12 Museum Menarik yang Bisa Dikunjungi di Bandung

Dipublikasikan oleh Safina Rahma ∙ 28 January 2022 ∙ 6 menit membaca

Bandung telah menjadi salah satu tujuan utama ketika ingin berwisata. Kota yang berada di Jawa Barat ini memiliki banyak destinasi wisata menarik. Kamu bisa mengunjungi kota ini baik untuk wisata alam, kuliner, dan juga sejarah. Jika kamu ingin datang ke tempat wisata edukatif, bisa mencoba untuk mengunjungi berbagai museum yang ada di Bandung.

Museum bisa dijadikan sebagai tempat wisata alternatif untuk kamu dan keluarga. Museum yang berada di Bandung cukup beragam. Kamu pun bisa menikmati waktu bersama keluarga sekaligus menambah pengetahuan. Berikut ini beberapa museum menarik yang bisa kamu kunjungi.

Museum Wolff Shoemaker

museum di bandung
(TelusuRI)

Pilihan museum yang pertama yaitu Museum Wolff Shoemaker yang juga dikenal dengan Museum Hotel Preanger. Museum ini didedikasikan kepada Prosper Wolff Shoemaker, seorang arsitektur bangunan tua dengan gaya Art Deco. Karya-karya miliknya bisa kamu temukan di museum ini. Selain itu, terdapat juga informasi sejarah dari Hotel Preanger.

Museum Wolff Shoemaker tidak memungut biaya masuk, namun perlu menghubungi staf resepsionis terlebih dahulu. Kamu bisa mendatanginya di Hotel Prama Grand Preanger Bandung, Jalan Asia Afrika No. 81.

Museum Konferensi Asia Afrika

(Pikiran Rakyat)

Kamu bisa mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika jika ingin belajar sejarah tentang Konferensi Asia Afrika yang pertama diadakan pada tahun 1955. Museum ini pun diresmikan pada tahun 1980 bertepatan dengan 25 tahun peringatan Konferensi Asia Afrika. Di sini, kamu bisa melihat replika dari konferensi seperti bendera negara, patung, dan lain sebagainya.

Kamu tidak perlu membayar biaya masuk ketika mengunjungi museum ini. Lokasinya yaitu berada di Jalan Asia Afrika No. 65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Museum Geologi

museum di bandung
(Wisata IDN)

Di Museum Geologi, kamu bisa menemukan berbagai informasi yang berkaitan dengan geologi. Terdapat koleksi seperti fosil, bebatuan, jenis-jenis mineral, dan lain sebagainya. Koleksi ini merupakan kumpulan dari kerja lapangan di Indonesia yang telah dikumpulkan sejak tahun 1850 hingga saat ini.

Kamu dapat mengunjungi Museum Geologi di Jalan Diponegoro No. 57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Bandung. Harga tiketnya yaitu Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk pelajar atau mahasiswa.

Museum Pos Indonesia

(Kompas)

Dulunya Museum Pos Indonesia dikenal dengan Museum Pos, Telegraf, dan Telepon. Pada masa itu, museum ini berisi koleksi perangko dari dalam dan luar negeri. Kini, koleksi yang ada di Museum Pos Indonesia semakin bertambah dengan benda-benda bersejarah dari perkembangan pos Indonesia dari masa ke masa.

Kamu bisa mengunjungi museum ini secara gratis dengan datang ke Jalan Cilaki No. 73, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Museum Kereta Api

museum di bandung
(Minews ID)

Terdapat juga Museum Kereta Api di Bandung yang menampilkan berbagai koleksi terkait sejarah perkeretaapian di Indonesia. Di sini, kamu bisa menemukan koleksi seperti foto, arsip, mesin pembuat karcis, alat komunikasi kayu, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat juga ilustrasi stasiun kereta api yang berada di Pulau Jawa.

Museum ini telah dibuka sejak tahun 2010 dan bisa kamu kunjungi saat liburan ke Bandung. Alamat museum ini yaitu di Jalan Dayang Sumbi No. 10, Bandung.

Museum Barli

(Harga Belanja)

Bagi kamu pecinta seni, bisa mengunjungi museum lainnya yaitu Museum Barli. Museum ini dibuat sebagai dedikasi kepada pelukis asal Bandung yaitu Barli Sasmita. Kamu bisa melihat berbagai lukisan karya Barli yang memiliki aliran realism, ekspresionisme, dan impresionisme. Kamu bisa melihat karya yang diciptakan seniman ini dari saat mulai melukis sampai meninggal.

Kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk pelajar. Lokasi museum ini yaitu di Jalan Prof. Ir. Sutami No. 91, Kota Bandung.

Museum Pendidikan Nasional

museum di bandung
(UPI)

Museum Pendidikan Nasional menampilan berbagai informasi tentang sejarah pendidikan di Indonesia. Terdapat juga informasi tentang wacana pendidikan di masa depan. Saat berada di museum ini, kamu akan mendapatkan pengalaman yang unik karena bentuk ruangannya melingkar sehingga tanpa disadari bisa telah berada di lantai berikutnya.

Kamu bisa mengunjungi museum ini di Universitas Pendidikan Indonesia, tepatnya yaitu di Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Isola, Sukasari, Bandung. Harga tiket masuknya yaitu Rp5.000.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi

(My Eat and Travel Story)

Museum Mandala Wangsit Siliwangi memiliki koleksi yang unik. Kamu bisa melihat koleksi berupa senjata yang digunakan oleh penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang seperti pistol dan bedug simarame. Kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada tahun 1946.

Pengunjung museum ini tidak akan dikenai biaya masuk atau gratis. Museum ini bisa kamu kunjungi di Jalan Lembong No. 38, Braga, Sumur Bandung.

Museum Sri Baduga

(Sejarah Lengkap)

Kamu bisa mempelajari sejarah kebudayaan masyarakat suku Sunda jika datang ke Museum Sri Baduga. Terdapat koleksi berupa peninggalan jejak-jejak kerajaan Padjadjaran. Selain itu, terdapat juga koleksi lain seperti geologi, etnografika, biologi, sejarah, arkeologi, seni rupa, dan lain sebagainya.

Harga tiket masuk ke museum ini sangat terjangkau yaitu Rp2.000 untuk anak-anak dan Rp3.000 untuk dewasa. Kamu bisa mendatanginya di Jalan BKR No. 185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Bandung.

Museum Gedung Sate

museum di bandung
(Travelspromo)

Tempat wisata edukasi lainnya yang bisa kamu kunjungi yaitu Museum Gedung Sate. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi secara atraktif dan interaktif. Museum ini menggunakan peragaan teknologi, hologram, augmented reality, wall video mapping, dan lainnya sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Lokasi Museum Gedung Sate yaitu di Jalan Diponegoro No. 22, Citarum, Bandung Wetan. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp5.000 saja.

Museum Zero Toys

(Ayo Bandung)

Jika kamu berwisata bersama anak atau menyukai mainan, bisa berkunjung ke Museum Zero Toys. Kamu bisa menemukan berbagai koleksi mainan vintage yang langka seperti Star Wars, Ghostbusters, Robotu Voltus V, Gundam, Banksky Diorama, dan lainnya. Menarik, bukan, Pins?

Kamu tidak perlu membayar tiket jika ingin masuk ke museum ini. Tempatnya berada di Jalan Sunda No. 39, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan

museum di bandung
(TripAdvisor)

Jika mencari tempat wisata edukatif dan interaktif, kamu bisa mengunjungi Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan. Museum ini memiliki bentuk unik karena bangunannya menyerupai jam matahari raksasa. Saat berada di museum ini, kamu bisa menggunakan berbagai permainan IPTEK untuk segala usia.

Harga tiket masuk ke museum ini yaitu Rp12.000. Kamu bisa mengunjungi Museum IPTEK ini di Kota Baru Parahyangan, Jalan Raya Padalarang No. 427, Bandung.

Itulah beberapa museum menarik yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata di Bandung. Destinasi wisata ini merupakan alternatif yang baik jika kamu ingin mengunjungi wisata edukasi.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.