligus ide oleh-oleh lo!

1. Soto jepara

makanan khas jepara
(Shutterstock/ Foto hanya ilustrasi)

Kalau sedang mencari menu sarapan, soto jepara bisa jadi pilihan. Soto ini disajikan dengan kuah bening kekuningan yang dipadukan dengan santan gurih. Isian sotonya ada suwiran ayam, taoge, daun kucai, dan bawang goreng. Selain itu tersedia pula pelengkap, seperti tahu, sate usus, dan horok-horok atau makanan dari pohon aren.

2. Horok-horok

Horok-horok adalah makanan khas Jepara yang cukup terkenal. Makanan ini terbuat dari pati pohon aren yang diambil dengan cara disisir dan menghasilan butiran putih. Butiran tersebut lalu dikukus lalu didinginkan sebelum dinikmati. Biasanya, horok-horok dinikmati sebagai pengganti nasi atau lontong. Walau rasanya mirip tapi tekstur horok-horok lebih kenyal.

Pins dapat menikmati sajian ini dengan satai kikil, gulai, soto, bakso, hingga sayur pecel. Atau dapat pula dimakan sebagai kudapan dengan tambahan santan dan gula pasir.

3. Pindang serani

makanan khas jepara
(Shutterstock/ Foto hanya ilustrasi)

Kalau ke Jepara jangan lupa untuk mencicipi pindang serani. Hidangan berkuah bening ini biasanya terbuat dari ikan laut yang dimasak bersama potongan cabai, tomat, belimbing wuluh, dan daun kemangi. Cita rasa hidangannya pedas dan gurih. Kalau sedang mencari menu makan siang yang menyegarkan, agaknya menu ini bisa jadi pilihan.

4. Kerupuk ikan

Karena dekat dengan laut, Jepara punya banyak produk yang terbuat dari ikan. Selain pindang serani, ada pula keripik ikan yang kerap dibawa sebagai buah tangan. Ada berbagai macam ikan yang bisa diolah menjadi kerupuk, misalnya saja ikan tenggiri dan lemadang.

5. Sayur betik

makanan khas Jepara
(Shutterstock/ Foto hanya ilustrasi)

Sayur betik adalah salah satu makanan khas Jepara yang cocok disantap sebagai menu makan siang atau malam. Sayur ini terbuat dari pepaya muda dan tetelan yang dimasak dengan bumbu keluak. Cita rasanya pedas, gurih, dan kaya akan rempah. Penyajiannya biasanya dengan nasi hangat atau horok-horok.

6. Kuluban

Kalau suka sayuran, kamu wajib mencicipi kuluban khas Jepara. Hidangan ini mirip seperti urap sayur. Namun pada bahan isinnya terdapat nangka muda yang direbus. Selain itu, ada pula taoge mentah untuk pelengkapnya. Kuluban cocok disantap dengan nasi hangat dan ikan asin.

7. Moto belong

Moto belong adalah sebutan untuk kue mata roda. Disebut moto belong karena tampilannya yang mirip seperti mata membelalak atau melotot. Jajan tradisional khas Jepara ini terbuat dari singkong parut yang diberi perwarna lalu diberi pisang pada bagian tengahnya. Adonan tersebut lalu dikukus hingga matang dan teksturnya kenyal.

Moto belong cocok dinikmati sebagai menu sarapan. Akan lebih nikmat, jika menyantapnya bersama parutan kelapa dan gula.

8. Rondo royal

Pernah mendengar nama \\\’Rondo Royal\\\’? Ya, rondo royal adalah sebutan untuk tape singkong goreng yang dibalut tepung basah. Kudapan ini cukup terkenal di Jepara. Masyarakat di sana biasanya menyantapnya sebagai camilan teman kopi atau teh pada sore.

9. Tempong

Tempong adalah ikan teri yang diawetkan. Bahan makanan ini bisa dimasak dan diolah menjadi stok lauk kering. Cara mengolahnya cukup simpel, bisa langsung digoreng atau dikukus dan dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai iris.

10. Bongko mento

Bongko mento adalah makanan asli Keraton Jepara. Makanan ini terdiri dari kulit risol yang diberi dada ayam suwir, jamur kuping, dan soun. Sebelumnya dada ayam tersebut dimasak dengan santan sehingga rasanya gurih. Setelah diisi, adonan risol tersebut lalu dibungkus daun pisang dan menghasilkan aroma khas. Kudapan ini cocok dinikmati sebagai menu sarapan atau camilan sore.

Makanan khas Jepara cukup banyak macamnya, jadi Pins tak perlu bingung jika sedang jalan-jalan di sana. Beberapa makanan tersebut bisa pula dibawa sebagai oleh-oleh lo!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.